Awas! Kulit Kusam dan Flek Hitam Mengintai di Musim Kemarau
Ilustrasi flek hitam di wajah (Freepik/Freepik)
07:51
13 Juni 2024

Awas! Kulit Kusam dan Flek Hitam Mengintai di Musim Kemarau

Memasuki musim kemarau, sejumlah daerah di Indonesia mulai merasakan cuaca panas sepanjang hari. Sebagai negara yang berada di garis khatulistiwa, Indonesia mendapat paparan sinar matahari yang melimpah. Meski bermanfaat, paparan sinar matahari berlebih juga memiliki risiko yang perlu diwaspadai, terutama terhadap kesehatan kulit.

Sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat menyebabkan kulit kusam dan munculnya flek atau bercak hitam.

"Risiko munculnya flek harus diwaspadai. Keluhan ini memang selalu meningkat saat kemarau," ujar dr. Khoirul Hadi Sp.KK, ahli kulit dan pemilik Be Hati Skin Clinic, dalam keterangan yang diterima Suara.com.

Ilustrasi sinar UV, ultraviolet, musim kemarau. (Gerd Altmann from Pixabay )Ilustrasi sinar UV, ultraviolet, musim kemarau. (Gerd Altmann from Pixabay )

Flek kulit muncul akibat penumpukan melanin atau pigmen alami kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih. Meski umumnya tidak berbahaya, flek kulit dapat merusak penampilan dan menurunkan rasa percaya diri, terutama jika muncul di area wajah.

Baca Juga: Punya Wajah Mulus, Video Lawas Syahrini Bagikan Tips Agar Tak Berjerawat Kembali Viral

Untuk mencegah munculnya flek saat musim kemarau, dr. Khoirul Hadi Sp.KK menyarankan dua metode: fisik dan kimia. Metode fisik meliputi penggunaan alat pelindung kulit seperti topi, masker, payung, dan pakaian lengan panjang. Sedangkan metode kimia yang paling populer adalah penggunaan sunscreen.

"Sayangnya, banyak yang menggunakan sunscreen secara kurang tepat sehingga hasilnya kurang maksimal," kata dr. Khoirul Hadi Sp.KK. Ia menekankan pentingnya pengaplikasian sunscreen minimal 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan dan secara merata di seluruh permukaan kulit yang terpapar sinar matahari. Selain itu, penggunaan sunscreen harus diulang setiap 2 jam sekali karena keringat dapat melunturkan perlindungannya.

Pemilihan sunscreen yang sesuai dengan karakter kulit juga sangat penting. Produk yang tepat bisa diperoleh dengan berkonsultasi ke dokter spesialis kulit yang berpengalaman. Di Be Hati Skin Clinic, konsultasi ini bisa dilakukan secara gratis, termasuk untuk pelanggan dari luar kota yang bisa berkonsultasi secara online.

3 Langkah Jitu Cegah Flek Hitam di Musim Kemarau

Jika Anda memiliki masalah flek hitam yang sudah parah, konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sementara itu, untuk pencegahan Anda bisa melakukan 3 langkah ini:

Baca Juga: Cara Menggunakan Sidik Jari dan Pengenalan Wajah di HP Xiaomi

1. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Langkah terpenting dalam mencegah flek hitam adalah dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 dan PA+++ secara rutin, minimal 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Oleskan kembali tabir surya setiap 2 jam sekali, terutama setelah berkeringat atau berenang.

2. Jaga Hidrasi Kulit

Musim kemarau dapat membuat kulit kering dan dehidrasi. Kondisi ini dapat memperparah munculnya flek hitam. Oleh karena itu, penting untuk menjaga hidrasi kulit dengan minum air putih yang cukup, minimal 8 gelas per hari. Anda juga dapat menggunakan pelembab wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda secara rutin.

3. Lakukan Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit kusam. Lakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu dengan menggunakan produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #awas #kulit #kusam #flek #hitam #mengintai #musim #kemarau

KOMENTAR