Stres? Ini Game Cek Mental Gratis, Buka Link dan Ketahui Kondisimu dalam Hitungan Menit, Teruji Ilmiah!
Ilustrasi Game Cek Mental (Freepik)
06:04
23 Juni 2024

Stres? Ini Game Cek Mental Gratis, Buka Link dan Ketahui Kondisimu dalam Hitungan Menit, Teruji Ilmiah!

Berbagai permasalahan hidup tak jarang membuat kesehatan mental kita terguncang. Agar tidak semakin parah, sebaiknya kita segera mengeceknya dengan mencoba game cek mental. Selangkapnya, simak link hingga cara main dalam ulasan artikel berikut.

Apabila sudah merasa ketidaknyamanan pada diri terutama yang berkaitan dengan mental, sebaiknya Anda langsung berkonsultasi ke psikolog. Untuk tahap awal, kalian juga bisa mencoba game cek kesehatan mental.

Game ini juga bisa dijadikan tool skrining awal untuk mendeteksi kondisi mental. Meski begitu, harus diingat bahwa game cek kesehatan mental inibtidak dapat dijadikan patokan utama seseorang mengalami gangguan mental.

Pada dasarnya, game cej kesehatan mental ini akan mengukur beberapa kategori berdasarkan jawaban pengguna atas pertanyaan yang diajukan. Beberapa kondisi yang ditanyakan, antara lain suasana hati, tingkat stres, emosi, pikiran, hubungan dengan orang sekitar, masa depan, sampai dimensi ekstra.

Baca Juga: Tren Cek Khodam: Analisis Psikologis

Game Cek Mental

Salah satu website untuk cek mental adalah Mhanational.org. Situs tersebut dikembangkan oleh lembaga non-profit asal Amerika Serikat yang mempromosikan kepedulian terhadap kesehatan mental seseorang. Berikut link dan cara mainnya:

• Buka situs game cek mental di link ini https://screening.mhanational.org/ 

• Klik menu 'Take a Mental Health Test'.

• Pilih jenis tes yang ingin dilakukan.

Baca Juga: Terkuak Khodam Anies Baswedan Ternyata Macan Cisewu, Hewan Apa Itu?

• Jawab semua pertanyaan yang diberikan.

• Setelah itu, klik 'View Results' usai menjawab semua pertanyaan.

• Secara otomatis, sistem akan membaca jawaban Anda dan menyajikan penilaian tentang kondisi kesehatan mental.

Secara sederhana, game cek mental ini merupakan game yang menunjukkan tingkat stres kesehatan mental kita saat ini. Tapi perlu diingat bahwa, permainan tentanh kondisi kesehatan mental di laman tersebut belum terbukti sumber ilmiahnya.

Sumber tersebut dinilai penting sebab permainan ini berhubungan dengan sains serta ilmiah sehingga tidak dapat dijadikan acuan tingkat stres yang kita alami secara langsung. Selain itu, ternyata ada pula permainan tes mental health yang sudah menggunakan sumber ilmiah.

Sumber tersebut berasal dari Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga (Unair), Surabaya yang diberi nama Airlangga Research Group for Translational Medicine and Therapeutics (TMT). Laman ini berisi informasi lengkap tentang cara melakukan cek kondisi kesehatan mental dan berbagai informasi ilmiah yang lain.

Cara bermainnya pun hampir sama, Anda tinggal membuka situs tersebut dan kemudian menjawab pertanyaan yang ada. Berikut adalah link game cek mental yang dimaksud https://www.laluibersama.com/ .

Sekali lagi perlu diingat bahwa, permainan cek kondisi kesehatan mental tidak bisa menjadi acuan kondisi kesehatan mental seseorang yang sebenarnya. Untuk mengetahui kondisi kesehatan mental yang sesungguhnya dan terpercaya, dapat langsung memeriksakan diri kepada psikolog atau psikiater.

Itulah tadi informasi seputar game cek mental mulai dari link hingga cara mainnya. Semoga bermanfaat ya!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #stres #game #mental #gratis #buka #link #ketahui #kondisimu #dalam #hitungan #menit #teruji #ilmiah

KOMENTAR