Beda Nasib Haji Mamah Dedeh vs Thariq Halilintar: Bak Langit Bumi, UAS Bilang Begini
Kolase foto Mamah Dedeh dan Thariq Halilintar. [Instagram]
11:04
12 Juli 2024

Beda Nasib Haji Mamah Dedeh vs Thariq Halilintar: Bak Langit Bumi, UAS Bilang Begini

Mamah Dedeh dan Thariq Halilintar tengah disorot terkait pengalaman haji mereka masing-masing. Perempuan penceramah berusia 72 tahun itu sendiri diketahui telah menunaikan ibadah haji sebanyak 33 kali.

Hal itu terungkap saat ia menjadi tamu undangan di acara tedhak siten anak kedua Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, Azzura, beberapa waktu lalu. Sementara adik dari Atta, yakni Thariq Halilintar disebut pergi haji di usia 2 bulan.

Pengalaman tersebut membuat nasib haji Mamah Dedeh dan Thariq yang berbeda ikut menuai sorotan. Adapun berikut penjelasannya menurut Ustaz Abdul Somad (UAS) perihal haji lebih dari sekali dan di usia 2 bulan.

Beda Nasib Haji Mamah Dedeh vs Thariq Menurut UAS

Baca Juga: Bolehkah Sholat Tahajud Jam 4 Pagi? Ini Penjelasan dari Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad atau UAS (Instagram/ustadzabdulsomad_official)Ustaz Abdul Somad atau UAS (Instagram/ustadzabdulsomad_official)

Mamah Dedeh dan Thariq Halilintar tengah disorot terkait pengalaman haji mereka masing-masing. Perempuan penceramah berusia 72 tahun itu sendiri diketahui telah menunaikan ibadah haji sebanyak 33 kali.

Mamah Dedeh membuat Atta Halilintar terkejut saat mengaku sudah melakukan ibadah haji sebanyak 33 kali. Hal ini terungkap dalam acara tedhak siten putri bungsu Atta, Azzura yang digelar pada Minggu (7/7/2024).

"Kemarin ke sana (pergi haji) juga?" tanya Atta.

"Tiap tahun Mamah (pergi haji)," jawab Mamah Dedeh.

Terkait hal itu, UAS pun menjelaskan hukum pergi haji berkali-kali. Ketika ceramah, ia menyebut sebaiknya setiap umat Muslim menunaikan ibadah haji sekali saja. Ia pun mendasarinya dengan perjalanan haji Nabi.

Baca Juga: Mama Dedeh Naik Haji 33 Kali, UAS Ceramah Nabi Muhammad Cuma Haji Sekali

"Kalau kita lihat dalam perjalanan Nabi haji hanya sekali. Haji wada pertama dan penutup. Haji 10 Dzulhijjah, 11 12 tasyrik, meninggal 12 Rabiul Awal. Tak ada haji setelah itu," kata UAS dalam video ceramahnya di YouTube, sebagaimana dikutip Jumat (12/7/2024).

UAS juga menyebut Nabi selama hidupnya pergi umrah sebanyak 4 kali. Ia kemudian menyarankan sebaiknya Muslim yant memiliki uang berlebih, memprioritaskan membantu dakwah di pedalaman ketimbang pergi haji.

"Nabi umrah empat kali, tahun ke-6, tahun ke-7, tahun ke-8, umrah tahun ke-10 saat haji wada. Jika paham makna beribadah, itu sama dengan mengeluarkan uang ke Makkah dan dakwah di pedalaman," ujar UAS.

Sementara itu, UAS juga memberikan penjelasan soal hukum anak yang belum akil balig pergi haji bersama orang tua. Hal ini disampaikan UAS di Instagram dan dikaitkan dengan Thariq yang berhaji di usia 2 bulan.

"Saya telah melaksanakan ibadah haji bersama orang tua saya, saat itu saya masih kecil, belum aqil baligh. Apakah ibadah haji saya sah? Apakah telah gugur kewajiban melaksanakan ibadah haji bagi diri saya?" bunyi pertanyaan untuk UAS.

Melansir dari akun Instagram-nya @/ustadzabdulsomad_official, Jumat (12/7/2024), UAS terlihat mengutip penjelasan dari Dar al-Ifta’ al-Mishriyah atau Lembaga Fatwa Mesir untuk menjawab pertanyaan itu.

Lembaga Fatwa Mesir tersebut menjelaskan bahwa hukum anak yang belum akil balig melaksanakan ibadah haji bersama orang tua itu sah-sah saja. Baik sang anak maupun orang tua tetap bakal mendapatkan pahala.

Meski begitu, anak tersebut tetap memiliki kewajiban untuk pergi haji saat sudah dewasa atau memenuhi syarat. Hal ini dikarenakan salah satu syarat wajib haji adalah sudah akil balig. Sementara haji ketika masih kecil hukumnya sunnah.

"Ibadah haji yang telah Anda laksanakan bersama orang tua saat masih kecil sah, dapat pahala, orang tua Anda juga diberi balasan pahala. Tapi tidak gugur kewajiban waji haji bagi Anda setelah aqil baligh, karena haji yang telah Anda laksanakan adalah haji sunnat. Anda wajib melaksanakan ibadah haji lagi setelah aqil baligh," jawab UAS.

Belakangan ini, media sosial juga dihebohkan dengan video Thariq dan ibundanya, Lenggogeni Faruk. Dalam klip tersebut, kekasih Aaliyah Massaid ini dikatakan sudah bisa diberi gelar haji karena menunaikannya saat ia masih berusia 2 bulan.

"Waktu umur 2 bulan sudah naik haji, baru selesai nifas kemudian pergi haji. Udah Haji Thariq," ucap Geni Faruk dalam video yang kini viral tersebut.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #beda #nasib #haji #mamah #dedeh #thariq #halilintar #langit #bumi #bilang #begini

KOMENTAR