Beda Pendidikan Pandji Pragiwaksono vs Dua Host Total Politik, 'Ribut' Soal Dinasti Politik
Podcast Total Politik yang viral karena membahas soal politik dinasti sama Pandji Pragiwaksono [YouTube]
19:04
6 Juni 2024

Beda Pendidikan Pandji Pragiwaksono vs Dua Host Total Politik, 'Ribut' Soal Dinasti Politik

Podcast Total Politik dengan bintang tamu Panji Pragiwaksono berhasil menuai sorotan publik. Hal ini karena adanya perdebatan panas antara sang komika dengan 2 host, Arie Putra dan Budi Adiputro soal dinasti politik.

Panji Pragiwaksono menentang keras dinasti politik di Tanah Air. Sementara itu, Arie Putra dan Budi Adiputro justru mendukung terjadinya praktik tersebut. Arie Putra menyebut jika hal tersebut adalah hak setiap warga negara.

"Ini human right," kata Arie Putra. Sedangkan Budi Adiputro juga menyatakan hal senada,"Gua gak apa-apa".

"Gak apa-apa sebagai warga negara gak ada salah. Lu mau human right harus konsisten dong," sambung Arie Putra.

Baca Juga: Beda Pendidikan Arie Putra dan Budi Adiputro, 2 Host Total Politik 'Digoreng' Gegara Pro Dinasti Politik

Lantaran berbeda opini terkait dengan dinasti politik, pendidikan Pandji Pragiwaksono dan dua host Total Politik tersebut tak luput menjadi sorotan. Berikut adalah ringkasan informasinya.

Pendidikan Pandji Pragiwaksono

Dikenal sebagai salah satu komika ternama di Tanah Air, Pandji Pragiwaksono memiliki riwayat pendidikan yang cukup moncer. Ia diketahui pernah bersekolah di SMP Negeri 29 Jakarta dan SMA Kolese Gonzaga Jakarta.

Usai lulus dari bangku putih abu-abu, Pandji Pragiwaksono diterima berkuliah di Jurusan Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung (ITB). ITB sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi favorit di Bandung.

Ketika sedang mengenyam pendidikan di ITB, Pandji Pragiwaksono memulai kariernya di dunia hiburan dengan menjadi penyiar radio. Ia pernah menjadi penyiar Hard Rock FM Bandung pada 2001-2003.

Baca Juga: Riwayat Karier Budi Adiputro, Diskakmat Pandji Pragiwaksono Soal Dinasti Politik

Bertahun-tahun menjadi penyiar radio, Pandji Pragiwaksono mulai merambah ke dunia stand up comedy dan pembawa acara. Ia pernah menjadi host di acara Kena Deh, Hole in The Wall, Kok Bisa?, dan masih banyak lagi.

Pendidikan Arie Putra dan Budi Adiputro

Melansir dari Linkedln-nya, Arie Putra merupakan seorang alumi Jurusan Sosiologi, Universitas Indonesia (UI). Ia berkuliah di salah satu perguruan tinggi favorit ini selama 4 tahun, yaitu 2008-2012.

Satu tahun lulus dari bangku perkuliahan, Arie Putra berhasil menjabat sebagai manajer program di Demos Indonesia. Lalu pada 2015, Arie Putra pindah bekerja di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Lebih lanjut, saat ini Arie Putra bekerja sebagai co-founder sekaligus host di acara YouTube Total Politik, sama seperti Budi Adiputro. 

Berbeda dengan Arie Putra yang diketahui sebagai lulusan UI, tak dapat ditemukan informasi mengenai riwayat pendidikan Budi Adiputro. Hanya didapat informasi riwayat profesinya yang menjadi jurnalis di dua media besar.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #beda #pendidikan #pandji #pragiwaksono #host #total #politik #ribut #soal #dinasti #politik

KOMENTAR