Syahrini Dicurigai Hamil Palsu Gara-gara Sering Makan Durian, Benarkah Ibu Hamil Dilarang Mengonsumsinya?
Potret Syahrini jelang lahiran [instagram/@princessyahrini]
11:15
19 Juli 2024

Syahrini Dicurigai Hamil Palsu Gara-gara Sering Makan Durian, Benarkah Ibu Hamil Dilarang Mengonsumsinya?

Kebiasaan makan Syahrini selama hamil menuai sorotan netizen. Sebab apa yang dikonsumsinya terbilang tak biasa dinikmati oleh kebanyakan ibu hamil. Termasuk durian yang beberapa kali ia abadikan di Instagramnya. 

Bukan sembarang durian, Syahrini baru-baru ini membagikan potret durian jenis Golden Phoenix yang memang populer di Singapura. Memiliki warna yang lebih kuning, buah ini dihargai jutaan Rupiah.

Selain itu, durian ini juga memiliki rasa yang lebih pahit daripada durian biasa. Karena itulah, tak sedikit netizen yang jadi meragukan kehamilan istri Reino Barack tersebut. 

Sebab, di usia kandungannya yang sudah cukup besar, Syahrini tampak santai-santai saja menikmati buah tersebut. Apalagi durian dinilai sebagai buah yang seharusnya dihindari oleh ibu hamil.

Baca Juga: Alasan Dokter Tidak Rekomendasikan Ibu Hamil Lakukan Operasi Caesar

Lantas, benarkah ibu hamil tak boleh mengonsumsi durian karena berbahaya untuk kandungannya? Durian memang menjadi favorit banyak orang, khususnya di Asia Tenggara.

Selain rasanya yang lezat, dikutip Halodoc, sebenarnya durian juga kaya nutrisi, seperti folat, kalsium, serat, magnesium, niasin, tiamin, vitamin A, C, E dan nutrisi lainnya. Karena itu sebenarnya buah inu bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil.

Khususnya kandungan asam folatnya yang bisa mencegah cacat lahir pada calon bayi. Serat yang ada pada durian juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil yang berisiko mengalami sembelit. 

Tidak hanya itu, durian juga memiliki sifat anti bakteri, anti jamur dan anti mikroba, sehingga masih aman dikonsumsi selama kehamilan. Kandungan antioksidan dalam durian membuat ibu hamil bisa terlindungi dari serangan radikal bebas dan polutan. 

Meski banyak manfaatnya, ibu hamil tetap harus mengatur porsi saat makan durian. Selama kehamilan, ibu disarankan mengonsumsi durian dalam jumlah sedang saja. Sebab makan durian secara berlebihan dapat meningkatkan berat badan calon bayi. 

Baca Juga: Full Coverage! Ini 3 Rekomendasi Cushion Lokal Aman untuk Bumil dan Busui

Ukuran bayi yang terlalu besar berisiko menyulitkan ibu selama proses persalinan. Hal ini karena durian memiliki jumlah kalori dan gula yang cukup tinggi. Normalnya, kenaikan berat badan selama kehamilan berkisar antara 12-16 kilogram. 

Tips Aman Mengonsumsi Durian saat Hamil

Dikutip Siloam Hospitals, mengonsumsi durian saat hamil tidak dilarang, namun ibu tetap perlu berhati-hati. Jika ibu hamil ingin mengonsumsi durian tanpa takut terjadi dampak negatif pada kehamilan, harap perhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Cukup konsumsi 1–2 biji durian saja dan jangan terlalu sering memakannya.
  • Pilihlah durian yang dagingnya tidak terlalu tebal dan sudah matang secara sempurna.
  • Memperbanyak minum air putih setelah makan durian untuk menetralisir sisa rasanya di dalam mulut. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah ibu hamil merasakan perut mual atau panas setelah makan durian.
  • Jika mengalami mual atau perut panas setelah makan durian, cobalah untuk menetralisirnya dengan mengonsumsi buah sirsak atau manggis.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #syahrini #dicurigai #hamil #palsu #gara #gara #sering #makan #durian #benarkah #hamil #dilarang #mengonsumsinya

KOMENTAR