Ternyata Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental, Simak 6 Manfaat Jalan Kaki yang Sering Diabaikan Banyak Orang
Ilustrasi perempuan sedang berjalan-jalan di taman. (freepik/senivpetro)
11:58
18 Mei 2024

Ternyata Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental, Simak 6 Manfaat Jalan Kaki yang Sering Diabaikan Banyak Orang

 – Di era sekarang, banyak orang yang mengabaikan aktivitas jalan kaki padahal sebenarnya ada begitu banyak manfaat jalan kaki yang bisa meningkatkan kesehatan mental dan emosional.

Pada intinya, Anda bisa meningkatkan suasana hati Anda, tingkat energi, dan kepercayaan diri dengan merutinkan kegiatan jalan kaki.

Jalan kaki cepat adalah cara yang bagus untuk menjernihkan pikiran, menenangkan suasana hati dan membuat Anda tetap sehat. Terlihat sederhana memang namun siapa sangka efek jalan kaki bisa berperan penting untuk kesehatan mental.

Jalan kaki ini bisa berjalan-jalan di hutan, di pantai atau bertamasya di sekitar taman bisa membantu menjaga kesehatan fisik maupun mental.

Dilansir dari laman The Minds Journal, Sabtu (18/5), berikut manfaat jalan kaki yang perlu Anda kenali lebih dalam.

1. Meningkatkan suasana hati

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki membantu meningkatkan suasana hati dalam berbagai cara. Salah satunya latihan aerobik terbukti mampu mengurangi kecemasan dan depresi.

Hal ini disebabkan oleh peningkatan sirkulasi darah yang terjadi selama latihan aerobik. Peningkatan sirkulasi darah ini yang bisa membekali Anda dalam menangani stress.

2. Meningkatkan kreativitas

Sebuah penelitian menemukan bahwa kreativitas meningkat pada partisipan yang berjalan kaki dibandingkan dengan mereka yang tetap duduk.

Studi ini juga menemukan bahwa berjalan di luar ruangan lebih efektif dalam meningkatkan kreativitas dibandingkan berjalan di dalam ruangan menggunakan treadmill.

Hal ini dikaitkan dengan aktivitas berjalan kaki bisa membebaskan aliran ide. Sehingga, lain kali jika Anda ingin mendapati diri Anda berada dalam kebiasaan kreativitas maka keluarkan untuk berjalan-jalan sebentar.

3. Meningkatkan energi

Jalan kaki bisa membantu meningkatkan sirkulasi sehingga mendorong aliran oksigen ke seluruh tubuh lebih banyak. Peningkatan oksigen ini dapat menyebabkan peningkatan produksi hormon kortisol dan epinefrin.

Fakta menariknya, berjalan kaki dapat memberikan Anda dorongan yang terbukti lebih berenergi dibandingkan kafein dosis rendah.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Jalan kaki mungkin terasa lebih lambat jika dibandingkan dengan aktivitas seperti berlari namun ini merupakan pembakar kalori yang efektif. Jalan kaki secara teratur dapat membantu Anda menurunkan berat badan, menjadi bugar dan menambah kepercayaan diri.

Kepercayaan diri yang meningkat bisa berdampak baik untuk kesehatan mental Anda.

5. Mengembangkan peluang sosial

Jalan kaki tidak hanya membutuhkan diri  Anda sendiri namun bisa juga membantu Anda lebih terhubung dengan lingkungan sekitar baik dengan sekedar melihatnya lebih sering, bertemu orang baru atau bergabung.

Tentunya kontak sosial yang meningkat bisa membantu meningkatkan harga diri, suasana hati dan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur malam yang nyenyak adalah kunci untuk menjaga status kesehatan mental yang baik. Kurang tidur dapat menyebabkan kecemasan, depresi, lesu dan peningkatan iritabilitas.

Penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan kaki dapat membantu Anda meningkatkan kualitas tidur.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #ternyata #bisa #meningkatkan #kesehatan #mental #simak #manfaat #jalan #kaki #yang #sering #diabaikan #banyak #orang

KOMENTAR