Emak-emak Mengemis dan Marah-marah Diamankan Satpol PP, Ingat Lagi Pesan Buya Yahya Soal Sedekah ke Pengemis Palsu
Ibu-ibu pengemis pemarah (kanan) yang tengah viral di media sosial. [Tangkap Layar]
12:49
29 April 2024

Emak-emak Mengemis dan Marah-marah Diamankan Satpol PP, Ingat Lagi Pesan Buya Yahya Soal Sedekah ke Pengemis Palsu

Viral di media sosial sosok emak-emak yang mengemis dan mengamuk jika tidak diberi, akhirnya diamankan oleh Satpol PP Kota Bogor. Emak-emak pengemis tersebut membuat resah karena kerap mengamuk dan marah-marah di perkampungan warga.

"Seorang ibu yang sempat viral karena berkeliaran meminta minta dengan marah2 dan sempat berseliweran di beberapa kota di jawa barat, di amankan oleh petugas Satpol PP Kota Bogor, saat ini yang bersangkutan, di amankan di Dinas Sosial, sedang proses Assessment. Rencana selanjutnya akan di bawa ke Rumah Sakit Ketergantungan Jiwa Marzuki Mahdi Kota Bogor," tulis keterangan dari Instagram Satpol PP Kota Bogor, dikutip Senin (29/4/2024).

Sosok emak-emak viral beberapa pekan ke belakang, karena berpindah-pindah tempat dari Ciledug, Tangeral, Tangerang Selatan, hingga Sukabumi dan Cianjur.

Ditangkapnya emak-emak ini memancing diskusi tentang pengemis palsu. Jika bertemu, sebaiknya diberikan sedekah atau tidak ya? Topik ini rupanya pernah menjadi bagian dari ceramah ulama Buya Yahya, yang mengatakan jika bertemu pengemis palsu, boleh tidak memberikannya sedekah.

"Jika Anda bertemu pememinta-minta, kemudian dalam hati Anda terlintas nih kayaknya bukan peminta sesungguhnya, atau mungkin digunakan untuk yang tidak baik, atau Anda sudah tahu ini kemarin minta bukan dipakai yang bener, apa yang Anda lakukan? Anda boleh tidak ngasih dia tapi wajib memberi kepada yang lain yang membutuhkan," urai Buya Yahya, dikutip dari Youtube Al Bahjah TV.

Buya Yahya menjelaskan ketika bertemu dengan pengemis palsu, Anda perlu bertanya kepada diri sendiri, berapa sedekah yang akan Anda berikan. Setelahnya jumlah uang sedekah sebesar itu sebaiknya diberikan kepada fakir miskin lain yang membutuhkan.

"Jadi berapa yang ingin Anda kasih, misalnya Rp 10.000, maka jangan dikasih ke dia (pengemis palsu). Kasihkan kepada fakir miskin lainnya yang Anda tahu bahwa dia benar dan membutuhkan," paparnya lagi.

Jangan sampai adanya pengemis palsu membuat Anda menjadi orang yang pelit dan kikir serta anti bersedekah. Sebab menurut Buya Yahya, bisikan setan akan membuat seseorang enggan mengeluarkan rezekinya di jalan Allah.

"Anda jangan sampai masuk wilayah kebakhilan, kekikiran, kadang alasannya ini paling bohong, wah ini bisikan setan. Akhirnya Anda jadi orang pelit. Makanya jangan dikasihkan kepada orang yang Anda duga tidak benar, tapi jangan Anda tidak memberi, tetap keluarkan kepada fakir miskin lainnya," tutupnya.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #emak #emak #mengemis #marah #marah #diamankan #satpol #ingat #lagi #pesan #buya #yahya #soal #sedekah #pengemis #palsu

KOMENTAR