Sosok Jairo Riedewald, Pemain Belanda Berdarah Manado Siap Perkuat Timnas Garuda?
Sosok Jairo Riedewald, Pemain Belanda Berdarah Manado Siap Perkuat Timnas Garuda?(Instagram @jairoriedewaldd)
16:09
19 Juli 2024

Sosok Jairo Riedewald, Pemain Belanda Berdarah Manado Siap Perkuat Timnas Garuda?

Nama Jairo Riedewald kembali menjadi perbincangan setelah isu naturalisasi yang sempat berhembus beberapa waktu yang lalu. Tak sedikit orang yang mencari tahu profil Jairo Riedewald lebih jauh dan mencari kabar terbaru mengenai perkembangan isu ini.

Pemain sepak bola yang satu ini diketahui tengah menjadi salah satu andalan lini tengah Crystal Palace, tim yang berlaga di liga paling kompetitif di dunia. Kabar naturalisasi mencuat karena ia pernah diketahui menghubungi Hasani Abdulgani, yang menjabat sebagai Komite Disiplin PSSI melalui saudara dari nenek Jairo.

Profil Jairo Riedelwald

Jairo sendiri lahir pada 9 September 1996 di Harlem, Belanda. Ia diketahui merupakan seorang keturunan Suriname, namun memiliki kerabat dari Manado menurut pengakuan sang nenek beberapa waktu yang lalu.

Jairo memulai karir sepakbolanya di akademi Haarlem, lalu pindah ke akademi Ajax pada tahun 2008 silam. Dalam waktu tiga tahun, ia berhasil masuk ke tim Ajax U17, dan dua tahun kemudian masuk ke tim Ajax U19.

Baca Juga: Profil Sudrajad Djiwandono, Ayah Thomas Djiwandono Wamenkeu Baru Ternyata Bukan Orang Sembarangan!

Hanya butuh kurang dari setahun untuk Jairo masuk ke tim senior Ajax Amsterdam, dan turut berlaga di Era Divisie. Catatan menakjubkan muncul ketika Ajax Amsterdam berhasil menjuarai liga di tahun pertama Jairo bergabung.

Berselang tiga tahun, penampilannya yang impresif menarik minat Crystal Palace, dan di tahun 2017 dirinya diboyong ke markas The Eagle untuk berlaga di Premier League. Jairo kini tampil sebagai pelapis dari gelandang utama, Jefferson Lerma, yang juga belum lama ini didatangkan dari Bournemouth.

Nilai Pasar Jairo Riedewald

Meski sempat dikenal sebagai punggawa Crystal Palace, menurut data pada transfermarkt.co.id nama Jairo kini diberi status tanpa klub. Untuk nilai pasarnya sendiri sempat menyentuh angka Ro139,05 miliar saat dipinang oleh Crystal Palace, namun kini tercatat di angka Rp52,14 miliar.

Karena tidak memiliki klub dan belum ada klub yang berminat meminangnya, kini Jairo melakukan rutinitas seperti biasa dengan berlatih untuk terus menjaga performanya di lapangan hijau.

Garis Keturunan dan Kabar Terbaru Naturalisasi

Berbicara mengenai garis keturunan, sebenarnya Jairo kini berkebangsaan Suriname dan Belanda. Namun menurut sang nenek, Jairo memiliki darah Manado, yang menyebabkan dirinya bisa memperkuat timnas Indonesia melalui jalur naturalisasi.

Baca Juga: Nasib Miris Dua Pemain Keturunan Indonesia: Tak Dilirik Timnas Belanda Padahal Anak Legenda, PSSI Gak Minat?

Isu naturalisasi sebenarnya masih cukup kuat terdengar. Namun fakta bahwa dirinya pernah memperkuat timnas senior Belanda pada tahun 2015 silam menjadikan satu masalah baru. Dokumen naturalisasinya sendiri pernah dikirimkan pada pertengahan Mei 2024, namun hingga saat ini kabar terbaru mengenai proses tersebut belum lagi terdengar.

Itu tadi sekilas penjelasan mengenai profil Jairo Riedewald yang bisa disampaikan pada artikel singkat ini. Semoga menjadi artikel yang berguna, dan selamat melanjutkan kegiatan Anda berikutnya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #sosok #jairo #riedewald #pemain #belanda #berdarah #manado #siap #perkuat #timnas #garuda

KOMENTAR