Gaun Bridesmaid Pernikahan Ratu Elizabeth Tahun 1947 Laku Dilelang, Harganya Bikin Melongo!
Potret yang diambil 07 Juni 1951 dari Putri Elizabeth dari Inggris Raya, calon Ratu, mengenakan mahkota berlian.[Photo/AFP]
10:39
4 Juli 2024

Gaun Bridesmaid Pernikahan Ratu Elizabeth Tahun 1947 Laku Dilelang, Harganya Bikin Melongo!

Gaun bridesmaid atau pengiring pengantin dari pernikahan kerajaan Ratu Elizabeth dengan Pangeran Philip telah terjual dalam pelelangan dengan harga super fantastis.

Dikutip People, pada 2 Juli lalu, Christie's mengumumkan bahwa gaun gading rancangan Norman Hartnell yang dikenakan oleh Lady Elizabeth Lambart saat ia menjadi pengiring pengantin dalam pernikahan Putri Elizabeth tahun 1947 terjual seharga $48.420 atau Rp791 jutaan!

"Ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk memperoleh contoh sejarah mode kerajaan yang menggugah dan langka," kata spesialis Christie's Benedict Winter dalam sebuah pernyataan menjelang pelelangan. 

"Dengan desainnya yang halus, sulaman yang indah, dan kepekaan gerakan yang luar biasa, gaun elegan ini melambangkan kemewahan pesanan Sir Norman dan harapan yang diberikan oleh pernikahan mendiang Ratu dan Duke of Edinburgh bagi Inggris pascaperang," kata dia lagi.

Baca Juga: Kronologi Ayu Ting Ting Batalkan Pernikahan dengan Lettu Fardana

Gaun itu diperkirakan laku sekitar $38.000 (Rp620 jutaan) hingga $63.000 (Rp1 miliar) dan menarik minat kolektor sejarah kerajaan atau busana antik.

Seperti dijelaskan, pada tanggal 20 November 1947, Lady Elizabeth Lambart adalah salah satu dari delapan pengiring pengantin, termasuk Putri Margaret, yang mengenakan gaun yang serasi untuk mendukung calon Ratu Elizabeth selama pernikahan kerajaannya dengan Pangeran Philip di Westminster Abbey. 

Lambart sendiri adalah putri Earl dan Countess of Cavan dan teman masa kecil calon Ratu Elizabeth. 

"Ia tumbuh dalam lingkungan keluarga kerajaan dan mengenal Putri Elizabeth sejak usia dini. Kedua gadis itu bersekolah di sekolah tari yang sama dan menjadi bagian dari kelompok Pramuka Putri Istana Buckingham. Saya membayangkan akan menjadi kehormatan yang luar biasa untuk menjadi pengiring pengantin di pernikahan kerajaan," kata Winter. 

Saat itu, para pengiring pengantin Ratu Elizabeth mengenakan gaun berwarna gading dengan kerah sendok, korset berkerut, dan rok tulle tebal dengan hiasan kepala bunga satin di rambut mereka. 

Baca Juga: Kakak Gilga Sahid Nangis Bahas Souvenir Pernikahan sang Adik, Ternyata Gak Sekadar Mahal

Seperti gaun pengantin, gaun-gaun tersebut dihiasi dengan aplikasi bunga, yang sebagian dirancang oleh penyulam kepala Flora Ballard dan ditenun oleh Warner & Sons, menurut Royal Collection Trust.

Hartnell juga merupakan desainer di balik gaun pengantin Ratu Elizabeth dan kemudian menciptakan gaun penobatannya pada tahun 1953.

Lambart meminjamkan gaun pengiring pengantin kerajaannya ke Fashion Museum Bath dari tahun 1980-an hingga awal 2000-an, dan pernah dikenakan oleh supermodel Inggris Kate Moss.

Moss yang kini berusia 50 tahun, melakukan pemotretan untuk majalah Love pada tahun 2012 di rumah tempat Lambart tinggal, "dan Lady Elizabeth dibujuk untuk berpose dengannya," menurut Christie's. 

Winter berkata, "Lady Elizabeth dikabarkan menganggap pemotretan itu lucu dan berpikir akan menyenangkan melihat Kate mencoba gaun pengiring pengantinnya."

"Bertemu dengan Lady Elizabeth dan mengenakan gaunnya, yang memiliki warisan yang luar biasa, adalah momen ajaib bagi saya. Saya merasa seperti mengenakan sepotong sejarah," kata Moss.

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #gaun #bridesmaid #pernikahan #ratu #elizabeth #tahun #1947 #laku #dilelang #harganya #bikin #melongo

KOMENTAR