Beda Pendidikan Bagaskara Ikhlasulla Arif vs Budi Djiwandono, Keponakan Jokowi dan Prabowo Sama-sama Jadi Sorotan
Kolase foto Bagaskara Ikhlasulla Arif keponakan Jokowi (Presiden Joko Widodo) dan Budi Djiwandono keponakan Prabowo Subianto. (Instagram/@bagaskaraia ; Suara.com/Bagaskara)
18:14
6 Juni 2024

Beda Pendidikan Bagaskara Ikhlasulla Arif vs Budi Djiwandono, Keponakan Jokowi dan Prabowo Sama-sama Jadi Sorotan

Kabar keponakan Presiden Joko Widodo menjadi manajer Pertamina tengah menuai sorotan. Adalah Bagaskara Ikhlasulla Arif yang belum lama ini dikabarkan menjabat sebagai Manager Non-Government Relation di PT Pertamina (Persero).

Kabar ini awalnya dibagikan sendiri oleh Bagaskara di akun LinkedIn-nya. “I’m happy to share that I’m starting a new position as Manager Non-Government Relation at PT Pertamina (Persero),” tulisnya, seperti dikutip pada Kamis (6/6/2024).

Namun berdasarkan penelusuran, status beserta akun LinkedIn Bagaskara kini tak lagi ditemukan. Meski begitu, jabatan baru yang diemban Bagaskara masih menjadi perbincangan publik, sampai membuatnya dibandingkan dengan Budisatrio Djiwandono.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Menhan Prabowo Subianto saat menjawab pertanyaan awak media di Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Jenderal Soedirman, Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024). (Suara.com/Novian)Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Menhan Prabowo Subianto saat menjawab pertanyaan awak media di Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Jenderal Soedirman, Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024). (Suara.com/Novian)

Budi Djiwandono merupakan keponakan Presiden Terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto, yang belum lama ini juga ramai diperbincangkan karena digadang-gadang akan mencalonkan diri di Pilgub DKI Jakarta.

Baca Juga: Keponakan Jokowi Jadi Manajer di Pertamina, Kantongi Gaji Fantastis Tiap Bulan, Berapa?

Lantas seperti apa perbandingan riwayat pendidikan keponakan Jokowi dan Prabowo ini?

Riwayat Pendidikan Bagaskara Ikhlasulla Arif

Bagaskara Ikhlasulla Arif (Foto Facebook Bagaskara)Bagaskara Ikhlasulla Arif (Foto Facebook Bagaskara)

Bagaskara Ikhlasulla Arif merupakan keponakan Presiden Jokowi dari adik bungsunya, yakni Titik Relawati yang menikah dengan Arif Budi Sulistyo.

Seperti kebanyakan keluarga besarnya, Bagaskara juga diriwayatkan menempuh pendidikan di Kota Solo. Bagaskara adalah lulusan SMA Negeri 4 Surakarta, yang kemudian melanjutkan ke S1 Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan lulus pada tahun 2016.

Setelah lulus, Bagaskara berkesempatan bekerja di sejumlah jabatan dan lembaga mentereng. Misalnya dengan menjadi Asisten Manajer di BRI periode November 2018 sampai Oktober 2021.

Baca Juga: Profil dan Pendidikan Bagaskara Ikhlasulla Arif, Keponakan Jokowi Kini Jadi Manajer Pertamina

Lalu pada November 2021, Bagaskara bekerja di Pertamina dengan menjadi Senior Expert Government Relation. Kemudian Bagaskara menempati posisi Manager Non-Government Relation di Pertamina mulai Maret 2024.

Riwayat Pendidikan Budi Djiwandono

Rekam jejak karier Budi Djiwandono (Instagram)Rekam jejak karier Budi Djiwandono (Instagram)

Gerardus Budisatrio Djiwandono adalah keponakan Prabowo Subianto dari kakak sulungnya, Biantiningsih Miderawati Djojohadikusumo yang menikah dengan Joseph Sudrajad Djiwandono.

Sebagai anak dari mantan Gubernur Bank Indonesia, Budi diriwayatkan bersekolah di sejumlah lembaga bergengsi seperti SD Santa Theresia dan SMP Pelita Harapan. Budi lalu melanjutkan sekolahnya ke Amerika Serikat, yakni di SMA Berkshire School.

Budi juga mendapatkan gelar sarjananya dari Clark University Amerika Serikat, yakni setelah menempuh studi S1 Government and International Relations. Berbekal ijazah tersebut, tak heran jika Budi bisa menduduki beberapa jabatan mentereng.

Beberapa di antaranya adalah Komisaris Utama PT Karunia Tidar Abadi, Direktur PT Kertas Nusantara, Direktur Utama PT Nusantara Pandu Energi, Komisaris PT Satrio Putra Tidar, dan Wakil Direktur Utama PT Nusantara Energy.

Setelah itu Budi terjun ke dunia politik dengan menjadi Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, yakni periode 2017-2019 dan 2019-2024. Di periode keduanya sebagai wakil rakyat, Budi didapuk menjadi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI. Sedangkan di Partai Gerindra, Budi juga menjabat sebagai Waketum.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #beda #pendidikan #bagaskara #ikhlasulla #arif #budi #djiwandono #keponakan #jokowi #prabowo #sama #sama #jadi #sorotan

KOMENTAR