Bansos BPNT Juli Agustus 2024 Kapan Cair? Cek Jadwal di Sini
Bansos BPNT Juli Agustus 2024 Kapan Cair? Cek Jadwal di Sini (pixabay)
18:19
25 Juli 2024

Bansos BPNT Juli Agustus 2024 Kapan Cair? Cek Jadwal di Sini

Kabar mengenai pencarian Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT tahap 4 untuk bulan Agustus 2024 secara resmi telah dikonfirmasi oleh Kementerian Sosial. Bantuan ini nantinya akan diterima oleh keluarga penerima manfaat yang sudah terdata. Tapi sebenarnya bansos BPNT Juli Agustus 2024 kapan cair?

BPNT sendiri adalah sebuah program bantuan sosial yang berjalan berdampingan dengan Program Keluarga Harapan. Terkait besaran, cara penyaluran, jadwal, dan cara cek penerima dapat Anda cermati di sini.

Besaran Bansos BPNT Agustus 2024

Untuk besaran dari bantuan sosial BPNT Agustus 2024 sendiri masih sama dengan periode sebelumnya, yakni sebesar Rp200,000 per bulan. Bantuan ini kemudian disalurkan ke rekening Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS dari BRI atau kantor POS Indonesia.

Untuk dapat mengklaim atau menerima bantuan ini, maka wajib dipastikan seseorang sudah masuk pada daftar penerima manfaat dari bantuan sosial tersebut. Cara ceknya akan dijelaskan di bagian berikutnya dalam artikel ini.

Baca Juga: Cara Mencairkan Bantuan Pangan Non-tunai, Cek Syaratnya di Sini!

Jadwal Pencairan

Hingga saat artikel ini ditulis, belum ada tanggal pasti mengenai pencairan BPNT bulan Agustus 2024 ini. Mengacu pada rencana awal, bansos periode Agustus akan mulai cair periode awal hingga akhir bulan.

Namun demikian tidak menutup kemungkinan pencairan akan dilakukan pada bulan September, atau dirapel untuk pencairan tahap 3 dan 4. Tentu saja, akan lebih baik jika menunggu informasi dari pusat sehingga informasi yang diterima masyarakat menjadi lebih valid dan pasti.

Namun itu tadi perkiraannya, dari awal Agustus, dan paling lambat pada September 2024.

Cara Cek Penerima Bansos BPNT

Untuk bisa mengetahui apakah Anda termasuk golongan penerima manfaat atau tidak, berikut cara cek melalui situs resmi dari Kementerian Sosial.

  • Pertama, kunjungi situs resmi cekbansos.kemensos.go.id
  • Kedua, masukkan nama dan alamat, mulai dari provinsi hingga desa, dan sesuaikan semua data dengan apa yang tercantum di KTP
  • Ketiga, isi kode verifikasi yang muncul di layar
  • Keempat, klik tombol Cari Data yang tertera pada layar
  • Jika Anda merupakan penerima, maka akan muncul status pencairan BPNT berupa ‘sudah proses Bank Himbara/PT Pos’
  • Jika Anda tidak termasuk penerima manfaat bansos ini, maka data yang Anda cari tidak akan ditemukan

Sederhana dan praktis, cara ini bisa diandalkan karena langsung dilakukan pada situs resmi Kemensos.

Baca Juga: Kapan Pendaftaran Upacara HUT Ke-79 RI 17 Agustus 2024 Dibuka?

Itu tadi sekilas tentang informasi bansos BPNT Juli Agustus 2024 kapan cair yang bisa disampaikan pada artikel ini. Semoga menjadi artikel yang berguna, dan selamat melanjutkan kegiatan Anda berikutnya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #bansos #bpnt #juli #agustus #2024 #kapan #cair #jadwal #sini

KOMENTAR