Dihujat Netizen Karena Masker, Yuki Kato Justru Beri Teladan Penting di Lamaran Aaliyah
Yuki Kato (Instagram/@yukikt)
18:26
24 Juni 2024

Dihujat Netizen Karena Masker, Yuki Kato Justru Beri Teladan Penting di Lamaran Aaliyah

Yuki Kato jadi salah satu selebriti yang hadir pada acara lamaran Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar yang digelar pada Minggu (23/6) kemarin. Kedatangan artis 29 tahun itu belakangan jadi ramai diperbincangan karena penampilannya. Yuki Kato sebenarnya nampak cantik dengan mengenakan busana formal berupa kurta India.

Akan tetapi, dia jadi gunjingan netizen di media sosial hanya karena sempat memakai masker mulut saat baru datang. Yuki Kato tersebut memadupadankan penampilannya dengan tas jinjing serta masker berwarna senada dengan busananya.

Setibanya di panggung acara lamaran, artis berdarah Indonesia-Jepang itu sempat melepas maskernya. Di samping saat bertemu Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid, Yuki Kato juga tak mengenakan masker saat sesi foto dengan kerabat.

Namun, komentar netizen diakun gosip yang mengunggah potret Yuki Kato masih pakai masker justru kebanyakan bernada negatif.

Baca Juga: Beda Jauh Seserahan Balasan dari Aaliyah Massaid dan Aurel Hermansyah, Punya Atta Halilintar Kebanting?

"Yuki Kato ramai dikritik lantaran gunakan masker saat hadiri acara lamaran Thoriq dan Aaliyah," tulis akun Instagram @lambegosiip, dilansir pada Senin (24/6/2024).

Memang tak ada penjelasan lebih lanjut terkait alasan Yuki Kato mengenakan masker. Dia juga tak dikabarkan sakit beberapa waktu belakangan.

Meski begitu, mengenakan masker untuk menutupi hidung dan mulut sebenarnya memang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Selama masa Pandemi Covid-19 lalu, penggunaan masker di area publik bahkan sempat diwajibkan untuk menghindari penularan virus.

Sejak paparan Covid-19 menurun, aturan menggunakan masker saat ini pun dihilangkan. Meski demikian, masker tidak hanya untuk mencegah diri dari paparan virus tapi bisa juga dari risiko polusi udara maupun mencegah diri tularkan penyakit kepada orang lain.

Dikutip dari Alodokter, berikut beberapa manfaat dalam menggunakan masker saat di area publik.

Baca Juga: Terungkap Siapa Mak Comblang Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid hingga Sukses Sampai Tunangan

1. Menghindari paparan polusi udara

Asap dari kendaraan bermotor, pabrik, rokok, dan debu adalah beberapa jenis polusi udara yang bisa ditemukan setiap harinya. Nah, paparan polusi ini dapat memengaruhi kinerja paru-paru serta meningkatkan risiko terkena penyakit pernapasan, seperti asma, PPOK, dan penyakit jantung.

Bagi masyarakat yang tinggal di daerah berpolusi tinggi, ini adalah alasan utama untuk memakai masker mulut ketika keluar rumah, sebab masker mulut bisa menyaring udara kotor sebelum terhirup oleh hidung dan mencegah paru-paru kotor.

2. Mencegah penularan dan penyebaran penyakit

Menurut sejumlah penelitian, menggunakan masker mulut dapat mencegah Anda menularkan atau tertular berbagai penyakit ISPA, seperti flu, COVID-19, dan SARS.

Oleh karena itu, memakai masker mulut dapat menjadi salah satu cara terbaik agar tidak mudah tertular atau menularkan penyakit. Masker yang digunakan dengan benar bisa mencegah kuman menyebar melalui lendir dan cairan yang keluar saat bersin atau batuk.

3. Melindungi wajah dari efek negatif sinar matahari dan polusi

Alasan memakai masker mulut yang tidak kalah penting adalah melindungi sebagian kulit wajah dari dampak buruk polusi udara dan paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari dan polusi udara yang berkepanjangan diduga dapat menyebabkan penuaan dini dan meningkatkan risiko eksim, jerawat, flek hitam, serta kanker kulit.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #dihujat #netizen #karena #masker #yuki #kato #justru #beri #teladan #penting #lamaran #aaliyah

KOMENTAR