5 Tips Desain Rumah Pertama untuk Keluarga Muda Agar Lebih Homey, Nyaman Banget!
Ilustrasi desain rumah keluarga muda. (Shutterstock)
13:28
18 Mei 2024

5 Tips Desain Rumah Pertama untuk Keluarga Muda Agar Lebih Homey, Nyaman Banget!

Bagi keluarga muda pasti memiliki desain rumah pertama impian. Hasilnya bermunculan berbagai ide dekorasi agar rumah lebih homey, apalagi nantinya akan hadir buah hati sehingga kenyamanan adalah hal utama.

Pengembang perumahan sekaligus Director of The Grand Kenjeran, Ivana Tantoyo mengingatkan saat memilih desain rumah baru, keluarga muda sebaiknya memperhatikan keterkaitan desain tiap ruangan dengan konsep rumah secara keseluruhan.

"Kita perlu menciptakan suasana yang homey agar hunian nyaman untuk ditempati. Terdapat banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam menata interior sebuah hunian, seperti fungsi, desain, serta keselarasan seluruh komponen terhadap konsep yang ingin diraih,” ujar Ivana melalui keterangan yang diterima suara.com, Sabtu (18/5/2024).

Ilustrasi desain rumah. (istockphoto)Ilustrasi desain rumah. (istockphoto)

Berikut ini 5 tips desain rumah baru agar homey untuk keluarga muda yang bisa diperlu diperhatikan:

1. Sebaiknya pakai ubin kayu agar sejuk

Musim panas yang terik di Indonesia membuat gerah dan tidak nyaman, baik saat beraktivitas di luar ruangan maupun di dalam rumah. Apalagi dengan cuaca panas yang belakangan sedang melanda nyaris di seluruh Indonesia.

Suhu ruangan yang panas dan pengap dapat mengganggu kualitas tidur, aktivitas, dan bahkan kesehatan. Oleh karena itu, penting bagi keluarga muda untuk mencari cara agar hunian tetap terasa sejuk dan nyaman, salah satunya dengan cara menggunakan ubin kayu pada lantai rumah.

Lantai kayu memiliki sifat tetap sejuk di cuaca yang panas, hal ini karena kayu merupakan isolator panas yang baik. Kayu dapat menyimpan kesejukan malam pada siang hari yang panas. Pastikan Anda menggunakan lantai yang terbuat dari 100 persen kayu asli agar lebih tahan lama.

"Selain itu, penggunaan ubin kayu juga dapat meningkatkan estetika dan memberi kesan hunian yang lebih natural,” ujar Direktur PT. Ubinkayu Indonesia, Kevin Sieto.

2. Cahaya tidak redup atau silau agar lebih rileks

Agar di rumah lebih rileks, pemilihan lampu di dalam ruangan jadi kunci utama. Ini karena lampu bukan hanya berfungsi sebagai penerang ruangan, tapi juga mampu membentuk suasana setiap ruangan.

Melalui pencahayaan yang tepat, hunian dapat menjadi lebih nyaman dan mengundang bagi kerabat yang berkunjung. Disarankan memilih lampu berwarna kuning yang akan memberikan kesan hangat dan nyaman, khususnya di dalam kamar. Lampu kuning sifatnya tidak menyilaukan pandangan, lampu tersebut bisa menciptakan sensasi rileks bagi penghuni.

"Anda dapat menerapkan berbagai teknik dalam menata penerangan di rumah, seperti
layered lighting dengan mengkombinasikan beberapa jenis penerangan seperti general lighting, indirect lighting, spot light, dan decorative light,” jelas General Manager Marketing in-Lite, Fransiska Darmawan.

3. Desain sofa harus nyaman dan estetik

Ruang tengah dipercaya sebagai jantungnya sebuah rumah. Ini karena ruangan tersebut tempat berkumpulnya anggota keluarga.Tak hanya itu, terkadang area ini juga sering digunakan untuk menyambut tamu, sehingga penting untuk menjaga keindahannya.

Ilustrasi Sofa Ruang Tamu (Foto: Pexels - Skitterphoto)Ilustrasi Sofa Ruang Tamu (Foto: Pexels - Skitterphoto)

Salah satu perabot ruang tengah yang perlu dipertimbangkan dengan masak yaitu sofa. Pemilihan sofa yang tepat menjadi hal penting dalam menciptakan suasana yang nyaman. Sofa harus memberikan desain yang indah tapi juga nyaman.

Sehingga perhatikan dengan seksama saat memilih sofa dari sisi kualitas bahan, ukuran dan bentuk sesuai ruangan. Pastikan juga desainnya timeless alias tak lekang oleh waktu.

4. Meja dapur harus efisien dan efektif

Sudah bukan hal aneh, dapur bisa mempengaruhi proses kenyamanan memasak. Sehingga dapur tak boleh luput dari perhatian saat merancang desain interior, area ini juga akan menambah semangat penghuni membuat makanan sehat.

Hal yang perlu sangat diperhatikan yaitu pemilihan countertop atau meja dapur alias mejatama berbentuk datar. Pastikan perabot ini dapat mendukung efisiensi dan efektivitas saat mempersiapkan hidangan.

Pastikan countertop harus menggunakan material tahan goresan dan mudah dibersihkan, seperti dekton. Selain itu, dekton juga memiliki banyak variasi motif dan warna yang dapat disesuaikan dengan gaya dan desain keseluruhan dapur.

5. Pilih karpet beri kesan elegan

Karpet memiliki kemampuan untuk memberikan sentuhan ajaib yang bisa memberi kesan yang
lebih elegan sekaligus homey pada hunian. Tak hanya memberikan kenyamanan fisik, karpet juga membawa sentuhan artistik sebagai titik fokus yang menarik perhatian.

Dengan begitu, karpet bukan hanya sekadar pelengkap, tapi juga langkah strategis untuk menambah karakter dan kenyamanan hunian. Pastikan memilih karpet yang sesuai dengan dekorasi atau perabot yang akan diletakan di atasnya.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #tips #desain #rumah #pertama #untuk #keluarga #muda #agar #lebih #homey #nyaman #banget

KOMENTAR