Arti Mitos Curi Melati Pengantin Seperti yang Dilakukan Alyssa Daguise - Al Ghazali
Al-Ghazali dan Alyssa Daguise (Instagram/alghazali7)
13:18
27 Juli 2024

Arti Mitos Curi Melati Pengantin Seperti yang Dilakukan Alyssa Daguise - Al Ghazali

Al Ghazali dan Alyssa Daguise yang baru saja balikan ditunjuk sebagai groomsmen serta bridesmaid pada pernikahan Thariq Halilintar-Aaliyah Massaid. Keduanya disorot usai mencuri melati milik pengantin wanita.

Dalam pernikahan yang digelar Jumat (26/7/2024), Al Ghazali dan Alyssa Daguise diam-diam memetik bunga melati dari rambut Aaliyah. Hal ini terungkap usai Aaliyah  mengomentari unggahan Al di Instagram.

"Thanks sahabatku yang mencuri melati di rambutku," tulis Aaliyah Massaid di unggahan Instagram Al Ghazali, Jumat (26/7/2024).

Mencuri melati pengantin sendiri merupakan mitos yang masih dipercaya dan populer sampai saat ini. Tak sedikit orang yang melakukan hal itu ketika sahabatnya menikah. Memang apa artinya? Berikut informasinya.

Baca Juga: Nikah di Hari Jumat, Reza Artamevia Yakin Adjie Massaid Jadi Saksi Pernikahan Aaliyah

Arti Mitos Mencuri Melati Pengantin

Menurut adat Jawa, para tetua sempat mengungkapkan adanya sebuah mitos dalam pernikahan. Mitos itu berupa mengambil rangkaian bunga melati atau kuncup bunga kantil milik pengantin perempuan.

Adapun artinya, siapapun yang mengambilnya akan segera menyusul menikah. Hanya saja, pastikan untuk mengambilnya secara diam-diam tanpa sepengetahuan orang lain, terutama oleh pengantin perempuan.

Banyak orang yang percaya dengan mitos tersebut hingga kini. Mereka mencoba untuk mengambil ujung bunga melati pengantin perempuan dengan diam-diam. Mitos mencuri melati ini bahkan jarang dilewati.

Meski begitu, tak sedikit juga yang gagal melakukan hal itu karena ujung bunga melati atau kantil dirangkai dengan kuat. Bunga-bunga ini digabung dalam satu rangkaian hiasan kepala memakai benang.

Baca Juga: Puteri Indonesia Memang Beda, Pose Angelina Sondakh di Potret Akad Nikah Aaliyah dan Thariq Bikin Salfok

Bukan hanya sulit diambil diam-diam, bunga yang dirangkai dengan kuat itu juga membuat sang pengantin mudah sadar. Jika begini, maka banyak orang yang mulai  menganggap mitos ini menjadi tak benar lagi.

Menanggapi hal tersebut, budayawan Mufthi Rahardjo mengatakan bahwa mitos itu tidak sepenuhnya benar. Lebih lanjut, ia menjelaskan jika proses ini dilakukan dengan izin pengantin. Jika tidak, perlu diikrarkan.

"Memang benar ada hal seperti itu, bisa mengambil bagian dari janur, pisang raja, dan bunga melati," ujar Mufthi Rahardjo, sebagaimana dikutip pada Selasa (7/11/2017).

"Namun, saat mengambil, harus minta izin (ambil bunga). Sekalipun tidak ada orangnya, saat mengambil janur atau pisang raja tetap harus diikrarkan. Jangan ngambil (tanpa izin)," lanjutnya.

Mufthi juga menyebut bahwa saat mengambil janur, bunga melati, atau pisang  tidak boleh diambil terlalu cepat. Dikatakan ada waktu khusus untuk mengambil rangkaian bunga agar dapat segera menyusul untuk menikah.

Megetahui aksi Al Ghazali dan Alyssa Daguise yang mencuri melati, menuai beragam reaksi warganet. Tak sedikit yang mendoakan agar pasangan ini segera menyusul Thariq dan Aaliyah ke jenjang pernikahan.

“Oo...kamu ketahuan Al. Semoga cepat menyusul ya, seperti Thariq dan Aaliyah,” komentar seorang warganet.

“Tahun depan gantian nih @alghazali7 dan @alyssadaguise yang di pelaminan,” komentar yang lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Al Ghazali juga menyampaikan ucapan selamat kepada Thariq dan Aaliyah baru saja menjadi pasangan suami istri. Ia mendoakan agar mereka selalu bahagia dunia dan akhirat.

"Selamat menempuh hidup baru @thariqhalilintar & @aaliyah.massaid. Dengan janji suci, semoga kalian bahagia dunia dan akhirat. Amin, love you guys!" kata Al Ghazali.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #arti #mitos #curi #melati #pengantin #seperti #yang #dilakukan #alyssa #daguise #ghazali

KOMENTAR