Kenali 5 Gestur Tubuh yang Menandakan Seseorang Merasa Insecure, Apakah Anda Melakukannya?
Ilustrasi seseorang yang merasa insecure. (Freepik)
12:12
14 Mei 2024

Kenali 5 Gestur Tubuh yang Menandakan Seseorang Merasa Insecure, Apakah Anda Melakukannya?

- Tahukah Anda bahwa bahasa tubuh memainkan peran penting dalam menunjukkan kepercayaan diri? Diperkirakan 60-65 persen komunikasi interpersonal disampaikan melalui perilaku non verbal. Selain itu, bahasa tubuh seringkali memberi petunjuk tentang pikiran dan perasaan seseorang yang tidak terungkap lewat kata-kata.

Saat ingin memperlihatkan kepercayaan diri yang baik, sebaiknya hindari gestur yang membuat diri Anda terlihat insecure atau tidak percaya diri. Jika Anda menunjukkan gerakan-gerakan tersebut, orang yang melihat Anda akan berpikir bahwa Anda tidak dapat diandalkan.

Dilansir dari laman Medium.com, berikut adalah 6 gestur yang menunjukkan seseorang sedang merasa insecure:

Jari Tidak Bisa Diam

Pernahkah Anda memainkan pensil atau mencabuti kuku saat sedang berbicara? Tanpa disadari, meski terlihat sepele gestur tersebut menunjukkan rasa gugup Anda. Kebiasaan itu mungkin membuat Anda merasa tenang, tapi di mata lawan bicara, Anda akan terlihat insecure.

Cobalah gestur menjenjangkan tangan (hand steepling) dengan cara merapatkan jari-jari kedua tangan membentuk seperti atap tanpa telapak tangan yang selalu bersentuhan. Gestur ini membuat Anda tidak lagi memainkan jari dan memancarkan rasa kepercayaan diri.

Menghindari Kontak Mata

Tatapan mata sering diibaratkan sebagai jendela ke dalam jiwa seseorang. Melalui tatapan, kondisi emosi seseorang bisa terlihat. Oleh karena itu, tatapan mata yang terlalu intens dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman. Namun, kontak mata juga dinilai sebagai tanda orang yang percaya diri.

Supaya terlihat percaya diri, Anda bisa mempertahankan kontak mata ketika berbincang dengan lawan bicara. Tidak harus langsung mahir, Anda dapat memulai dengan langkah kecil yaitu melakukan kontak mata singkat selama beberapa detik. Setelah itu, perpanjang durasi kontak mata Anda secara bertahap.

Menyembunyikan Tangan di Dalam Saku

Menyembunyikan tangan di saku celana mungkin terasa nyaman, tapi tahukah Anda bahwa kebiasaan ini justru bisa membuat orang lain melihat Anda tidak percaya diri? Meskipun banyak orang melakukan gestur ini karena dianggap santai, memasukkan tangan ke dalam kantong celana adalah tanda ketidakpercayaan diri.

Jika sudah menjadi kebiasaan, Anda tetap bisa menyembunyikan tangan ke dalam saku dengan jempol yang terlihat. Gestur ini dipercaya sebagai tanda bahwa Anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Membungkuk

Semasa kecil, orang tua kita seringkali mengingatkan kita untuk duduk dengan tegak, tidak boleh bungkuk, karena bisa membentuk postur tubuh yang tidak bagus. Ternyata kebiasaan bungkuk tidak hanya soal penampilan, tapi juga mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Ohio State University pernah melakukan penelitian dengan hasil bahwa orang yang bungkuk cenderung tidak percaya diri dan memiliki pikiran negatif terhadap diri sendiri. Sebaliknya, orang-orang yang duduk dengan tegak mampu menilai diri mereka secara positif.

Merapatkan Kaki

Posisi kaki yang terlalu rapat ketika melakukan presentasi menunjukkan rasa ketidakpercayaan diri Anda. Namun, kaki yang dibuka terlalu lebar juga memberi kesan dominan yang kurang bagus. Lantas, bagaimana posisi kaki yang baik dan memperlihatkan rasa percaya diri tinggi?

Seorang pakar komunikasi bisnis bernama Barbara Patcher menyarankan tips cara berdiri yang baik, yaitu kaki dan bahu berjarak sejajar, berat badan rata di kedua kaki, bahu sedikit ditarik ke belakang, dan badan menghadap ke arah audiens.

Perlu latihan agar semua gestur atau kebiasaan yang telah disebutkan sebelumnya menghilang. Tetap pelajari bahasa tubuh lain yang baik dan menunjukkan rasa kepercayaan diri tinggi.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #kenali #gestur #tubuh #yang #menandakan #seseorang #merasa #insecure #apakah #anda #melakukannya

KOMENTAR