Riwayat Karier Thomas Djiwandono, Keponakan Prabowo Disorot Usai Ketemu Sri Mulyani
Thomas Djiwandono. [Tangkapan Layar Kompas TV]
10:09
1 Juni 2024

Riwayat Karier Thomas Djiwandono, Keponakan Prabowo Disorot Usai Ketemu Sri Mulyani

Anggota Bidang Keuangan Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran, Thomas Djiwandono disebut-sebut bakal menjadi Menteri Keuangan (Menkeu) di kabinet pamannya yang terpilih sebagai presiden baru.

Baru-baru ini, ia bersama timnya juga bertemu dengan Menkeu Sri Mulyani. Kabar dirinya yang bakal ditunjuk sebagai Menteri Keuangan lantas membuat rekam jejak Thomas juga ikut menuai sorotan.

Karier Thomas Djiwandono

Dari segi karier, Thomas Djiwandono mengawalinya sebagai wartawan magang di Majalah Tempo pada tahun 1993. Ia juga menjalani posisi serupa di Indonesia Business Weekly pada 1994. 

Baca Juga: Pendidikan Thomas Djiwandono: Keponakan Prabowo yang Ketemu Sri Mulyani, Calon Menkeu?

Selain itu, Thomas pun pernah bekerja sebagai analisis keuangan di Whetlock NatWest Securities, Hong Kong. Kariernya tersebut diketahui terus meningkat pada tahun 2006.

Sebab saat itu, sang paman, Hashim memintanya untuk membantu di perusahaan agrobisnis, Arsari Group. Di sana, ia pun menjabat Deputy CEO. Adapun kini, ia aktif di ranah politik.

Thomas saat ini menjadi Bendahara DPP Partai Gerindra dan sudah dijalaninya sejak 2014. Selain itu, ia juga merupakan Anggota Bidang Keuangan Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran.

Terkait profilnya, Thomas Djiwandono lahir pada 7 Mei 1972 atau kini berusia 52 tahun. Ia merupakan anak pertama dari pasangan Soedradjad Djiwandono dan Biantiningsih Miderawati.

Ayahnya merupakan mantan Gubernur Bank Indonesia yang kini mengajar di Nanyang Technological University, Singapura. Sementara ibunya, Bianti, adalah kakak kandung dari Prabowo.

Baca Juga: Riwayat Pendidikan Ernest Prakasa, Berani Skakmat Sri Mulyani Soal Kuliah Gratis

Dengan begitu, Thomas juga merupakan cicit R.M Margono Djojohadikusumo, pendiri Bank BNI 46. Di sisi lain, Thomas sudah menikah hingga dikaruniai tiga orang anak.

Soal pendidikan, Thomas Djiwandono pernah bersekolah di SMP Kanisius, Menteng, Jakarta. Kemudian, ia melanjutkan studinya itu ke luar negeri, tepatnya di Amerika Serikat (AS).

Thomas kuliah dengan bidang studi sejarah di Haverford Colloge, Pennsylvania. Lalu, ia mengambil program master di bidang International Relations and International Economics.

Program itu dijalani Thomas di Johns Hopkins University School of Advanced International Studies, Washington, AS. Setelahnya, ia baru memulai pekerjaan atau kariernya di dunia jurnalistik.

Tujuan Bertemu Menkeu

Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran mengatakan bahwa komunikasi intens dengan Sri Mulyani dan jajaran Kemenkeu sudah dilakukan selama dua bulan. Hal ini guna menyiapkan proses transisi pemerintahan.

“Ini kami sudah berhubungan secara intens (dengan Kemenkeu) mungkin dalam dua bulan terakhir dan ini adalah formalisasi dari proses tersebut,” kata Thomas Djiwandono, di kantor Kemenkeu, Jakarta, Jumat (31/5/2024).

Thomas yang diberikan amanat membidangi ekonomi dan keuangan dalam gugus itu menegaskan bahwa tim dan pemerintahan Prabowo-Gibran berhati-hati dalam berkomitmen mengikuti APBN.

“Kami di Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran berkomitmen untuk mengikuti segala siklus APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) yang sedang berlangsung dengan prinsip kehati-hatian,” kata dia.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #riwayat #karier #thomas #djiwandono #keponakan #prabowo #disorot #usai #ketemu #mulyani

KOMENTAR