6 Fakta Clash of Champions Mirip University War, Begini Cara Menontonnya
Clash of Champions Indonesia. (Instagram/ruangguru)
15:29
19 Juni 2024

6 Fakta Clash of Champions Mirip University War, Begini Cara Menontonnya

Indonesia akhirnya memiliki kompetisi di bidang pendidikan yang mirip dengan acara University War yang tayang di Korea Selatan beberapa waktu lalu. Acara tersebut bernama Clash of Champions Indonesia yang kini tengah viral dan jadi perbincangan di sejumlah platform media sosial.

Adapun Clash of Champions Indonesia merupakan ajang kompetisi antara mahasiswa terbaik Indonesia dari sejumlah perguruan tinggi ternama. Di antaranya adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Andalas (UNAND), dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Lantas seperti apakah acara Clash of Champions Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.

Diinisiasi oleh Ruangguru

Baca Juga: Indonesia Akhirnya Punya Acara University War, Ada Peserta yang IPK-nya 4!

Kompetisi Clash of Champions Indonesia diinisiasi oleh salah satu platform pendidikan online di Indonesia, yakni Ruangguru.

Ruangguru mengklaim, kompetisi ini bertujuan untuk menemukan mahasiswa terbaik dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Disebut mirip acara Korea Selatan

Kemunculan acara Clash of Champions Indonesia memang menarik perhatian banyak orang. Namun, acara itu disebut-sebut meniru acara di Korea Selatan, bernama University War.

Adapun University War tayang perdana di platform Coupang Play sejak 3 November 2023. Konsepnya adalah adu kecerdasan antara mahasiswa dari sejumlah universitas bergengsi di Korut.

Baca Juga: Meet and Greet Heo Seong Beom 'University War' di Jakarta, Ini Harga Tiketnya

Sayangnya platform tersebut tak tersedia di Indonesia. Jadi, bagi yang ingin menyaksikan acara itu bisa melihatnya di kanal YouTube Coupang Play.

Diikuti universitas ternama di Indonesia

Acara Clash f Champions Indonesia tayang mulai 29 Juni 2024. Hingga kini acara tersebut telah berlangsung sebanyak 4 batch.

Sejumlah Universitas yang mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti acara tersebut diantaranya Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Hasanuddin (UNHAS), Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Tak sekadar adu kecerdasan

Acara Clash of Champions Indonesia tak hanya mengadu kecerdasan para pesertanya. Namun juga menguji keberanian, strategi dan kekompakan tim.

Dalam acara tersebut, para peserta akan menghadapi sejumlah tantangan yang tak biasa dan menguras energi dahlan menguras emosi.

Ada peserta dengan IPK 4.00

Salah satu yang menarik dalam kompetisi Clash of Champions Indonesia adalah adanya salah satu peserta yang memiliki IPK sempurna, yakni 4.00.

Ia adalah mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan Matematika bernama Hanif. Sosoknya menuai pujian warganet karena sulitnya jurusan yang ia pilih dan juga pencapaian IPK yang luar biasa.

Cara menonton Clash of Champions Indonesia

Kompetisi Clash of Champions Indonesia tidak ditayangkan di televisi. Serupa dengan University War di Korea Selatan, acara ini bisa disaksikan melalui sejumlah akun media sosial.

Diantaranya di aplikasi resmi Ruangguru atau kanal YouTube resmi Ruangguru serta akun TikTok ClashofChampions2024.

Jadi bagi Anda yang ingin menyaksikan kompetisi Clash of Champions Indonesia, langsung saja buka sejumlah kanal digital di atas.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #fakta #clash #champions #mirip #university #begini #cara #menontonnya

KOMENTAR