Ironi Tas Dior: Jadi Favorit Keluarga Jokowi, Tapi Diproduksi dengan Eksploitasi Murah di China
Koleksi Tas Branded Erina Gudono dan Selvi Ananda (Instagram)
16:32
8 Juli 2024

Ironi Tas Dior: Jadi Favorit Keluarga Jokowi, Tapi Diproduksi dengan Eksploitasi Murah di China

Baru-baru ini, rumah mode kenamaan, Christian Dior menuai sorotan usai sisi gelap dari anak perusahaan konglomerat Perancis, LVMH itu terkuak. 

Pasalnya, tas-tas mewah Dior yang dijual puluhan hingga ratusan juta rupiah, ternyata diproduksi oleh pemasok dari China dengan harga yang sangat murah, yakni kurang dari Rp 1 juta.

Selain itu, dikutip K Selection, putusan pengadilan Italia juga mengungkap eksploitasi terhadap imigran ilegal Tiongkok, antara lain, untuk memproduksi tas-tas ini dengan harga murah, sambil memberinya label sebagai "Buatan Italia".

Di sisi lain, kesejahterahan hidup para pekerja pembuat tas-tas mahal Dior juga mendapatkan sorotan. Menurut jaksa, sebuah perusahaan Tiongkok yang memproduksi dan memasok tas ke Dior memiliki beberapa karyawan yang bekerja secara ilegal dalam shift 15 jam. 

Baca Juga: Jual Produk Puluhan Juta, Merek Mewah Dior dan Armani Cuma Bayar Upah Buruh Rp30 Ribu Per Jam

Beberapa pekerja tidur di bengkel agar dapat kembali ke pabrik yang beroperasi 24 jam sehari, tanpa hari libur. Keputusan pengadilan setebal 34 halaman itu juga merinci kondisi kerja empat subkontraktor yang memproduksi tas Dior.

Pabrik-pabrik ini sebagian besar mempekerjakan imigran gelap dari Tiongkok dan Filipina. Perangkat keselamatan juga dilepas dari mesin untuk mempercepat produksi. 

Favorit Keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Merek fesyen mewah ini memang terkenal sebagai barang favorit kalangan kelas atas, seperti tas tangan, pakaian, perhiasan, dan aksesori lainnya. Produk itu sering dijual dengan harga lebih dari 1.000 dollar AS atau Rp16 juta.

Di dalam negeri sendiri, tak cuma selebriti, keluarga orang nomor satu di Indonesia, Presiden Jokowi tampaknya juga menjadi merek fesyen satu ini sebagai favorit mereka. Mukai dari istri, anak hingga menantunya. 

Baca Juga: 6 Potret Erina Gudono Bersama Iriana Jokowi: Gaya Mantu-Mertua Kompak Bak Old Money

Nah berikut sederet tas Dior milik Iriana Jokowi, Kahiyang Ayu, Selvi Ananda hingga Erina Gudono yang Suara.com rangkum.

Iriana Jokowi

Pengajian kehamilan Erina Gudono dihadiri Jokowi dan Iriana. (Dok. Instagram)Pengajian kehamilan Erina Gudono dihadiri Jokowi dan Iriana. (Dok. Instagram)

Iriana Jokowi pernah terlihat mengenakan salah satu koleksi tas Dior miliknya saat acara pengajian tasyakuran kehamilan Erina Gudono beberapa waktu lalu. Ibu negara tersebut menenteng tas Dior tipe Small Lady D-Joy Latte calfskin.

Dilihat dari situs resmi Dior, tas seperti yang digunakan Iriana itu dibandrol seharga Rp135 juta. Harga tas tersebut bahkan lebih dari empat kali lipat dari gaji pokok Jokowi sebagai presiden.

Kahiyang Ayu

OOTD Kahiyang Ayu dengan Heels Manolo Blahnik (Instagram)OOTD Kahiyang Ayu dengan Heels Manolo Blahnik (Instagram)

Dalam akun Instagramnya, Kahiyang Ayu sempat membagikan potretnya saat menghadiri acara fashion show desainer kenamaan. Dalam balutan dress bernuansa hitam oranye, istri Wali Kota Medan Bobby Nasution itu menenteng tas anyaman rotan yang unik.

Rupanya, ini merupakan salah satu koleksi dari rumah mode Dior, yakni Medium Lady D-Joy Bag Natural Wicker and Blue Dior Oblique Jacquard yang dikutip dari website dior.com hargabya ditaksir mencapai 4,800 USD atau Rp78 juta.

Selvi Ananda

Selvi Ananda Kenakan Tas Mewah Lady Dior Saat Halal Bihalal Bersama ASN Kota Solo (YouTube/Solo Times)Selvi Ananda Kenakan Tas Mewah Lady Dior Saat Halal Bihalal Bersama ASN Kota Solo (YouTube/Solo Times)

Selvi Ananda juga pernah terlihat mengenakan Lady Dior pada acara halal bihalal bersama ASN Kota Solo di Balai Kota Solo mendampingi suaminya. Tas yang dari jauh tampak berkilauan itu diketahui dibanderol dengan harga $4,800 atau setara dengan Rp78 juta menurut situs Rebag.

Erina Gudono

Erina Gudono dan Kaesang Pangarep. (Dok: Instagram/erinagudono)Erina Gudono dan Kaesang Pangarep. (Dok: Instagram/erinagudono)

Berkunjung ke Labuan Bajo, Erina Gudono juga sempat terlihat memakai tas mewah dari brand Dior berwarna merah muda. Tas tersebut diduga merupakan series Lady D Small Cannage Lambskin Powder Pink yang menurut situs Voila, harganya mencapai Rp88 juta.

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #ironi #dior #jadi #favorit #keluarga #jokowi #tapi #diproduksi #dengan #eksploitasi #murah #china

KOMENTAR