7 Potret AHY dan Annisa Pohan dari Masa ke Masa: Kini Rayakan 19 Tahun Pernikahan
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Annisa Pohan [Instagram]
15:02
9 Juli 2024

7 Potret AHY dan Annisa Pohan dari Masa ke Masa: Kini Rayakan 19 Tahun Pernikahan

Menteri ATR/BPK, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan istrinya, Annisa Pohan merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang ke-19 pada Senin (8/7/2024). Dalam unggahan video di akun X @AgusYudhoyono, Ketum Partai Demokrat ini menyampaikan terima kasihnya kepada Annisa.

"Tepat hari ini, usia pernikahan saya dan Anissa Pohan menginjak usia yang ke-19 tahun. Terima kasih istriku yang terus sabar menjadi pendamping setia dalam segala ujian, cobaan, tugas dan pengabdian, juga ketulusannya dalam membimbing Almira sebagai buah hati yang amat kami sayangi," tulis AHY, Senin (8/7/2024).

"Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan untuk menjalani kehidupan rumah tangga dan menggapai kebahagiaan sesungguhnya, lahir dan batin. Bagi yang masih jomblo, semoga diberikan jalan agar segera berjodoh dengan pilihan terbaiknya! Aamiin Ya Rabbal Alamin. Happy Anniversary @AnissaPohan," sambungnya.

Belasan tahun bersama tentu bukan hal mudah, sehingga perlu dirayakan sebagai pengingat momen-momen indah sejak dulu hingga saat ini. Adapun berikut tujuh potret AHY dan Annisa Pohan dari masa ke masa yang berhasil Suara.com rangkum.

Baca Juga: Nikah Muda, Lee Yo Won 'Queen Seondeok' Ungkap Tak Menyesali Keputusannya

1. Annisa Selalu Dampingi AHY

AHY dan Annisa Pohan. [Instagram]AHY dan Annisa Pohan. [Instagram]

Annisa Pohan tampak selalu mendampingi AHY. Salah satunya terlihat pada foto di atas, yang mana dirinya mengabadikan momen perayaan AHY diangkat jadi Letnan Satu (Lettu). Saat itu keduanya belum lamaran, apalagi melangsungkan menikah. 

“Ini April 2004, ketika mas Agus naik pangkat menjadi Lettu, aku kirim bunga papan (sampe masuk ke dalam rumah sih),” tulis Annisa Pohan.

2. Menikmati Masa Muda Bersama

AHY dan Annisa Pohan. [Instagram]AHY dan Annisa Pohan. [Instagram]

Bukan hanya Annisa, AHY juga sempat mengunggah foto lawas mereka. Dalam potret tersebut, keduanya terlihat muda dan menurut AHY masih unyu. Meski begitu, tidak diketahui apakah saat itu keduanya sudah lamaran atau belum.

"Buka-buka foto jadul, ternyata ketemu foto jaman masih unyu-unyu... Pernah muda... #KamisManis," tulis AHY, Jumat 5 Juni 2020.

3. Pilih Cincin Kawin Bersama

AHY dan Annisa Pohan. [Instagram]AHY dan Annisa Pohan. [Instagram]

Sementara dalam foto di atas, diketahui diambil pada tahun 2005 silam. Saat itu, AHY dan Annisa tengah sibuk mempersiapkan pernikahannya. Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini memilihkan cincin kawin untuk calon istri.

Baca Juga: Selamat! HyunA dan Yong Junhyung Umumkan Pernikahan pada Oktober Tahun Ini

Di sela-sela itu, mereka mengabadikan momennya yang ternyata bikin rindu. Oleh karenanya, foto-foto lawas tersebut selalu tersimpan dan kembali diunggah untuk merayakan belasan tahun kebersamaan AHY dan Annisa Pohan hingga saat ini.

4. Putuskan Menikah

AHY dan Annisa Pohan. [Instagram]AHY dan Annisa Pohan. [Instagram]

Awal mula AHY bisa dekat dengan Annisa usai dikenalkan oleh seorang teman. Setelah lama menjalani hubungan persahabatan, AHY pun memberanikan diri untuk berkunjung ke rumah Annisa Pohan dan bertemu dengan orang tuanya.

Tak disangka-sangka, ibunda Annisa langsung jatuh hati dengan AHY karena dianggap sebagai sosok pria yang bertanggung jawab dan dewasa. Annisa pun ikut luluh serta mulai jatuh cinta kepada AHY yang kala itu terlihat tulus mendekati dirinya.

Setelah satu tahun berkenalan, AHY dan Annisa Pohan memutuskan untuk menikah pada tahun 2005. Selama hampir 20 tahun bersama, rumah tangga pasangan ini selalu adem. Hubungan mereka ini bisa dibilang jarang diterpa isu-isu miring.

5. Dikaruniai Satu Anak Perempuan

AHY dan Annisa Pohan bersama anak mereka, Almira. [Instagram]AHY dan Annisa Pohan bersama anak mereka, Almira. [Instagram]

Setelah menikah, AHY dan Annisa tidak langsung dikaruniai anak. Melansir berbagai sumber, mereka diketahui sempat ingin melakukan program bayi tabung untuk bisa memiliki buah hati. Namun, pada tahun 2008, usaha dan doa mereka dikabulkan.

Seorang anak perempuan bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono lahir di RS Pondok Indah, Jakarta pada tahun 2008. Dalam sejumlah foto, Annisa cukup sering membawa anak sematawayangnya itu saat kumpul dengan ibu-ibu Persit.

6. Sang Buah Hati Beranjak Dewasa

AHY dan Annisa Pohan bersama anak mereka, Almira. [Instagram]AHY dan Annisa Pohan bersama anak mereka, Almira. [Instagram]

Saat ini, Almira sudah beranjak dewasa atau kini usianya menginjak 15 tahun. Ia diketahui mengenyam pendidikan di Sinarmas World Academy. Putri dari AHY dan Annisa Pohan itu juga dikenal sebagai sosok yang berprestasi.

Pada tahun 2016, Almira menjadi peserta dalam Olimpiade Sains dan Matematika Internasional Jepang hingga meraih penghargaan kategori Shappire. Selain itu, ia juga menjadi delegasi dalam Model United Nation (MUN) di Malaysia.

MUN sendiri merupakan sebuah ajang simulasi akademik untuk pelajar dari berbagai negara. Acara ini diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bisa tergabung di pertemuan internasional ini tentu menjadi suatu kebanggan.

7. Aktif di Pemerintahan

AHY dan Annisa Pohan. [Instagram]AHY dan Annisa Pohan. [Instagram]

Setelah lama Partai Demokrat oposisi, AHY pada tahun ini resmi bergabung ke pemerintahan. Ia dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) pada Rabu (21/2/2024).

Ia menjadi menteri untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 dan pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta. Penunjukkan AHY itu lantas membuat Annisa Pohan menjadi ibu atau istri Menteri ATR/BPN.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #potret #annisa #pohan #dari #masa #masa #kini #rayakan #tahun #pernikahan

KOMENTAR