Profil Siti Nurizka: Kader Muda Gerindra Jadi Komut PT Pusri, Posisi di Senayan Disorot
Siti Nurizka Puteri Jaya [Ist]
19:43
12 Juni 2024

Profil Siti Nurizka: Kader Muda Gerindra Jadi Komut PT Pusri, Posisi di Senayan Disorot

Kader muda Partai Gerindra, Siti Nurizka menjadi salah satu politisi yang mendapat jatah jabatan strategis di BUMN. Siti kini turut didapuk menjadi Komisaris Utama atau Komut PT Pupuk Sriwijaya (PT Pusri).

Nama Siti diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang berlangsung Senin (11/6/2024).

Sayangnya, tak seluruh pihak menerima jabatan baru Siti Nurizka dengan baik. Salah satunya yakni sosok pegiat politik Said Didu yang mempermasalahkan jabatan Siti Nurizka di Senayan.

Said Didu menilai bahwa Siti yang kini menjabat sebagai anggota DPR RI tak etis jika juga menyandang jabatan sebagai Komut BUMN.

Baca Juga: Adu Pendidikan dan Karier Simon Aloysius Mantiri Vs Ahok, Siapa Paling Cocok Jadi Komut Pertamina?

"Anggota DPR jadi Komisaris? BUMN makin hancur," kata Said Didu via cuitannya di X.

Profil Siti Nurizka: Berjaya di Senayan di usia muda

Kendati mendapat kritikan pedas dari Said Didu, Siti Nurizka terbilang punya jam terbang yang tinggi di usia muda. 

Penyandang nama asli Siti Nurizka Puteri Jaya ini lahir di Jakarta, 6 Desember 1987. Ia merupakan kader muda Partai Gerindra dan telah berhasil duduk di kursi Senayan di Komisi III yang mengurus isu hukum, hak asasi manusia, dan keamanan.

Ia mewakili daerah pemilihan Sumatera Selatan I yang terdiri atas Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin, Kota Palembang, Kota Lubuklinggau, dan Kabupaten Musi Rawas Utara.

Baca Juga: Lagi, Orang Dekat Prabowo Kini Jadi Komisaris Utama di Pupuk Sriwidjaja

Dahulu, Siti Nurizka sempat menjajal keberuntungannya dengan maju sebagai calon wakil bupati Musi Rawas Sumatera Selatan tahun 2015 silam. Sayangnya, Siti tak mampu mengungguli kandidat yang akhirnya memenangkan jabatan tersebut.

Siti Nurizka mendapatkan jabatannya tersebut menggantikan Renny Astuti dari partai yang sama. Adapun kala itu, Renny tiba-tiba terdampak pergantian antar waktu (PAW) hingga akhirnya mengundurkan diri.

Selain di bidang hukum dan pemerintahan, Siti juga berkarier di bidang olahraga. Ia tercatat sebagai Ketua Asosiasi Street Soccer Indonesia di Sumatra Selatan di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Sebagaimana yang tertera di laman resmi Partai Gerindra, Siti juga merupakan seorang pengusaha yang bergerak di bidang kuliner.

Pendidikan Siti Nurizka

Siti Nurizka juga memiliki rekam jejak pendidikan yang cukup mentereng. Ia merupakan lulusan Universitas Trisakti dan memperoleh gelar Sarjana Hukum di kampus tersebut.

Siti akhirnya merantau ke Kota Pelajar dan mengenyam pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Ia berhasil lulus dari UGM dan akhirnya resmi menyandang gelar Magister Hukum.

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #profil #siti #nurizka #kader #muda #gerindra #jadi #komut #pusri #posisi #senayan #disorot

KOMENTAR