Tingkatkan Mutu Dunia Pendidikan, Perguruan Tinggi Harus Bekerja Sama dengan Pemerintah
Ilustrasi Kerja Sama Perguruan Tinggi dan Pemerintah Untuk Tingkatkan Mutu Dunia Pendidikan (Pixabay)
18:16
16 Juli 2024

Tingkatkan Mutu Dunia Pendidikan, Perguruan Tinggi Harus Bekerja Sama dengan Pemerintah

Dunia pendidikan terus berkembang dan menghadapi berbagai tantangan baru. Untuk menjawab tantangan tersebut, diperlukan sinergi yang kuat antara perguruan tinggi dan pemerintah. Kolaborasi strategis ini menjadi kunci untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menghasilkan generasi muda yang berkualitas.

Salah satunya seperti yang dilakukan President University (PU). Untuk menunjukkan komitmennya meningkatkan mutu dunia pendidikan, khususnya di bidang kesehatan kerja, melalui Fakultas Kedokteran (FK), PU menjalin kerjasama strategis dengan Balai Besar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Menurut Prof. DR. Budi Setiawan, Dekan Fakultas Kedokteran President University, di Jakarta, Senin (15/7/3024), kerja sama ini merupakan langkah penting bagi FKPU dalam mewujudkan visinya untuk menjadi Fakultas Kedokteran terkemuka di Indonesia yang menghasilkan dokter-dokter profesional dan kompeten dalam bidang kesehatan kerja.

Fakultas Kedokteran President University dan Kemenaker Teken MoU Keselamatan dan Kesehatan Kerja. (Dok. President University)Fakultas Kedokteran President University dan Kemenaker Teken MoU Keselamatan dan Kesehatan Kerja. (Dok. President University)

Kerja sama FKPU dengan Kemnaker untuk bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, serta Implementasi Program lainnya ini juga menegaskan komitmen President University terhadap kemajuan di sektor keselamatan dan kesehatan kerja.

Baca Juga: Beri Apresiasi ke Pemerintah Usai UKT Batal Naik, Berikut Penjelasan Komisi X

"Nantinya seluruh lulusan FKPU juga akan mendapat sertifikat HIPERKES dari Kemnaker. Dan sebagai bagian dari kerja sama ini, akan diadakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi di bidang Hiperkes (Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja) bagi tenaga medis dan tenaga kesehatan lainnya," ujar Prof. Budi.

Fakultas Kedokteran President University sendiri merupakan salah satu pilihan bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di bidang kesehatan. FKPU menawarkan berbagai keunggulan kepada para calon mahasiswanya, di antaranya:

  • Kerjasama Strategis: FKPU menjalin kerjasama strategis dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung.
  • Academic Health System: FKPU merupakan bagian dari Academic Health System (AHS) yang menghubungkan sistem akademik dan layanan kesehatan di Kawasan Jababeka Medical City.
  • Kesehatan Kerja: FKPU memiliki fokus pada kesehatan kerja dan memiliki akses ke Industry Network dengan bekerja sama strategis dengan 2000 Perusahaan Multinasional dari 34 negara di Kawasan Industri Jababeka.
  • Kurikulum Transformatif: FKPU menerapkan Kurikulum Transformatif yang terus berkembang, dengan memaksimalkan teknologi dalam pembelajaran berbasis literasi sains dan teknologi.
  • Early Exposure: FKPU menerapkan model pembelajaran dengan Early Exposure, yaitu mahasiswa dilibatkan kegiatan kunjungan ke RS sejak awal semester.
  • Perkuliahan Bahasa Inggris: Perkuliahan di FKPU menggunakan bahasa Inggris.
  • Sertifikat Dokter Hiperkes: Lulusan Dokter FKPU mendapatkan Sertifikat dokter Hiperkes (Hygiene Perusahaan, Ergonomi, dan Kesehatan) yang merupakan sertifikat resmi dari Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #tingkatkan #mutu #dunia #pendidikan #perguruan #tinggi #harus #bekerja #sama #dengan #pemerintah

KOMENTAR