Prabowo Subianto Santap Mie Sagu, Kuliner Wajib saat Berkunjung ke Riau
Penampakan Mie Sagu yang disantap Prabowo. (Instagram)
19:54
17 Januari 2024

Prabowo Subianto Santap Mie Sagu, Kuliner Wajib saat Berkunjung ke Riau

Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto belum lama ini berkunjung ke Pekanbaru, Riau. Selama di sana ia tak melewatkan mencicipi beberapa kuliner khas Riau, salah satunya mie sagu.

Hal itu terlihat dari salah satu unggahan foto Instagram resmi Prabowo, terlihat penampakan seporsi mie sagu yang menggiurkan.

"Mie Sagu, Cucur Udang, Kue Lupis dan Kue Kemojo," tulis akun @prabowo pada caption, dikutip Rabu (17/1/2024).

Sebagai informasi, mie sagu merupakan salah satu makanan khas Riau, khususnya di daerah pesisir. Sesuai namanya, makanan tersebut terbuat dari bahan dasar berupa sagu yang banyak ditanam di wilayah Indonesia Timur.

Karakteristik mie satu ini jauh berbeda dangan mie yang dibuat menggunakan terigu. Perbedaannya terletak pada ukuran yang lebih besar serta warna yang lebih transparan.

Untuk teksturnya sendiri, mie sagu juga terkenal lebih kenyal daripada mie dari bahan terigu.

Di sisi lain, mie sagu juga terkenal lebih awet dan tahan disimpan daripada mie terigu meski tidak diberi tambahan bahan pengawet.

Hidangan mie sagu ini bergitu populer di Riau. Masyarakat bisa menyantapnya untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam. Mie sagu juga kerap menjadi hidangan utama di acara hajatan maupun acara resmi.

Mie sagu biasa diolah dengan dua penyajian, yakni goreng atau basah. Untuk mie sagu basah, masyarakat Melayu menyebutnya juga dengan mie sagu lecah.

Mie sagu akan disajikan dengan cabe merah, udang basah, ikan teri bilism tauge, sawi, dan, daun bawang serta dimasak dengan bumbu khas racikan Melayu. Untuk cita rasanya sendiri cenderung ke gurih ketimbang manis.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #prabowo #subianto #santap #sagu #kuliner #wajib #saat #berkunjung #riau

KOMENTAR