Ini 7 Brand UMKM Unik Indonesia, Lagi 'Digodok' Pemerintah Agar Go Internasional
Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia atau AKI 2024 bikin UMKM go internasional. (Dok. Kemenparekraf)
11:49
18 Mei 2024

Ini 7 Brand UMKM Unik Indonesia, Lagi 'Digodok' Pemerintah Agar Go Internasional

Ajang Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia atau AKI 2024 yang diadakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) diyakini bisa membuat UMKM go internasional. Apalagi peserta fase bootcamp ini terdapat beberapa brand UMKM unik loh!

Bootcamp AKI 2024 sudah dimulai sejak 23 April 2024 lalu, dan sukses digelar di 8 kota yakni Bekasi, Serang, Denpasar, Magelang, Singkawang, Blitar, Palu dan Toba. Rencananya program akan diteruskan hingga ke 12 kota di Indonesia, sehingga berlanjut ke Tanjung Pinang, Ternate, Labuan Bajo dan Merauke.

Program yang berisi kegiatan pelatihan dengan materi seputar HAKI (Hak Kekayaan Intelektual), presentasi, mengelola bisnis keuangan, branding dan promosi digital, legalitas, hingga mentoring dari tokoh ternama. Di setiap kota Bootcamp ini akan berlangsung selama 3 hari berturut-turut, dan diprediksi selesai pada 30 Mei 2024.

Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia atau AKI 2024 bikin UMKM go internasional. (Dok. Kemenparekraf)Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia atau AKI 2024 bikin UMKM go internasional. (Dok. Kemenparekraf)

"Materi-materi di Bootcamp bagus, sangat relevan, aplikatif. Para mentor memberikan banyak tips dan trik, dan disampaikan dengan cara yang komunikatif,” ungkap Owner The Cold Crafters, Risa.

Owner UMKM jenama bakery, Rici Narita mengatakan manfaat program ini tidak hanya bisa memberikan pengalaman, tapi juga jejaring sesama brand Indonesia untuk bekerjasama di kemudian hari.

"Di sini saya tidak hanya ketemu teman-teman baru dari sekitar Kalimantan, tapi juga dari luar. Di AKI saya juga mendapat banyak materi baru yang saya belum tahu, seperti materi design thinking and business model yang disampaikan," papar RIci.

Nah, buat yang penasaran berikut ini 7 brand UMKM unik diyakini bisa go internasional sebagai peserta Bootcamp AKI 2024:

1. Balibell Jam

Jenama kuliner dari pulau Bali yang fokus memproduksi selai atau jam rumahan dengan bahan pemanis rendah gula dan bahan baku alami, sesuai untuk mereka yang sedang diet atau menganut pola hidup sehat.

2. Nu'Kieu

Memiliki nama brand yang cukup unik, jenama ini merupakan pengrajin dari Bogor yang diyakini sebagai pionir pembuat kerajinan berbahan baku bambu tanpa bahan pengawet dan kimia saat proses pembuatan sehingga ramah lingkungan. Beberapa produk handmade andalannya seperti mug, tumbler, cangkir, teko, dan lain-lain

3. Narita Bakes

Brand ini merupakan jenama bakery asal Kalimantan, yang membuat pembeli penasaran dengan olahan roti yang berasal dari pulau terluas di Indonesia. Jenama ini tidak menggunakan bahan kimia dan pengawet.

4. Hoshigoru Swimwear

Ini merupakan jenama baju renang asal Bali yang menggunakan bahan-bahan daur ulang dan less waste material, dengan desain yang multi ways. Sang Owner, William Hoshigoru punya pengalaman 7 tahun merancang baju renang di perusahaan Perancis.

Konsep jenama ini berpegang teguh pada prinsip baju renang tidak hanya modis, namun juga ramah lingkungan, sehingga jika sudah tidak terpakai bisa didaur ulang kembali.

5. ARF Racewear

Ini merupakan UMKM produsen sepatu balap dan hand gloves secara handmade. Saat ini ARF Racewear sudah rutin mengekspor produknya ke luar negeri seperti Malaysia, Brunei, USA, Italia dan negara Eropa lain.

6. The Cold Crafters

UMKM lokal ini merupakan produsen kopi cold brewery, yaitu kopi yang melalui proses penyeduhan menggunakan air dengan suhu ruangan atau air dingin. Brand FnB ini mengedepankan kreativitasnya saat proses pembuatan minuman yang tengah digandrungi kawula muda.

7. Cucicar

Ini merupakan jenama aplikasi untuk melayani pebisnis cuci dan salon mobil. Dengan aplikasi buatan anak bangsa ini, diyakini bisa membuka lapangan pekerjaan. Apalagi pengguna memungkinkan memanggil layanan cuci mobil ke rumah atau sebaliknya memesan slot di tempat pencucian mobil.

Adapun 7 brand UMKM unik ini merupakan bagian dari 410 jenama dari seluruh Indonesia yang lolos ke fase Bootcamp. Para peserta ini disaring dari 6.680 pendaftar yang terbagi dalam tujuh subsektor ekraf, yaitu kuliner, kriya, fesyen, aplikasi gi, musik dan film.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #brand #umkm #unik #indonesia #lagi #digodok #pemerintah #agar #internasional

KOMENTAR