Bukan Dry Food, Berikut Makanan yang Baik Diberikan untuk Kucing
Ilustrasi kucing peliharaan (Pexels/Julian de Wet )
21:24
16 Januari 2024

Bukan Dry Food, Berikut Makanan yang Baik Diberikan untuk Kucing

Para penggemar atau pemelihara kucing kini memang lebih dimudahkan dalam memberi makan, karena makin banyak makanan kucing dalam kemasan yang dijual.

 

Toko yang menjual makanan kucing juga kini lebih mudah ditemukan sehingga paa pemelihara kucing tidak perlu bingung lagi. Namun, harga makanan kucing juga tidak selalu murah. Selain itu, makanan kucing berjenis dry food tak selalu baik untuk anabul.

Dilansir dari laman Be Chewy, berikut ini adalah bahan makanan yang baik diberikan kepada kucing peliharaan Anda.

 

  1. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung protein dan asam lemak omega-3, sehingga bisa menjadi makanan lezat dan menyehatkan bagi kucing. Namun menurut Direktur Medis Pusat Pengendalian Racun Hewan dari ASPCA, dr. Tina Wismer, sebaiknya berikan salmon matang kepada kucing.

 

  1. Bayam

Meskipun kucing pada dasarnya merupakan karnivora, namun bayam bisa juga menjadi makanan alternatif bagi kucing. Tanaman tersebut juga menjadi bahan campuran pada beberapa makanan kucing komersial. Bayam mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, C, dan K, serta zat besi.

Namun, dr. Wismer juga memberi peringatan. "Jika kucing anda memiliki riwayat gangguan batu kandung kemih, sebaiknya hindari memberikan bayam," ujar dr. Wismer.

 

  1. Blewah

Blewah ternyata juga bisa diberikan kepada kucing. Buah ini mengandung antioksidan yang tinggi dan juga beta-karoten, sehingga aman untuk kucing.

 

  1. Telur

Telur merupakan sumber protein dan vitamin B, sehingga baik dimakan oleh kucing. Namun dr. Wismer mewanti-wanti agar telur tersebut harus dimasak dahulu sebelum diberikan kepada hewan menggemaskan ini.

 

  1. Ayam

Pada dasarnya, kucing adalah karnivora obligat (membutuhkan banyak makanan yang mengandung daging). Maka dari itu, daging ayam bisa menjadi pilihan.

 

Menurut dokter hewan pemenang penghargaan Emmy, dr. Jeff Werber, ayam bisa menjadi pilihan untuk makanan kucing asalkan dimasak terlebih dahulu. "Dengan begitu, maka daging ayam bisa menjadi sumber protein tanpa lemak yang baik bagi kucing," ungkap dr. Webber.

 

  1. Oatmeal

Sebagai sumber energi dan vitamin B bagi hewan peliharaan, oatmeal juga baik untuk kucing, bahkan juga terkandung di beberapa makanan kucing komersial. Namun tidak semua kucing menyukainya. Maka dari itu, perkenalkan oatmeal secara perlahan dan secara bertahap dicampurkan dengan makanan kucing sehari-hari.

 

Nah, tadi adalah enam makanan yang baik dimakan oleh kucing. Dengan begitu, para penggemar dan pemelihara kucing tidak melulu harus membeli makanan khusus kucing, namun bisa mendapatkannya dari dapur sendiri. (*)

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #bukan #food #berikut #makanan #yang #baik #diberikan #untuk #kucing

KOMENTAR