Diprediksi Bakal Jadi Rival di Pilgub Sumut, Karier Politik Bobby Nasution Kebanting Ahok
Kolase foto Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Bobby Nasution. (Instagram/@basukibtp/@bobbynst)
18:05
21 Mei 2024

Diprediksi Bakal Jadi Rival di Pilgub Sumut, Karier Politik Bobby Nasution Kebanting Ahok

Bobby Nasution dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kini disebut-sebut akan bertarung memberebutkan kursi Gubernur Sumatera Utara pada Pilgub Sumut tahun ini.

Bobby tentu bakal perlu upaya ekstra untuk memperebutkan suara melawan Ahok. Sebab, karier Bobby Nasution sebagai seorang politisi terbilang kalah jauh dengan karier Ahok yang telah lama masuk ke politik.

Lantas, seperti apa karier masing-masing kandidat Gubernur Sumut tersebut?

Bobby Nasution: Pebisnis banting setir jadi politisi

Wali Kota Medan Bobby Nasution saat diwawancarai. [dok Pemkot Medan]Wali Kota Medan Bobby Nasution saat diwawancarai. [dok Pemkot Medan]

Sejatinya, Bobby Nasution berasal dari latar belakang di luar politik. Sebab, ia dahulunya merupakan seorang pebisnis yang bergerak di bidang pengembangan properti.

Bobby juga bukan merupakan lulusan ilmu politik, lantaran ia mengambil kuliah di Agrobisnis di Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB).

Setelah lulus kuliah, Bobby Nasution akhirnya bekerja sebagai pengembang properti seperti rumah yang sudah tak layak pakai dan ia sulap menjadi baru.

Ia kemudian menjual rumah-rumah tersebut. Kemudian, Bobby mulai mengembangkan proyek melalui Grup Takke.

Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini kemudian masuk ke partai yakni PDI Perjuangan dan bisa menang di Pemilihan Wali Kota Medan 2020.

Karier Politik Ahok Lebih Mentereng

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bersama Jokowi (Instagram)Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bersama Jokowi (Instagram)

Berbeda dengan Bobby, Ahok telah lama nyemplung ke dunia politik. Ia bahkan menjabat segudang posisi strategis di pemerintahan, yakni Bupati Belitung Timur pertama semenjak kabupaten tersebut dibentuk.

Ahok bahkan sempat berduet dengan Jokowi di Pilgub DKI Jakarta 2012 dan berhasil menang. Setelah Jokowi mengundurkan diri dan jadi Presiden RI, Ahok akhirnya 'naik kelas' menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Kendati demikian, Ahok harus kalah di hadapan Anies Baswedan pada Pilgub DKI Jakarta. Belum lagi, Ahok harus dibui lantaran kasus penistaan agama.

Semenjak keluar dari penjara, Ahok kembali berjaya dan didapuk menjadi Komisaris Utama PT Pertamina hingga akhirnya mengundurkan diri sebagai sikapnya yang mendukung Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #diprediksi #bakal #jadi #rival #pilgub #sumut #karier #politik #bobby #nasution #kebanting #ahok

KOMENTAR