Tips Dekorasi Rumah, 5 Cara Ciptakan Interior Modern dan Nyaman
Ilustrasi Interior Rumah Modern dan Nyaman. (Freepik)
13:49
22 Juli 2024

Tips Dekorasi Rumah, 5 Cara Ciptakan Interior Modern dan Nyaman

Memiliki rumah dengan interior modern dan nyaman merupakan dambaan banyak orang. Tapi sayangnya, sering kali demi estetika, aspek kenyamanan dan fungsionalitas dalam desain interior rumah dikorbankan. Lalu, adakah cara ciptakan interior modern yang sekaligus nyaman?

Menurut Country President PT NS BlueScope Indonesia Lucky Lee, kunci dari hunian yang nyaman adalah konsep keseluruhan dan tata letak yang efektif. Untuk itu, fungsi dan ambience setiap ruangan perlu dipertimbangkan untuk memastikan keseimbangan antara kenyamanan dan estetika rumah.

Nah, berikut adalah lima tips dekorasi rumah yang dapat membantu menciptakan interior modern dan nyaman:

1. Pilih palet warna yang tepat

Baca Juga: 5 Tips Membuat Dekorasi Rumah Minimalis dengan Biaya yang Kecil

Warna memainkan peran penting dalam menciptakan suasana hati di dalam ruangan. Untuk interior modern, pilihlah palet warna yang netral dan bersih seperti putih, krem, atau abu-abu yang dapat membuat ruangan terkesan lebih luas dan terang serta memantulkan cahaya dengan baik.

Lalu, sebisa mungkin hindari penggunaan beberapa warna cerah seperti merah, hijau, dan ungu dalam satu ruangan. Untuk menampilkan kesan modern dan tetap berkarakter, cobalah kombinasikan satu warna cerah dan dengan warna netral, atau menggunakan dekorasi bermotif seperti karpet berpola geometris.

2. Manfaatkan pencahayaan alami berkonsep open space

Ilustrasi Interior Rumah Modern dan Nyaman. (Freepik)Ilustrasi Interior Rumah Modern dan Nyaman. (Freepik)

Cahaya alami dapat membuat ruangan terasa lebih segar dan terbuka. Selain itu, rumah dengan pencahayaan yang baik dapat membuat penghuni betah karena dapat meningkatkan mood dan produktivitas. Cobalag gunakan jendela besar untuk memaksimalkan cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan.

Selain memanfaatkan pencahayaan alami, gunakan juga lampu berwarna kuning pada malam hari untuk menciptakan ambience yang relaxing dan meningkatkan kualitas tidur. Atau, kombinasikan beberapa jenis penerangan dengan layered lighting, memadupadankan general lighting, indirect lighting, spot light, dan decorative light.

Baca Juga: Jangan Cuma Pikirkan Dekorasi, Ini 3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Renovasi Dapur

3. Kombinasikan tekstur untuk tampilan menarik

Selain warna, cobalah untuk memadukan berbagai material seperti kaca, beton, baja, dan kayu untuk menciptakan estetika yang unik. Misalnya, kombinasi kaca yang elegan dan baja yang tegas dapat memberikan kesan modern dan berkelas. Variasi tekstur material tersebut akan meningkatkan kompleksitas visual dan daya tarik desain hunian.

4. Berikan sentuhan hijau dengan tanaman hias

Tanaman hias dapat memberikan sentuhan alami nan menyegarkan di rumah. Sesuaikan jenis tanaman dengan gaya dekorasi hunian, mulai dari tanaman kecil di ruang kerja hingga tanaman besar di ruang tamu, yang dapat menambah kesan manis dalam ruangan.

Tanaman yang ditempatkan secara strategis dapat menghidupkan ruangan dan menciptakan suasana yang menenangkan. Tanaman hias juga memberikan fungsi tambahan seperti penyaring udara atau memperbaiki sirkulasi udara dalam ruangan sehingga membuat lingkungan lebih sehat dan nyaman.

5. Ciptakan ruang multifungsi dengan partisi

Ilustrasi Interior Rumah Modern dan Nyaman. (BlueScope)Ilustrasi Interior Rumah Modern dan Nyaman. (BlueScope)

Penggunaan partisi adalah solusi untuk menciptakan ruang multifungsi dalam rumah. Partisi modular yang fleksibel dengan sistem lepas pasang memungkinkan penghuni dengan mudah mengubah tata letak ruangan sesuai kebutuhan tanpa renovasi besar.

Partisi dapat digunakan untuk membagi ruang tamu menjadi area kerja dan area bersantai, atau untuk memisahkan ruang makan dari dapur. Dengan fleksibilitas partisi, kita dapat menyesuaikan ruang dengan aktivitas harian, hingga memberikan kenyamanan dan fungsionalitas lebih.

Itulah beberapa tips yang dapat membuat hunian menjadi lebih modern dan nyaman untuk ditempati.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #tips #dekorasi #rumah #cara #ciptakan #interior #modern #nyaman

KOMENTAR