5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bagus Buat Otak
Ilustrasi otak. [pexels.com/Amel Uzunovic]
14:53
20 Juli 2024

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bagus Buat Otak

Otak adalah organ vital bagi tubuh bertugas mengatur dan memelihara setiap fungsi vital tubuh, serta menjadi organ tempat pikiran dan kesadaran individu berada.

Otak dapat berkembang bagus bila kita melakukan berbagai kebiasaan baik. Berikut 5 kebiasaan bagus di pagi hari yang bagus buat otak:

1. Bangun Pagi

Bangun pagi dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan fungsi kognitif. Bunda yang bangun pagi cenderung memiliki memori lebih baik dan lebih bisa berkonsentrasi. Tips untuk bangun pagi:

- Tidurlah yang cukup sekitar 7 sampai 8 jam setiap malam.
- Buat jadwal tidur dan bangun yang konsisten, cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari bahkan di akhir pekan.
- Buat kamar tidur yang nyaman, Pastikan kamar tidur Bunda gelap, tenang, dan sejuk.
- Hindari kafein dan alkohol sebelum tidur, efek kedua zat tersebut dapat mengganggu waktu tidur.

2. Meditasi

Meditasi dapat membantu meningkatkan fokus, konsentrasi, dan daya ingat. Meditasi juga membantu mengurangi stres dan kecemasan yang dapat berdampak negatif pada kesehatan otak. Tips untuk meditasi:

- Mulailah dengan sesi meditasi yang singkat, sekitar 5-10 menit.
- Temukan tempat yang tenang dan nyaman untuk bermeditasi.
- Duduk dengan postur yang tegak untuk bermeditasi.
- Tutup mata Bunda dan fokuslah pada pernapasan.

3. Membaca Buku

Membaca buku dapat membantu merangsang otak dan meningkatkan fungsi kognitif. Membaca dapat membantu meningkatkan keterampilan bahasa, pemahaman, dan daya ingat.

Pilihlah buku yang menarik bagi Bunda. Luangkan waktu untuk membaca setiap hari. Jangan memaksakan diri untuk membaca jika merasa lelah atau tidak fokus.

4. Konsumsi Buah-Buahan dan Sayur

Pilih menu sarapan yang mendukung kesehatan usus. Pilih menu sarapan terdiri dari buah-buahan, sayur, biji-bijian, kacang-kacangan. Perpaduan oatmeal dan potongan buah, smoothie pisang dan nanas atau sandwich dari roti gandum dan isian selai kacang bisa jadi pilihan.

Mikroorganisme di usus kita melepas neurotransmitter, vitamin, hormon dan molekul sinyal lain yang bisa mempengaruhi mood, tingkah laku dan fungsi kognitif.

5. Musik Klasik

Mendengarkan musik klasik dapat meningkatkan kemampuan verbal, fungsi kognitif dan fokus. Putar musik klasik sembari berdandan atau sarapan.

Itulah 5 kebiasaan di pagi hari yang bagus untuk otak.

Editor: Suhardiman

Tag:  #kebiasaan #pagi #hari #yang #bagus #buat #otak

KOMENTAR