Bukan Rhoma Irama, Sosok Ini Berani Bilang Bahar bin Smith Ulama Gadungan
Bahar bin Smith Disebut Orang Ini Gak Bisa Baca Arab Gundul: Ulama Gadungan [Istimewa]
20:20
26 Juni 2024

Bukan Rhoma Irama, Sosok Ini Berani Bilang Bahar bin Smith Ulama Gadungan

Bahar bin Smith dan Rhoma Irama tengah jadi sorotan publik. Keduanya berseteru lantaran status nasab habib.

Habib Bahar lewat akun sosial media miliknya merespon dengan keras pernyataan dari Rhoma Irama.

Raja dangdut itu sebelumnya mempertanyakan perihal sosok habib yang memiliki perangai buruk. Rhoma menceritakan soal pengalamannya di masa muda.

Rhoma mengatakan ia pernah mendengar seorang habib menyampaikan dalam sebuah ceramah, seorang anak habib yang melakukan banyak perbuatan dosa sebaiknya tidak disakiti atau diomeli, karena ia tetap adalah ahli surga.

Baca Juga: Apa Itu Nasab Habib? Pemicu Perseteruan Rhoma Irama dan Habib Bahar bin Smith

Rhoma Irama menyampaikan bahwa ia tak setuju dengan isi ceramah tersebut. Pernyataan dari Rhoma ini kemudian berbuntut panjang dan mendapat sanggahan keras dari Habib Bahar.

“Rhoma Irama ngomong doktrin para habaib, doktrin baalwi, habib itu pasti walaupun maksiat masuk surga,” kata Habib Bahar bin Smith, seperti dikutip dari tayangan Youtube Sayyid Bahar bin Smith.

Menariknya, ada satu sosok yang terang-terangan mengomentari kemampuan Bahar bin Smith. Ialah Guru Gembol atau Jafar Rohadi mengatakan bahwa Bahar bin Smith ialah ulama gadungan.

Guru Gembul menyoroti video saat Habib Bahar diminta untuk membaca kitab kuning berisi huruf Arab gundul di Youtube Refly Harun.

Menurut Guru Gembul, Bahar bin Smith terlihat kebingungan untuk membaca kitab kuning.

Baca Juga: Ribut dengan Rhoma Irama, Habib Bahar Bin Smith Lulusan Mana?

"Selain sangat belepotan, sangat gelagapan, ternyata membacanya juga dari kiri ke kanan sama seperti orang membaca huruf latin, ini kan bener-bener aneh,” ucap Youtuber ini.

Melihat kemampuan Bahar bin Smith membaca kitab kuning itu, Guru Gembul pun meragukan gelar ulama yang dimiliki penceramah berusia 38 tahun itu.

"Bagaimana ceritanya ada seorang pemimpin pondok pesantren dengan ribuan santrinya ternyata tidak bisa membaca arab gundul, saya mohon maaf,” lanjut Guru Gembul.

Selain soal kemampuan membaca kitab kuning, Guru Gembul juga soroti gaya hidup dari Bahar bin Smith yang menurunya jauh dari sikap ulama lain dan Rasulullah SAW.

“Pak Habib Bahar itu sering flexing, sering menampilkan motornya keren banget, mobilnya sport yang keren banget, harta kekayaan,”

"Beliau juga kata-katanya kasar dan menurut syariat Islam itu bahkan terlarang,” tambah Guru Gembul.

Guru Gembul atau Jafar Rohadi merupakan Youtuber yang pernah viral lantaran pendapatnya yang membandingkan antara sekolah Islam dan sekolah Kristen.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #bukan #rhoma #irama #sosok #berani #bilang #bahar #smith #ulama #gadungan

KOMENTAR