Cepat Dilupakan Mantan Partai, Berapa Lama Bobby Nasution Berada di PDIP?
Profil Bobby Nasution [Instagram]
12:58
22 Mei 2024

Cepat Dilupakan Mantan Partai, Berapa Lama Bobby Nasution Berada di PDIP?

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, disindir PDIP usai bergabung dengan Partai Gerindra. Salah satu kadernya mengaku sudah lupa akan segala hal yang berkaitan dengan Bobby.

"Ah, itu urusan, urusan mereka. Enggak campur kita soal itu. Itu urusan dia lah. Kita sudah lupa juga soal itu," ujar politisi PDIP, Andreas Hugo Pareira kepada wartawan di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Bobby mendaftarkan diri sebagai kader Gerindra pada Senin (20/5/2024) dan langsung diterima. Hal itu kemudian memunculkan pertanyaan seperti berapa lama Bobby menjadi kader PDIP.

Berapa Lama Bobby di PDIP?

Bobby Nasution mulai mengajukan diri menjadi kader PDIP pada Maret 2020. Tepatnya setelah ia mengisi formulir pendaftaran di Kantor DPD PDI-P Sumatera Utara yang ada di Medan. 

Proses bergabungnya menantu Presiden Jokowi itu ditandai dengan pengumpulan berkas serta pemakaian atribut partai. Hal ini disaksikan oleh sejumlah pengurus DPD PDI-P Sumut. 

Tak lama setelah bergabung, PDIP pun mengusung Bobby sebagai calon wali kota Medan. Ia yang didampingi oleh Aulia Rahman maju dalam Pilkada Medan pada Agustus 2020 silam.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan turut disaksikan Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri. Bobby-Aulia pun resmi maju dalam kontestasi politik tersebut.

Mereka berhasil memenangkan Pilkada Medan 2020 usai mengalahkan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi. Adapun baik Bobby dan Aulia resmi memimpin Medan untuk periode 2021-2024.

Telah bersama PDIP selama hampir 4 tahun dan dibesarkan namanya melalui Pilkada Medan, Bobby malah berpaling. Sebab, dalam Pilpres 2024 kemarin, ia mendukung pasangan Prabowo-Gibran.

Akibat keputusan itu, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Medan resmi memecat Bobby sebagai kader partai. Surat pemecatan Wali Kota Medan ini dikeluarkan pada 10 November 2023.

Adapun surat tersebut diteken oleh Ketua DPC PDIP Kota Medan Hasyim dan Sekretaris Roby Barus. Bobby dianggap telah melanggar kode etik dengan mendukung paslon koalisi lain.

“Muhammad Bobby Afif Nasution telah terbukti melakukan pelanggaran Kode Etik dan Disiplin Anggota Partai dengan tidak mematuhi peraturan dan keputusan partai karena mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang diusung oleh partai politik lain," bunyi isi surat tersebut.

"Sehingga Sdr. Muhammad Bobby Afif Nasution tidak lagi memenuhi syarat sebagai anggota PDI Perjuangan," berikut bunyi lanjutannya.

Dengan kata lain, Bobby Nasution bergabung di PDIP sejak Maret 2020 sampai November 2023. Jika dihitung durasinya, ia diperkirakan sudah 3 tahun 9 bulan berada di partai politik tersebut.

Alasan Bobby Masuk Gerindra

Bobby Nasution mengungkap alasannya berlabuh ke Gerindra. Menurutnya, ada banyak masukan dan pembelajaran dari tokoh-tokoh partai tersebut yang bisa dipetik oleh dirinya sebagai politisi.

"Banyak masukan, pembelajaran dari tokoh-tokoh Gerindra, banyak yang menyampaikan bagaimana karakter seorang pemimpin itu sebagaimana yang diajarkan oleh Partai Gerindra itu sendiri," ujar Bobby di kantor DPD Gerindra Sumut, Senin (20/5/2024).

Bobby juga menilai visi misi Gerindra searah dengannya. Selain itu, dalam kesempatan tersebut, ia pun mengambil formulir pendaftaran bacalon Gubernur Sumatera Utara (Sumut) dari Gerindra.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #cepat #dilupakan #mantan #partai #berapa #lama #bobby #nasution #berada #pdip

KOMENTAR