5 Faktor yang Bisa Bikin Seseorang Terjerumus Narkoba: Chandrika Chika Akibat Pengaruh Pertemanan
Chandrika Chika (Ig/chndrika_)
16:25
25 April 2024

5 Faktor yang Bisa Bikin Seseorang Terjerumus Narkoba: Chandrika Chika Akibat Pengaruh Pertemanan

Kasus Chandrika Chika yang terjerumus narkoba baru-baru ini kembali menjadi sorotan publik. Tak hanya sendiri, ia ditangkap bersama kelima rekannya.  

Menanggapi kabar tersebut, sang ayah mengaku merasa kecolongan dengan pergaulan anaknya yang sampai menyebabkannya menggunakan barang terlarang.

"Iya lah (kecolongan), namanya anak kita percaya. Terus, kelepasan bergaul. Nggak menyangka," ujar Ayah Chandrika Chika.

Berkaca pada kasus Chandrika Chika, lingkungan pertemanan memang menjadi salah satu faktor yang menjerumuskan seseorang menjadi pengguna narkoba. 

Selengkapnya, ini 5 faktor yang berpotensi membuat seseorang menjadi pengguna narkoba, dikutip dari laman Badan Narkotika Nasional (BNN).

1. Keluarga yang tidak harmonis

Keluarga yang tidak harmonis menjadi salah satu faktor seseorang memilih menggunakan narkoba. Biasanya, masalah keluarga yang dialami membuat orang tersebut menjadi tertekan. Selain itu, orang tersebut juga merasa sulit mengekspresikan diri dalam keluarga sehingga memilih menggunakan narkoba sebagai pelampiasannya.

2. Alami depresi dan gangguan kecemasan

Faktor lain yang membuat seseorang memutuskan untuk menggunakan narkoba adalah depresi dan gangguan kecemasan. Depresi maupun kecemasan akan membuat seseorang mengalami emosional yang tidak stabil.  Akibatnya, pikirannya menjurus ke hal-hal negatif, termasuk menggunakan narkoba.

3. Rasa percaya diri yang menurun

Alasan lain seseorang putuskan untuk menggunakan narkoba adalah rasa percaya diri yang rendah. Biasanya, rasa percaya diri ini terjadi karena adanya peristiwa traumatis yang dialaminya seperti dikucilkan, alami pelecehan seksual, kehilangan orang tersayang, dan lain-lain. Akibat dari hal tersebut, mereka mudah terjerumus ke hal-hal negatif seperti narkoba.

4. Sulit beradaptasi

Kesulitan beradaptasi bisa membuat seseorang memakai narkoba. Hal ini karena mereka merasa kesepian dan menyendiri. Akibatnya, muncul dorongan untuk menggunakan narkoba.

5. Pengaruh pertemanan 

Rasa ingin diterima dan diakui oleh teman sebaya dapat mendorong seseorang untuk mencoba narkoba, meskipun mereka awalnya tidak tertarik. Terlebih jika teman tersebut dapat memudahkan akses terhadap barang haram tersebut.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #faktor #yang #bisa #bikin #seseorang #terjerumus #narkoba #chandrika #chika #akibat #pengaruh #pertemanan

KOMENTAR