Sudaryono Lulusan Mana? Putra Grobogan yang Kini Jabat Wakil Menteri Pertanian
Wakil Menteri Pertanian, Sudaryono saat ditemui di Istana Negara, Jakarta. (Suara.com/Novian)
00:02
19 Juli 2024

Sudaryono Lulusan Mana? Putra Grobogan yang Kini Jabat Wakil Menteri Pertanian

Politikus Partai Gerindra, Sudaryono resmi menjabat sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan). Dia dilantik langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (18/7/2024).

Sudaryono merupakan mantan ajudan Presiden terpilih Prabowo Subianto. Kariernya kemudian melejit di Partai Gerindra hingga pernah menduduki sejumlah jabatan.

Lantas bagaimana rekam jejak Sudaryono? Simak ulasannya dirangkum dari laman pribarinya.

Profil Sudaryono

Baca Juga: Thomas Djiwandono Lulus Mana? Wakil Menteri Keuangan yang Baru Dilantik Jokowi

Sudaryono lahir di Grobogan, Jawa Tengah pada 23 Januari 1985. Masa kecilnya dihabiskan di sebuah dusun bernama Mangunrejo di Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh, Grobogan.

Dia merupakan putra tunggal dari pasangan Yahyo dan Suwarni. Ayahnya, Yahyo merupakan seorang petani yang tidak memiliki sawah. Saat selesai tanam menjadi buruh bangunan.

Masa kecil Sudaryono dilalui di tanah kelahirannya. Seringkali dia membantu keluarganya dengan memanggul jerami dari sawah ke rumah untuk pakan sapi ternak.

Riwayat Pendidikan Sudaryono

Sudaryono tercatat merupakan alumni SMP Negeri 2 Toroh. Lulus dari sekolah menengah pertama, dia kemudian melanjutkan ke SMA Taruna Nusantara, Magelang.

Baca Juga: Jadi Janji Kampanye Prabowo, Wamentan Baru Sebut Hasil Panen Food Estate Bisa Buat Program Makan Bergizi Gratis

Setelah itu, Sudaryono melanjutkan pendidikannya ke Jepang dengan berkuliah di National Defense Academy of Japan. Dia sempat menempuh pendidikan magister manajemen di Jerman. Kemudian menyelesaikan pendidikan doktoral di Institut Pertanian Bogor.

Karier Sudaryono

Sekembalinya dari Jepang, Sudaryono menjadi asisten pribadi (aspri) Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada 2010. Karier politiknya terus melejit, pada 2020 menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Gerindra.

Lalu pada 2023, dia terpilih menjadi ketua DPD Gerindra Jateng.

Sudaryono juga pernah berkarier sebagai Corporate Secretary di Nusantara Energy, CEO Garuda TV, CEO PT Nusantara Telematics System, dan Chairman PT Sahabat Sejati Sejahtera Farma.

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #sudaryono #lulusan #mana #putra #grobogan #yang #kini #jabat #wakil #menteri #pertanian

KOMENTAR