6 Cara Sederhana Menjadi Orang Lebih Disiplin dalam 30 Hari
Ilustrasi perempuan sedang mendengarkan podcast inspiratif dan mencatatnya di buku sebagai salah satu cara meningkatkan kedisiplinan (freepik)
10:20
7 Mei 2024

6 Cara Sederhana Menjadi Orang Lebih Disiplin dalam 30 Hari

– Kedisiplinan merupakan kunci kesuksesan hidup. Namun banyak orang yang punya mimpi besar justru menyepelekan hal ini.

Serasa mustahil jika ingin memiliki kesuksesan tinggi namun memiliki kebiasan sehari-hari tidak produktif dan penuh dengan kemalasan. Apakah Anda selalu merasa malas dan tidak bertanggung jawab bahkan tertinggal dalam hidup?

Anda jangan insecure apalagi patah semangat, masih ada waktu untuk mengubah dan memperbaiki hidup Anda salah satunya dengan membiasakan hidup lebih disiplin.

Dilansir dari laman Idea Pod, Selasa (7/5), berikut cara sederhana menjadi orang yang lebih disiplin dalam 30 hari menurut psikologi yang bisa Anda terapkan mulai sekarang.

  1. Bangun pada waktu yang sama setiap hari

Banyak ahli yang mengatakan bahwa bangun pagi dapat berdampak besar pada produktivitas. Karena bangun pagi membuat kita merasa lebih disiplin yang kemudian kita termotivasi untuk lebih disiplin lagi.

Seorang guru mindfulness Samantha Snowden dalam artikel Fortune mengatakan bahwa bangun lebih awal dapat meningkatkan rasa percaya diri karena dapat terasa seperti sebuah pencapaian. 

Hal ini diperkuat dengan penjelasan dari psikiater Dr. Nikole Benders Hadi tentang efek dari bangun terlambat. Bangun terlambat seperti selalu merasa tertinggal yang tidak membantu seseorang termotivasi untuk melakukan hal yang lebih baik.

  1. Menatap papan visi Anda beberapa menit setelah bangun tidur

Seorang penulis Dopamine Nation, Anna Lembke mengungkapkan bahwa disiplin diri dapat dikembangkan dengan memperkuat hubungan antara prefrontal cortex dan jalur penghargaan otak. 

Artinya untuk mencapai hal itu, Lembke merekomendasikan untuk membayangkan seperti apa hidup Anda 10 tahun ke depan.

Hal ini secara tidak sadar membuat Anda memprioritaskan rencana jangka panjang daripada kepuasan instan.

  1. Menambah kebiasaan Anda

Jika Anda ingin suatu kebiasaan bertahan, Anda bisa mencoba menambahkannya ke kebiasaan Anda yang sudah ada sebelumnya.

Misalnya Anda ingin membaca 15 menit setiap hari. Anda perlu melakukannya bersamaan dengan kebiasaan Anda yang lain.

Anda bisa menambahkan kegiatan membaca tersebut di malam hari antara membersihkan gigi dengan membuat daftar tugas. Sehingga tidak merasa terbebani.

  1. Mengganti kebiasaan dengan yang lebih baik

Cara lain agar Anda bisa lebih disiplin adalah Anda perlu mengganti kebiasaan yang kurang baik menjadi yang lebih baik.

Misalnya jika Anda ingin berhenti minum soda, Anda bisa menggantinya dengan jus buah terlebih dahulu baru es teh yang bebas gula.

Contoh lain, jika Anda ingin berhenti menelusuri media sosial di malam hari, Anda tidak perlu melepaskan ponsel Anda. Anda cukup mengganti Instagram dengan situs-situs pendidikan.

Hal ini akan membuat Anda lebih disiplin tanpa merasa dirugikan. Anda pun juga tidak merasa kekurangan sehingga Anda mampu mempertahankan dan membangun kebiasaan yang baru.

  1. Menemukan teman yang bertanggung jawab

Menurut psikologi, akuntabilitas berperan besar dalam membangun disiplin diri.

Artinya jika Anda memiliki janji akuntabilitas khusus dengan orang yang Anda berikan komitmen, Anda akan meningkatkan peluang keberhasilan hingga 95%.

  1. Membaca tentang kesuksesan dan disiplin

Cara terakhir yang mampu mendorong Anda agar jauh lebih disiplin selama 30 hari yaitu menyibukkan diri dengan kegiatan positif.

Misalnya membaca buku tentang kedisiplinan atau mendengarkan podcast tentang kebiasan yang bisa mendongkrak dan memotivasi Anda agar bisa lebih disiplin dari hari sebelumnya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #cara #sederhana #menjadi #orang #lebih #disiplin #dalam #hari

KOMENTAR