Merasa Terbantu, Habib Ja'far Heran Warung Madura Dilarang Buka 24 Jam: Harusnya sih...
Habib Jafar safari ke warung madura 24 jam. (YouTube/ Jeda Nulis)
13:53
28 April 2024

Merasa Terbantu, Habib Ja'far Heran Warung Madura Dilarang Buka 24 Jam: Harusnya sih...

Anekdot soal Warung Madura yang siap sedia selama 24 jam memang kerap meramaikan media sosial. Salah satunya tentang selorohan warung Madura akan tetap buka setengah hari saat kiamat.

Kocaknya, isu ini sempat disinggung langsung oleh Habib Ja’far di unggahan Instagram Reels-nya. “(Buka) 24 jam, berarti tutup kalau kiamat?” tanya sang pendakwah kepada pemilik warung Madura, dikutip pada Minggu (28/4/2024).

“Iya, kalau hari kiamat tetap buka (tapi) setengah hari,” balas sang pemilik warung yang sontak membuat Habib Ja’far tergelak.


Di kesempatan yang sama, Habib Ja’far juga menanyakan alasan pemilik warung tetap nekat membuka usaha meski bersaing dengan waralaba minimarket yang juga ada di setiap sudut daerah.

“Rezekinya semut tidak akan dimakan gajah, rezekinya gajah tidak akan dimakan semut,” kata pemilik warung yang langsung diacungi jempol oleh Habib Ja’far.

Bagi Habib Ja’far yang juga keturunan Madura, keberadaan warung-warung kelontong yang buka 24 jam seperti ini sangat membantunya. Karena itulah, Habib Ja’far dibuat heran dengan munculnya rumor warung Madura dilarang buka selama 24 jam yang diduga akibat persaingan dengan minimarket.

Saya sangat terbantu dengan Warung Madura 24 jam,” tutur Habib Ja’far di kolom caption. “Harusnya sih (peraturan) berpihak pada UMKM kayak Warung Madura sih.

Potret Habib Jafar. (Instagram/ husein_hadar)Potret Habib Jafar. (Instagram/ husein_hadar)


Cuma tak apa kalau mau diatur, tapi sebenar-benarnya diatur dalam seluruh aspek yang memberikan rasa adil bagi Warung Madura. Jangan aspek yang menguntungkan Warung Madura ‘diatur’, eh giliran aspek yang menguntungkan minimarket dan merugikan Warung Madura dibiarkan,” sentilnya lebih lanjut.

Unggahan ini tampak dibanjiri komentar menyetujui keresahan Habib Ja’far. Rupanya tidak sedikit yang ikut merasa terbantu dengan kehadiran warung Madura yang kebanyakan memang buka 24 jam.

Menyalah habibku!” komentar warganet.

Gila bib warung madura ini, warung tetap buka walaupun yang punyanya tidur, ga khawatir ada yang nyolong dsb,” ujar warganet lain.

Terbantu bangeettt. Selain bisa beli air mineral kapan aja, bikin ibuku merasa aman kalau harus ke pasar jam 3 pagi. Please lah jangan ditertibin gitu, kan nggak mengganggu,” timpal yang lainnya.

Ilustrasi Warung Madura/[dok Humas Kemenkop].Ilustrasi Warung Madura/[dok Humas Kemenkop].


Di sisi lain, Kemenkop UKM sudah memastikan bahwa pihaknya tidak melarang warung Madura untuk buka selama 24 jam. Sedangkan terkait Peraturan Daerah Kabupaten Klungkung Nomor 13 Tahun 2018 yang viral tersebut tidak secara spesifik melarang warung Madura beroperasi tanpa henti.

"Dalam Perda tersebut, pengaturan jam operasional justru berlaku bagi pelaku usaha ritel modern, minimarket, hypermarket, department store, serta supermarket, dengan batasan jam operasional tertentu," ujar Sekretaris Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #merasa #terbantu #habib #jafar #heran #warung #madura #dilarang #buka #harusnya

KOMENTAR