Panduan Lengkap Puasa Tarwiyah dan Arafah 2024: Jadwal, Niat, Keutamaan dan Tata Cara
Ilustrasi Puasa - Puasa Tarwiyah dan Arafah 2024 (Freepik)
04:47
15 Juni 2024

Panduan Lengkap Puasa Tarwiyah dan Arafah 2024: Jadwal, Niat, Keutamaan dan Tata Cara

Memasuki bulan Dzulhijjah, umat Islam dapat melakukan berbagai ibadah salah satunya puasa Tarwiyah dan Arafah. Dua puasa tersebut kerap kali dilaksanakan oleh umat muslim meskipun dihukumi sunnah karena keutamaannya yang begitu besar. Selengkapnya, simak informasi tentang puasa Tarwiyah dan Arafah 2024 mulai dari jadwal, niat, keutamaan hingga tata caranya. 

Puasa Tarwiyah dan Arafah sendiri menjadi amalan sunnah yang waktu pengerjaannya dilakukan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Umat Islam jangan sampai melewatkan dua ibadah sunnah ini mengingat keutamaannya yang dahsyat. 

Dalam sabdanya, Rasulullah SAW bahkan menyebut jika amal saleh yang dilakukan pada 10 awal Dzulhijjah lebih baik dari pada melakukan jihad fisabilillah. Keutamaan tersebut disampaikan oleh Nabi saat mendapatkan pertanyaan dari salah satu sahabatnya. 

Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya: Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah?. Beliau menjawab: Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun.” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari) 

Baca Juga: Bagaimana Hukum Puasa saat di Arab sudah Merayakan Hari Raya Idul Adha?

Jadwal Puasa Tarwiyah dan Arafah 2024

Puasa Tarwiyah dan Arafah dilaku pada bulan Dzulhijah atau pada saat bulan haji. Puasa Tarwiyah dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijah yang jatuh pada hari Sabtu, 15 Juni 2024. Sedangkan Puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijah yang bertepatan dengan hari Minggu, 16 Juni 2024. 

Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah 

Meskipun puasa Tarwiyah dan Arafah merupakan ibadah sunnah, umat Islam tetap dianjurkan untuk membaca niat. Niat tersebut tidak harus diucapkan secara lisan, tetapi harus diimbangi dengan ketulusan dan sungguh-sungguh sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Berikut niatnya: 

1. Niat Puasa Tarwiyah 

Baca Juga: 25 Desain Spanduk Idul Adha 2024 Terbaru dan Unik, Gratis Siap Cetak!

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى 

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala. 

Artinya: Aku niat puasa sunah Tarwiyah karena Allah ta'ala. 

2. Niat Puasa Arafah 

 نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةَ لِلَّهِ تَعَالَ 

Nawaitu shauma yauma 'arafata sunnata-lillahi ta'ala. 

Artinya: Aku niat puasa sunah Arafah karena Allah ta'ala. 

Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah 

Kedua puasa bulan Dzulhijjah ini memiliki sejumlah keutamaan. Berikut ini peberapa keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah, seperti merangkum dari berbagai sumber. 

1. Pahala berlimpah 

Siapa saja yang menjalani ibadah sejak 10 hari pertama di bulan Dzulhijah akan diberi pahala yang berlimpah. Limpahan pahala tersebut juga berlaku bagi kaum Muslim yang menjalankan ibadah puasa Tarwiyah dan Arafah. 

2. Ampunan dosa 

Disebutkan jika Allah SWT akan mengampuni segala dosa orang-orang yang menjalankan ibadah puasa Tarwiyah dan Arafah. Dijelaskan Allah SWT akan menghapus dosa selama satu tahun untuk mereka yang menjalani puasa Tarwiyah. Dan dosa dua tahun, pada tahun sebelumnya dan satu tahun yang akan datang, bagi mereka yang menjalani puasa Arafah. 

3. Menjadi perbuatan baik di hari istimewa 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, 10 hari pertama di bulan Dzuulhijah merupakan hari yang istimewa. Amalan sunah yang dilakukan selama 10 hari inj dianggap sebagai perbuatan baik di hari yang begitu istimewa. 

4. Sama dengan puasa satu tahun penuh 

Disebutkan dalam sebuah hadist yanh mengibaratkan puasa Tarwiyah seperti berpuasa setiap hari selama satu tahun. Sementara mereka yang melakukan puasa Arafah diibaratkan dengan puasa selama dua tahun penuh. 

Tata Cara Puasa Tarwiyah dan Arafah 

Untuk melakukan puasa Tarwiyah dan Arafah, sama seperti puasa Ramadhan. Berikut urutannya: 

1. Bisa melafalkan niat puasa Tarwiyah dan Arafah ketika hendak tidur 

2. Bangun sahur 

3. Menahan diri dari haus dan lapar 

4. Menahan amarah dan perbuatan yang tercela 

5. Berbuka puasa. 

Nah itulah informasi tentang puasa Tarwiyah dan Arafah 2024 mulai dari jadwal, niat, keutamaan hingga tata caranya.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #panduan #lengkap #puasa #tarwiyah #arafah #2024 #jadwal #niat #keutamaan #tata #cara

KOMENTAR