Dikabarkan Pandji Tak Bisa Melihat, Adul Sakit Apa?
Komedian Adul (Instagram/@adulkhan83)
11:26
25 Juni 2024

Dikabarkan Pandji Tak Bisa Melihat, Adul Sakit Apa?

Komedian Adul belakangan ini dikabarkan mengalami kebutaan karena mengidap glaukoma. Hal tersebut diungkap oleh Pandji Pragiwaksono ketika berbincang dengan Kiky Saputri dalam kanal YouTube.

Lantas benarkah Adul sakit glaukoma hingga mengalami kebutaan seperti yang diungkap oleh Pandji? Simak penjelasan berikut ini.

Klarifikasi Adul

Komedian Adul (Instagram/@adulkhan83)Komedian Adul (Instagram/@adulkhan83)

Adul buka suara disebut mengalami kebutaan karena mengidap glaukoma. Pria 40 tahun ini mengungkap bahwa dirinya dalam kondisi sehat dan tidak mengidap glukoma, yakni kondisi medis yang menyebabkan kerusakan di saraf mata hingga menimbulkan kebutaan.

Adul membenarkan sering memakai kacamata hitam tapi bukan karena sakit, melainkan tak kuat kena sinar matahari.

Baca Juga: Namanya Diseret Pandji dalam Kasus Hoaks Adul Buta, Begini Reaksi Komeng

"Tidak ada hubungan (pakai kacamata dan glukoma). Maksudnya kalau bangun tidur itu saya kena matahari, silau banget nggak kuat. Intinya itu doang. Nggak (glukoma), baik-baik saja," tegas Adul dalam acara Pagi-Pagi Ambyar dikutip dari YouTube TRANS TV Official.

Kondisi Mata Adul

Komedian Adul (Instagram/@adulkhan83)Komedian Adul (Instagram/@adulkhan83)

Dalam kesempatan yang sama, Adul tak memungkiri kondisi matanya tidak baik-baik saja. Jika dilihat lebih jelas, ada selaput yang tampak di area mata Adul.

Adul membeberkan bahwa selaput yang ada di matanya itu sudah cukup lama. Dia sempat periksa ke dokter sampai hampir menjalani operasi pengangkatan selaput di mata tapi tak terlaksana karena pandemi Covid-19.

"Kata dokter itu lemak (selaput di mata). Waktu itu mau dioperasi, tapi pas banget sama Covid, akhirnya nggak jadi. Sudah cek ke dokter, periksa lab segala macam, cuma tinggal diambil doang (selaput di mata)," jelas komedian pemilik nama lengkap Abdul Latief ini.

Sejauh ini selaput yang ada di mata Adul tak menganggu penglihatannya. "Pandangannya jelas. Sudah lama (terjadi). Tapi selagi masih baik-baik saja, nggak masalah," jelasnya.

Baca Juga: Bukan Glaukoma, Adul Sebut Matanya Bermasalah Karena Lemak

Adul mengatakan selaput di matanya itu muncul karena lemak dan debu. Dia menduga pemicunya karena kebiasaan makan berlemak dan suka mengendarai motor.

Menurut Adul, kabar ini juga sempat membuat pihak keluarganya jadi khawatir. Meski begitu, dia tak mau memperpanjang masalah ini.

"Saya nggak mau ribet, selagi nggak nyolek saya. Ya semoga (Pandji) diberikan kebaikan, namanya orang lawak zaman sekarang. Semoga bang Pandji diberi kesehatan, bang Pandji orang baik," kata Adul.

"Itulah orang berilmu, sekolah tinggi-tinggi tapi gitu lawaknya," sindir Adul tipis-tipis sambil tertawa.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #dikabarkan #pandji #bisa #melihat #adul #sakit

KOMENTAR