Jomplang, Beda Harta Kekayaan Sri Mulyani vs Risma: Duo Calon Gubernur DKI Jakarta versi PDIP
Kolase Sri Mulyani dan Tri Rismaharini [Suara.com/Alfian Winanto]
13:33
9 Mei 2024

Jomplang, Beda Harta Kekayaan Sri Mulyani vs Risma: Duo Calon Gubernur DKI Jakarta versi PDIP

Nama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Sosial Tri Rismaharini masuk dalam radar PDI Perjuangan sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta di Pilkada mendatang.

Baik Menkeu Sri Mulyani dan Mensos Risma bersanding dengan dua nama lainnya yang juga digadang-gadang oleh PDIP untuk jadi calon gubernur DKI, yakni Mantan Panglima TNI Andika Perkasa dan Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Adi Wijaya.

Bakal calon Gubernur DKI dari PDIP itu akan disaring dan ditentukan usai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DPP PDIP, akhir Mei mendatang. Namun di antara empat nama tersebut, sosok Sri Mulyani dan Tri Rismaharini cukup mendapatkan perhatian publik.

Tak sedikit warganet yang penasaran dengan rekam jejak keduanya, termasuk harta kekayaan yang dimiliki. Siapakah yang paling tajir diantara keduanya? Simak ulasannya berikut ini.

Harta kekayaan Tri Rismaharini

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini.[Instagram]Menteri Sosial RI Tri Rismaharini.[Instagram]

Tri Rismaharini, atau akrab disapa Risma, sudah cukup lama menjadi birokrat. Sebelum jadi Menteri Sosial, ia pernah menduduki sejumlah jabatan di pemerintah kota Surabaya

Di antaranya Kepala Bagian Bina Pembangunan pada 2002, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya dan Kepala Badan Perencanaan Kota Surabaya (Bappeko) hingga 2010.

Risma juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Surabaya dua periode, hingga akhirnya ia berlanuh di Kementerian Sosial.

Terkait harta kekayaan, menurut LHKPN periodik 2022 di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Risma memiliki harta kekayaan sebesar Rp16.784.262.128 atau Rp16,7 miliar.

Sebagian besar harta kekayaannya berupa tanah dan bangunan di wilayah Kota Surabaya yang nilainya mencapai Rp13.212.910.000. Selain itu, Risma juga memiliki harta kekayaan berupa alat transportasi dan mesin senilai Rp1,4 miliar.

Adapun alat transportasi dan mesin yang dimiliki Risma yakni sebuah mobil Mitsubishi Pajero SPR 2 4L Dakar Tahun 2017 senilai Rp400 juta.

Lalu Sepeda Brompton seharga Rp20 juta, mobil Mitsubishi Pajero Sport 2.4L/Jeep tahun 2022, seharga Rp585 juta. Dan terakhir mobil Toyota Fortuner 2.4 VRZ 4X2 AT/Jeep Tahun 2021 senilai Rp285 juta.

Risma juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp160 juta, kas dan setara kas sebesar Rp2,5 juta. Jika dijumlahkan maka nilainya mencapai Rp17 miliar. Namun Risma juga memiliki utang sebesar Rp599 juta.

Maka jika dikurangi utang, jumlah kekayaan Risma Rp16,7 miliar.

Harta kekayaan Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan komitmen Indonesia meningkatkan kepatuhan, transparansi, dan efektivitas dalam memerangi kejahatan keuangan saat Financial Action Task Force (FATF) Ministerial Meeting.Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan komitmen Indonesia meningkatkan kepatuhan, transparansi, dan efektivitas dalam memerangi kejahatan keuangan saat Financial Action Task Force (FATF) Ministerial Meeting.

Berdasarkan data di LHKPN 2022, harta kekayaan Menkeu Sri Mulyani Indrawati totalnya mencapai Rp58,04 miliar.

Sama seperti Risma, sebagian besar harta kekayaan Sri Mulyani juga berupa tanah dan bangunan di kawasan Kabupaten/Kota Tangerang dan Jakarta yang nilainya mencapai Rp45,81 miliar.

Sosoknya juga memiliki harta berupa alat transportasi dan mesin senilai Rp145 juta. Kemudian ada harta bergerak lainnya senilai Rp446,52 juta.

Ditambah harta berupa surat berharga senilai Rp12,72 miliar. Dan terakhir kas dan setara kas senilai Rp8,14 miliar.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #jomplang #beda #harta #kekayaan #mulyani #risma #calon #gubernur #jakarta #versi #pdip

KOMENTAR