Bacaan Doa Mendengar Adzan, Lengkap dengan Keutamaan dan Adab Membacanya
Bacaan Doa Mendengar Adzan, Lengkap dengan Keutamaan dan Adab Membacanya (freepik)
10:08
17 Juli 2024

Bacaan Doa Mendengar Adzan, Lengkap dengan Keutamaan dan Adab Membacanya

Sebagaimana yang telah diketahui bersama, bahwa adzan berkumandang setiap hari sebanyak lima kali. Yaitu pada saat waktu subuh, zuhur, asar, maghrib, dan isya. Adzan sendiri merupakan sebuah tanda bahwa saat itu telah memasuki waktu sholat dan bertujuan untuk memberitahukan kepada umat Muslim agar segera menunaikan ibadah sholat wajib. 

Ketika umat Muslim mendengar suara adzan, itu artinya Allah SWT menginginkan seluruh hambanya untuk menghentikan sementara aktivitas keduniawiannya untuk kemudian melangkah menuju masjid atau mushola untuk menjalankan sholat. 

Selain itu, ada amalan yang perlu dikerjakan saat kita mendengar adzan, yaitu membaca doa. Seperti apa bacaan doa mendengar adzan dan apa keutamaan serta bagaimana adab membacanya? 

Setiap Muslim dianjurkan untuk mengikuti lafadz adzan muadzin sebagaimana disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW yang artinya:

Baca Juga: Bacaan Surat Al Mulk Lengkap Ayat 1-30 Bahasa Arab dengan Doa Setelah Membacanya

“Jika kalian mendengar adzan, maka ucapkanlah sebagaimana yang diucapkan oleh muadzin”, (HR Muslim nomor 384).

Selain itu, umat Muslim yang mendengar adzan juga disunnahkan untuk membaca doa setelah adzan yang dikumandangkan oleh muadzin. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: 

“Barangsiapa yang setelah selesai mendengar adzan kemudian berdoa dengan bacaan berikut ini:

Allahumma rabba haadzihid da’watit taammah, wasshalaatil qaaaimah, aati muhammadanil wasiilata wal fadhiiilata, wab’atshu maqaaman mahmuuda alladzii wa’adtah’,

maka ia berhak untuk mendapatkan syafaatku kelak di hari kiamat”, (HR Bukhari nomor 579).

Baca Juga: Doa 10 Muharram yang Mustajab: Tulisan Arab, Latin, Arti Lengkap Keutamaan dan Cara Mengamalkan

Arti doa mendengar adzan: “Ya Allah, sang Pemilik seruan yang sempurna ini dan sholat yang ditegakkan, maka anugerahkanlah kepada Nabi Muhammad SAW; wasilah (kedudukan yang tinggi di surga) dan keutamaan (melebihi seluruh makhluk), dan bangkitkanlah beliau di dalam kedudukan terpuji (memberi syafa’at) yang telah Engkau janjikan)”.

Keutamaan Membaca Doa Mendengar Adzan

Keutamaan membaca doa setelah mendengar adzan, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mendapatkan syafaat dari Allah SWT

Barang siapa yang berdoa setelah mendengar suara adzan maka ia berhak untuk mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW pada hari kiamat (HR Bukhari Muslim).

2. Allah akan menghapus dosa-dosa

Barang siapa ketika mendengar suara orang adzan lalu berdoa, maka akan diampuni dosa-dosanya (HR Muslim).

3. Allah akan membalas dengan surga

Rasulullah SAW bersabda yang artinya siapa yang mengucapkan seperti yang dilantunkan Bilal dengan yakin, maka akan masuk surga. (HR Ahmad 8624, Nasai 674 dan Syuaib Al Arnauth).

4. Mendapatkan akhir hidup yang baik

Dalam hadits riwayat Bukhari 609 disebutkan, tidaklah suara adzan yang keras dari yang mengumandangkan adzan didengar oleh jin, manusia, segala sesuatu yang mendengarnya melainkan itu semua menjadi saksi pada hari kiamat. 

Adab Membaca Doa Mendengar Adzan

Adab ketika kita sedang adzan berkumandang adalah tidak berbicara dan menghentikan segala aktivitas. Ketika mendengar suara adzan, maka sudah seharusnya kita menjawabnya dengan mengikuti setiap kalimat yang diucapkan oleh muadzin. 

Ketika adzan telah selesai berkumandang, maka muadzin dan orang yang mendengar adzan hendaknya mengucapkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Selain bersholawat, kita juga dianjurkan untuk membaca doa setelah mendengar adzan. 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #bacaan #mendengar #adzan #lengkap #dengan #keutamaan #adab #membacanya

KOMENTAR