Beda Karier Riza Patria dan Marshel Widianto: Eks Wagub Vs Eks Kurir Narkoba Dipasangkan di Pilkada
Pasangan Pilwalkot Tangsel Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto. [Suara.com/Aldie]
14:28
9 Juli 2024

Beda Karier Riza Patria dan Marshel Widianto: Eks Wagub Vs Eks Kurir Narkoba Dipasangkan di Pilkada

Partai Gerindra telah mantap mengusung Ahmad Riza Patria dan Marshel Widianto sebagai calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad beberapa waktu lalu. Ia juga mengklaim, duet Riza-Marshel telah mendapatkan dukungan dari sejumlah partai politik.

“Bukan cuma komunikasi, kita sudah pegang beberapa rekomendasi dari partai politik," kata Dasco di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/7/2024).

Meski begitu, munculnya pasangan calon yang mengusung jargon AM:PM (Ariza Marshel Pasti Menang) ini mengundang banyak tanggapan miring.

Baca Juga: Profil dan Kontroversi Ahmad Riza Patria, Pendamping Marshel Widianto Sempat Tersandung Kasus Korupsi

Terutama mengenai dipilihnya sosok Marshel sebagai calon Wakil Wali Kota Tangsel. Tak sedikit orang yang meragukannya, karena Marshel selama ini dikenal sebagai komedian.

Kiprahnya di dunia politik juga hampir tak kelihatan, sehingga kemampuannya sebagai calon pemimpin kian dipertanyakan.

Tak sedikit orang yang membandingkan karier Ahmad Riza Patria dengan Marshel Widianto. Seperti apakah rekam jejak keduanya? Simak ulasannya berikut ini.

Karier Ahmad Riza Patria

Ahmad Riza Patria memulai karier politiknya di organisasi kepemudaan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Dalam organisasi tersebut, kiprahnya cukup bersinar. Pada periode 1999-2005, pria yang akrab disapa Ariza itu pernah didapuk menjadi Ketua DPP KNPI.

Baca Juga: Tebak! Berapa Kali Marshel Widianto Ucap 'Ehh' Saat Dicecar Nyalon di Pilkada Tangsel?

Ariza juga pernah menjadi pengurus Kadin Indonesia dan BPD HIPMI Jaya pada 2001 hingga 2003. Ia lalu bergabung dengan Partai Gerindra dan menjabat sebagai Ketua DPP pada 2008.

Ketika Sandiaga Uno meninggalkan jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk mengikuti PIlpres 2019, Ariza terpilih untuk menggantikannya pada 2020.

Ia lantas mendampingi Anies Baswedan sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta hingga habis masa jabatannya pada 16 Oktober 2022.

Saat ini, Ahmad Riza Patria menjabat sebagai Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Gerindra dan anggota Komisi V DPR RI periode 2019-2024. Pada periode 2014-2019, ia pernah menjadi salah satu anggota Komisi II DPR RI.

Karier Marshel Widianto

Berbeda dengan Ahmad Riza Patria yang memiliki rekam jejak mentereng di dunia politik, Marshel Widianto selama ini dikenal sebagai komika atau komedian tunggal.

Meski begitu, dalam satu kesempatan, suami Cesen eks JKT48 ini mengaku sudah belajar berpolitik sejak 2018. Menurutnya, pembelajaran politik itu ia dapat ketika ia bergabung di organisasi sayap Partai Gerindra.

“Sudah saya mulai dari tahun 2018. Sudah lama bosku," kata Marshel Widianto pada awak media di kawasan Tendean, Jakarta Selatan pada Senin (8/7/2024).

Namun di luar itu, pengalaman karier Marshel lebih banyak dilewati di dunia kelam. Melalui kanal YouTube milik Hesty Purwadinata, ia mengaku pernah terlibat dalam perdagangan narkoba.

Marshel kerap dimintai tolong oleh kenalannya untuk mengantar paket yang ia kira sebagai bedak. Tanpa ragu, Marshel memenuhi permintaan itu. Hingga usia 13 tahun, Marshel baru menyadari kalau paket yang selama ini ia antar adalah narkoba jenis sabu.

Dalam kesempatan yang sama, Marshel juga mengatakan dirinya pernah merasakan hidup di balik jeruji karena menjual minyak angin palsu.

Profesi lain yang pernah dijalani Marshel adalah sebagai mata elang. Hal itu ia ungkap ketika diwawancarai Gofar Hilman. Ketika itu, ia ditugaskan untuk mengawasi jalan raya di kawasan Tanjung Priuk dan memeriksa sejumlah kendaraan bermotor yang diduga menunggak kredit.

Lain lagi ketika ia tampil di podcast Deddy Corbuzier. Marshel mengaku pernah menjadi tukang ojek yang bertugas mengantar jemput para pekerja seks komersial (PSK), dengan bayaran Rp50 hingga Rp100 ribu sekali antar.

Terkait kariernya di dunia stand up comedy, Marshel memulainya ketika mengikuti audisi Stand Up Comedy Academy (SUCA) 3. Dalam kompetisi itu, ia gagal menjadi juara, tetapi potensinya sebagai komika banyak dilirik orang, hingga ia sering diundang mengisi acara televisi.

Marshel juga pernah mencicipi akting dan bermain dalam sejumlah film, diantaranya Laundry Show (2019) hingga Cek Toko Sebelah The Series 2 (2019). Di luar itu, Marshel juga pernah didapuk menjadi salah satu brand ambassador (BA) MS Glow.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #beda #karier #riza #patria #marshel #widianto #wagub #kurir #narkoba #dipasangkan #pilkada

KOMENTAR