Merasa Badmood? Ikuti 5 Cara Mudah Ini untuk Kembali Meningkatkan Semangat dengan Cepat
ilustrasi seseorang sedang badmood ketika bekerja./benzoix on freepik
14:30
14 Mei 2024

Merasa Badmood? Ikuti 5 Cara Mudah Ini untuk Kembali Meningkatkan Semangat dengan Cepat

 – Menghadapi kesibukan, tak jarang membuat mood turun-naik. Ketika dalam keadaan badmood, diperlukan cara agar mood segera naik dan bisa kembali produktif.

Melansir psychologytoday.com, ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk kembali meningkatkan suasana hati ketika tiba-tiba merasa badmood.

Beberapa cara untuk meningkatkan mood barangkali sudah biasa dilakukan. Di antara cara-cara berikut, Anda bisa melakukan yang paling nyaman dan mudah.

  1. Berbincang dengan Teman Satu CIrcle

Mencari teman bicara faktanya bisa menjaga suasana hati lebih seimbang. Hal ini juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan mood ketika sedang merasa turun.

Anda pasti punya teman atau kerabat dengan “frekuensi” yang sama. Lingkaran pertemanan tersebut adalah dukungan paling mudah yang bisa Anda cari ketika sedang badmood.

Jangan malu untuk memberi tahu bahwa Anda sedang membutuhkan mereka. Sekadar menyapa dan mendengarkan candaan ringan akan membantu menetralisir suasana hati.

Anda bisa bertemu, menelepon atau sekadar mengirim pesan. Lebih jauh, Anda bisa mengajak mereka untuk olahraga atau memasak bersama di akhir pekan.

  1. Ambil Waktu Istirahat

Adakalanya badmood datang karena beban pikiran yang terlalu berat. Cobalah untuk mengurangi tingkat stres Anda dengan beristirahat.

Sederhanakan hidup Anda dengan melakukan lebih sedikit pekerjaan atau bahkan hanya melakukan satu hal pada satu waktu.

Bagilah tugas-tugas besar menjadi yang lebih kecil dan tetapkan deadline yang realistis untuk dicapai.

Istirahat bukanlah sebuah kesalahan, bahkan sangat dibutuhkan untuk kesehatan fisik dan mental. Salah satunya agar suasana hati tetap tenang dan stabil.

Berikan waktu dan ruang yang Anda butuhkan untuk menjadi lebih baik. Seperti membaca buku, menonton film, menyiapkan camilan atau tidur.

  1. Menghirup Udara Luar

Badan kita membutuhkan udara segar, apalagi setelah seharian terkurung di dalam ruangan dengan AC dan setumpuk pekerjaan.

Menghirup udara segar sejenak di luar kantor ketika makan siang atau di area outdoor lainnya bisa membantu meningkatkan suasana hati ketika penat.

Selain itu, di akhir pekan Anda pun bisa melakukan beberapa latihan ringan seperti berjalan kaki 30 menit, berenang atau pergi ke pusat perbelanjaan.

  1. Hilangkan Pikiran Negatif

Anda bisa menulis semua hal positif tentang diri Anda dan hidup Anda. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui hal apa saja yang bisa membuat Anda seketika bahagia.

Setiap orang memiliki karakter masing-masing yang terkadang menyinggung perasaan. Namun, Anda harus segera menetralisir kondisi tersebut dengan menenangkan pikiran.

  1. Mencari Pemicu Bahagia

Beberapa orang akan kembali tenang dengan minum kopi atau coklat, menghirup aroma tertentu, memandang foto keluarga dan sebagainya.

Anda bisa meletakkan benda-benda sederhana di sekitar meja kerja untuk menjaga suasana hati tetap bahagia.

Menurut penelitian psikologi, cara ini efektif untuk seketika mengembalikan mood yang sedang turun.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #merasa #badmood #ikuti #cara #mudah #untuk #kembali #meningkatkan #semangat #dengan #cepat

KOMENTAR