Mengintip Harta Kekayaan Anita Jacoba Gah, Anggota Dewan Berani Semprot Nadiem Makarim
Anggota Komisi X DPR RI Anita Jacoba Gah yang marah hingga gebrak meja saat raker dengan Kemendikbud Ristek, Kamis (6/6/2024). [Komisi X DPR RI Channel]
16:14
6 Juni 2024

Mengintip Harta Kekayaan Anita Jacoba Gah, Anggota Dewan Berani Semprot Nadiem Makarim

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Demokrat Anita Jacoba Gah menuai sorotan usai berani mencecar Mendikbud Ristek RI Nadiem Makarim dalam rapat kerja yang digelar pada Rabu (5/6/2024).

Melansir dari video yang beredar di media sosial, Anita tampak mengkritisi permintaan tambahan anggaran dari Kemendikbud Ristek sebesar Rp25 triliun pada 2025 mendatang.

Politisi Partai Demokrat ini menyinggung perihal laporan penggunaan anggaran Kemendikbud Ristek di tingkat Dinas Pendidikan. Ia merasa jika anggaran tersebut dibagikan tak tepat sasaran.

"Tapi coba turun ke rakyat, turun ke penerima orang tua. Kalau enggak, lihat itu orang tua punya air mata, omong kosong. Nama ada, SK ada, uang nol!" ujar Anita.

Baca Juga: 5 Fakta Anita Jacoba Gah yang Gebrak Meja Saat Raker dengan Kemendikbud Ristek, Dua Kali Marahi Nadiem Makarim

Anita turut merekomendasikan agar ada pemeriksaan APBN dari Kemendikbud Ristek terhadap PIP, KIP, dana BOS yang diklaimnya tak sesuai sejak 2021-2023.

Ketika menerima cecaran tersebut, Nadiem Makarim beserta jajaran yang hadir di rapat tersebut tampak terdiam. Momen ini pun tak luput dari sorotan netizen di media sosial.

"Nadiem cuma lirik doang enggak berani lihat," komentar netizen.

"Kalau begini anggota DPR RI, negara kita pasti maju," timpal netizen.

"Perwakilan NTT ni bos," tambah netizen lainnya lagi.

Baca Juga: Pendidikan Mentereng Anita Jacoba Gah, Anggota DPR RI yang Semprot Nadiem Makarim

Anggota Komisi X DPR RI Anita Jacoba Gah mengkritik Menteri Nadiem Makarim. (tangkapan layar/ist)Anggota Komisi X DPR RI Anita Jacoba Gah mengkritik Menteri Nadiem Makarim. (tangkapan layar/ist)

Harta Kekayaan Anita Jacoba Gah

Anita Jacoba Gah terpantau hanya pernah melaporkan harta kekayaan ke LHKPN sebanyak empat kali, yaitu pada 21 Juli 2010, 16 Januari 2004, 31 Desember 2018, dan 31 Desember 2019.

Dalam laporan terakhir, yaitu pada 31 Desember 2019, politisi Partai Demokrat ini melaporkan total harta kekayaannya sebesar Rp358.000.000.

Ia hanya memiliki dua kendaraan bermotor, yaitu mobil Innova Venturer 2 Micro Tahun 2018 seharga Rp345.000.000 dan motor Yamaha 2 PV Tahun 2017 senilai Rp13.000.000.

Anita terpantau tak memiliki aset berupa tanah dan bangunan, harta bergerak lain, surat berharga, kas dan setara kas, harta lain, serta utang dalam laporannya di LHKPN.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #mengintip #harta #kekayaan #anita #jacoba #anggota #dewan #berani #semprot #nadiem #makarim

KOMENTAR