Kronologi Justin Hubner Harus Ulang Tendangan Penalti sampai Nangis, Kok Bisa?
Potret Justin Hubner (Instagram/@justinhubner5)
16:04
26 April 2024

Kronologi Justin Hubner Harus Ulang Tendangan Penalti sampai Nangis, Kok Bisa?

Sejumlah momen dramatis terjadi dalam pertandingan Indonesia melawan Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U23. Meski begitu, pada akhirnya Indonesia berhasil melibas Korsel dan lolos ke babak semifinal.

Salah satu yang menuai sorotan adalah momen tendangan penalti Justin Hubner yang sempat diulang. Sebab dalam kesempatan itu, Justin Hubner sempat terlihat menitikkan air mata sebelum berhasil menjebol gawang Baek Jong-beom.

Menangis sambil Penalti, baru ini terjadi. Puncak Drama! Asa itu sempat mati suri, tapi hidup kembali,” tulis akun X @siaranbolalive, dikutip pada Jumat (26/4/2024).

Lantas apa yang sebenarnya terjadi hingga Justin Hubner harus mengulangi tendangan penaltinya?

Kronologi Penalti Ulang Justin Hubner

Justin Hubner didapuk menjadi eksekutor kelima dari Indonesia. Tugasnya boleh dibilang berat, sebab penendang kelima dari Korea Selatan, Byun Joon-soo berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik.

Justin Hubner lalu memutuskan untuk menendang bolanya ke arah kiri, tetapi tembakan itu berhasil ditepis oleh kiper Baek Jong-beom. Justin Hubner yang terpukul pun sampai menangis, sementara Baek Jong-beom dan tim merayakan keberhasilan mereka.

Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner saat melawan Yordania di Piala Asia U-23 (pssi.org)Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner saat melawan Yordania di Piala Asia U-23 (pssi.org)

Namun wasit Shaun Evans ternyata punya pendapat berbeda. Setelah berkomunikasi dengan wasit VAR, Shaun Evans memutuskan bahwa penalti Justin Hubner harus diulang karena terjadi pelanggaran.

Baek Jong-beom yang sudah berhasil menepis tendangan Justin Hubner rupanya melakukan pelanggaran saat menghalau bola. Dua kaki Baek Jong-beom terbukti tidak menginjak garis gawang saat dia melompat untuk menepis bola yang datang.

Hal ini melanggar peraturan di IFAB Law 14, yang berbunyi, “Ketika bola ditendang, setidaknya satu kaki kiper harus menyentuh atau berada di belakang garis gawang. Bila pemain tim bertahan (termasuk penjaga gawang) melakukan pelanggaran dan penalti gagal atau bisa diselamatkan, maka penalti diulang.”

Selebrasi para pemain timnas U-23. Tiktok (@garudaupdates)Selebrasi para pemain timnas U-23. Tiktok (@garudaupdates)

Pelanggaran yang dikonfirmasi wasit Shaun Evans ke wasit VAR itulah yang menjadi alasan Justin Hubner diperbolehkan mengulangi penaltinya. Kali ini Justin Hubner berhasil menunaikan tugasnya, sekalipun kiper Baek Jong-beom sebenarnya sempat membaca arah tendangan pemain Indonesia.

Asa itu sempat mati suri, tapi hidup kembali,” tutur akun X @siaranbolalive, yang tampak diamini oleh banyak warganet. Beramai-ramai mereka memuji kekuatan mental Justin Hubner.

Di sisi lain, Indonesia berhasil meraih kemenangan setelah drama adu penalti yang berlangsung panjang. Kiper Ernando Ari berhasil menghalau tendangan Lee Kang-hee, kemudian Pratama Arhan sukses menjebol gawang Baek Jong-beom.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #kronologi #justin #hubner #harus #ulang #tendangan #penalti #sampai #nangis #bisa

KOMENTAR