Asyiknya Packrafting di Kali Papah, Cocok untuk Liburan Bareng Keluarga
Keseruan wisatawan mencoba Tour Pakcrafting Kali Papah di Banguncipto, Sentolo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (22/6/2024). (Suara.com/Rima S.I.N)
18:52
24 Juni 2024

Asyiknya Packrafting di Kali Papah, Cocok untuk Liburan Bareng Keluarga

Ada banyak cara seru untuk menikmati liburan keluarga di Kulonprogo. Jika ingin merasakan sensasi petualangan yang family friendly, Tour Pakcrafting Kali Papah bisa jadi pilihan menarik.

Obyek wisata ini berlokasi di Banguncipto, Sentolo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Wisawatan diajak menjelajahi Kali Papah dengan rute sepanjang kira-kira 1,5 kilometer.

Setiap orang akan menaiki sebuah perayu karet dan ditantang mendayung sendiri. Tak perlu khawatir, arus sungai dengan kedalaman 50 sentimeter hingga 1,5 meter ini tidak terlalu deras, bahkan cukup tenang sehingga aman untuk pemula, termasuk anak-anak berusia minimal tujuh tahun.

Tour Pakcrafting Kali Papah berlokasi di Banguncipto, Sentolo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (22/6/2024). (Suara.com/Rima S.I.N)Tour Pakcrafting Kali Papah berlokasi di Banguncipto, Sentolo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (22/6/2024). (Suara.com/Rima S.I.N)

Sebelum mulai susur sungai, wisawatan bakal mendapat pembekalan singkat dari tim instruktur. Bukan hanya tentang cara mendayung, melainkan juga berbagai hal terkait standar keselamatan yang perlu diperhatikan.

Baca Juga: Musim Liburan Tiba, Ini Manfaat Punya Asuransi Perjalanan Sebelum Traveling

Selain itu, walau mendayung sendiri, tetap ada tim pemandu yang mendampingi jalannya packrafting. Jadi, mereka selalu siap membantu demi memastikan keselamatan para wisatawan.

Tour Packrafting Kali Papah merupakan wisata kayak pertama di Kulon Progo, DIY. Aliran sungainya berasal dari selokan Kali Bawang dengan debit air yang bisa dikontrol sesuai kebutuhan, biasanya tergantung jumlah wisatawan.

Menariknya, Tour Packrafting Kali Papah ternyata berawal dari pemikiran mulia warga desa setempat. Objek wisata ini diharapkan mendorong perekonomian lokal, termasuk membuka lapangan pekerjaan bagi generasi muda.

"Saya sudah tua. Kalau bisa, saya ingin ninggali [mewariskan] anak putu [cucu] untuk menciptakan lapangan kerja," ungkap Supardjan, pendiri wisata di Kali Papah.

Sentolo merupakan kawasan industri di Kulonprogo. Hal itu membuat Supardjan berpikir tentang peluang wisata alam di Kali Papah untuk sarana melepas penat bagi orang-orang yang lelah bekerja.

Baca Juga: 3 Cara Nikmati Petualangan Seru di Samigaluh Kulon Progo, Wajib Main ke Kebun Teh!

Supardjan mengambil langkah berani dengan menjual sapi miliknya. Hasilnya jadi modal awal untuk membeli pelampung.

"Sempat berhenti karena Covid, sempat putus asa. Lalu, ketemu partner packrafting, jadi semakin bisa berkembang," kata Supardjan.

Sementara itu, Lurah Banguncipto, Boiran berpendapat bahwa Tour Packrafting Kali Papah memiliki potensi yang luar biasa. Dua tahun terakhir, jumlah wisatawan yang berkunjung relatif meningkat.

Boiran juga mengungkapkan, wisata minat khusus ini telah menjadi salah satu unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Binangun Cipta Mandiri Banguncipto.

"Diharapkan, ke depannya unit usaha ini jadi pemasukan kontribusi asli dari desa," ujar Boiran.

Mau coba keseruannya? Tour Packrafting Kali Papah menawarkan paket wisata seharga Rp500 ribu untuk lima orang. Artinya, setiap orang hanya perlu membayar Rp100 ribu.

Wisatawan juga disarankan melalukan reservasi terlebih dahulu, bisa melalui akun Instagram mystus_packraft dan tourkalipapah.

Editor: Rima Sekarani Imamun Nissa

Tag:  #asyiknya #packrafting #kali #papah #cocok #untuk #liburan #bareng #keluarga

KOMENTAR