Daftar Panjang Keluarga Jokowi yang Dapat Jabatan Pemerintahan, Dari Mantu sampai Keponakan dan Ipar!
Daftar Panjang Keluarga Jokowi yang Dapat Jabatan Pemerintahan, Dari Mantu sampai Keponakan dan Ipar! (Instagram)
10:21
10 Juni 2024

Daftar Panjang Keluarga Jokowi yang Dapat Jabatan Pemerintahan, Dari Mantu sampai Keponakan dan Ipar!

Kabar terbaru mengenai pengangkatan Bagaskara Ikhlasulla Arif sebagai Manager Non-Government Relation PT Pertamina (Persero) menambah daftar panjang keluarga Jokowi yang dapat jabatan pemerintahan.

Sebelum  Bagaskara diangkat, sebenarnya sudah ada beberapa nama yang terlebih dahulu menduduki posisi penting, baik di pemerintahan atau di partai politik. Meski terus diklaim sebagai keputusan strategis dan profesional, namun lambat laun kepercayaan publik pada keberadaan politik dinasti seperti terus diberikan dasar yang kuat tanpa adanya dalih apapun.

Siapa Saja Keluarga Jokowi yang Dapat Jatah Jabatan?

Dimulai dari gebrakan menantu Jokowi, Bobby Nasution maju di Pilkada Medan dan berhasil memenangkannya. Suami Kahiyang Ayu ini berpasangan dengan Aulia Rachman terpilih menjadi Wali Kota dan Wakil Walikota Medan periode 2021-2024. Saat ini, Bobby kembali menjagokan diri masuk ke bursa Pilkada Sumut mengincar kursi Gubernur Sumut.

Menjelang akhir masa jabatan Jokowil, Gibran Rakabuming Raka mendadak memutuskan untuk menjadi wakil presiden dari capres Prabowo Subianto beberapa waktu lalu, gebrakan demi gebrakan terus ditelurkan oleh keluarga Solo ini.

Pencalonan Gibran yang dinilai prematur dan mengacak-acak aturan seperti tidak digubris, karena sang paman, Anwar Usman, menduduki posisi penting di Mahkamah Konstitusi, lembaga yang notabene berwenang pada perkara pemilu dan semua peraturan yang melingkupinya.

Meski pada akhirnya Anwar Usman juga mendapatkan ganjaran setelah melalui proses panjang, toh dirinya tetap memiliki posisi yang kuat di lembaga tersebut

Tidak lama berselang dari huru-hara Gibran, Kaesang, anak Presiden Jokowi yang dahulu mengatakan tidak ingin masuk ke politik juga mengejutkan masyarakat RI. Ia mendadak bergabung dengan PSI, dan dalam hitungan hari diberikan mandat untuk menjadi Ketua Umum PSI. Beberapa waktu sebelumnya, Giring Ganesha menyebutkan bahwa partai ini harus kembali ke pemilik aslinya. Terasa seperti pesan subliminal yang diterjemahkan sebagai keluarga Solo.

Keluarga Presiden Jokowi. [TikTok]Keluarga Presiden Jokowi. [TikTok]

Pengangkatan Pejabat Berlanjut

Nama Bagaskara Ikhlasulla Arif kemudian mendadak mencuat diumumkan menempati posisi penting sebagai Manager Non-Government Relation PT Pertamina (Persero). Bagaskara sendiri merupakan keponakan dari Presiden Joko Widodo, yang sebelumnya pernah menduduki posisi penting di BRI, dan pernah pula berkarier di Pertamina.

Yang terbaru kemudian nama Joko Priyambodo mendapatkan jabatan sebagai seorang direktur di salah satu anak usaha Pertamina. Ia didapuk menjadi Direktur Pemasaran dan Operasi di PT Patra Logistik. Namun yang tidak banyak diketahui adalah dirinya telah menduduki jabatan ini sejak tanggal 20 Mei 2024 lalu.

Joko, tidak memiliki hubungan kekerabatan langsung dengan Presiden Jokowi. Ia merupakan suami dari keponakan Jokowi yang bernama Septiara Silvani Putri, yang adalah anak dari adik orang nomor satu di negeri ini.

Lepas dari apapun latar belakang dibalik keputusan pengangkatan orang-orang yang masih berhubungan dengan dirinya, Presiden Jokowi justru berhasil memberikan kesan buruk di akhir masa jabatannya ini. Isu politik dinasti yang santer diperbincangkan terus mendapat validasi dari berbagai sektor, dan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Itu tadi daftar panjang keluarga Jokowi yang dapat jabatan pemerintahan, BUMN, dan partai politik. Semoga berguna.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #daftar #panjang #keluarga #jokowi #yang #dapat #jabatan #pemerintahan #dari #mantu #sampai #keponakan #ipar

KOMENTAR