8 Tips Menghadapi Cuaca Panas Ekstrem agar Tak Dehidrasi
Ilustrasi cuaca panas (Pexels.com/Pixabay)
11:16
24 Juli 2024

8 Tips Menghadapi Cuaca Panas Ekstrem agar Tak Dehidrasi

Tingginya suhu udara di Kota Medan akhir-akhir ini membuat kondisi tidak nyaman. Pada siang hari udara terasa panas menyengat dan pada malam hari terasa gerah.

Selain itu, cuaca panas ekstrem dapat menyebabkan beberapa dampak negatif bagi kesehatan seperti dehidrasi, iritasi kulit hingga heat stroke.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi cuaca panas ekstrem:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih secara teratur untuk menggantikan cairan yang hilang akibat keringat. Minum air putih secara berlebihan saat cuaca panas sangat penting untuk mencegah dehidrasi.

Masyarakat direkomendasikan minum 2-3 liter air putih per hari saat cuaca panas untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

2. Gunakan Sunscreen

Gunakan sunscreen dengan SPF tinggi untuk melindungi diri dari sinar ultraviolet, sekaligus melindungi kulit dari iritasi dan kanker kulit.

3. Kenakan Pakaian yang Tepat

Pilih pakaian yang longgar, ringan, dan berwarna terang dan menghindari penyerapan panas berlebih dan memungkinkan sirkulasi udara yang baik.

4. Hindari Aktivitas di Luar Ruangan

Batasi aktivitas di luar ruangan pada jam 11 pagi-3 siang, agar menghindari paparan sinar matahari langsung yang paling panas.

5. Berteduh di Tempat Sejuk

Carilah tempat yang sejuk atau ber-AC untuk menghindari panas berlebih, menghindari dehidrasi dan mengurangi risiko gangguan kesehatan.

6. Hindari Minuman Berkafein dan Alkohol

Hindari minuman berkafein dan alkohol yang dapat menyebabkan dehidrasi saat cuaca panas.

7. Menggunakan Topi atau Payung

Gunakan topi atau payung untuk melindungi diri dari sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan dehidrasi dan iritasi kulit.

8. Menggunakan Kain Basah atau Sponge Basah

Gunakan kain basah atau sponge basah untuk menurunkan suhu tubuh dan mencegah dehidrasi.

Editor: Suhardiman

Tag:  #tips #menghadapi #cuaca #panas #ekstrem #agar #dehidrasi

KOMENTAR