Beda Jomplang Kekayaan Anies dan Surya Paloh, Ada yang Diduga Suruh Capres Angkat Kursi
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh berfoto bersama dengan Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan lainnya. [X @Hasbil_Lbs]
18:25
24 April 2024

Beda Jomplang Kekayaan Anies dan Surya Paloh, Ada yang Diduga Suruh Capres Angkat Kursi

Perlakuan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh kepada Anies Baswedan sedang ramai diperbincangkan. Pasalnya Paloh diduga menyuruh Anies untuk mengangkat kursi kala mereka bertemu pada Selasa (23/4/2024).

Hal ini terlihat dalam tayangan Breaking News Metro TV, yang meliput momen ketika Anies bertemu dengan Paloh di NasDem Tower usai Mahkamah Konstitusi menolak seluruh gugatannya di sengketa Pilpres 2024.

Sebagai tuan rumah, Paloh pun mempersilakan Anies untuk duduk. Saat itulah terjadi momen yang menjadi perbincangan, sebab telunjuk Paloh mengarah ke kursi di samping Anies seolah mengisyaratkannya untuk mengangkat kursi tersebut.

Anies yang memang tengah kebingungan harus duduk di mana sontak mengangkat kursi abu-abu tersebut, tetapi pada akhirnya dibantu oleh dua orang yang memindahkan perabotan itu ke samping Paloh.

Dilihat di unggahan akun X @Mdy_Asmara1701, banyak yang menyoroti sikap Paloh lantaran dianggap berbeda dalam memperlakukan Anies pasca kekalahannya di Pilpres 2024.

Gayanya orang punya partai, suka-suka nyuruh orang,” kritik warganet.

Lihat gesture surya paloh.. beda banget ya dalam memperlakukan anis sekarang?” timpal yang lainnya.

Tak heran jika publik ramai menyoroti profil kedua figur besar Tanah Air tersebut. Di satu sisi, Anies memang merupakan calon presiden yang diusung oleh Partai NasDem bersama Koalisi Perubahan. Namun di sisi yang lain, Paloh adalah Ketua Umum Partai NasDem.

Anies Baswedan memberikan keterangan usai menghadiri penetapan presiden dan wapres terpilih di Gedung KPU Jalan Imam Bonjol, Jakpus, Rabu (24/4/2024). [Suara.com/Dea]Anies Baswedan memberikan keterangan usai menghadiri penetapan presiden dan wapres terpilih di Gedung KPU Jalan Imam Bonjol, Jakpus, Rabu (24/4/2024). [Suara.com/Dea]

Namun bukan hanya dari segi kedudukan, harta kekayaan Anies dan Paloh juga ternyata berbeda cukup jauh.

Dikutip dari LHKPN yang dilaporkan Anies pada 30 September 2023, eks Gubernur DKI Jakarta itu mempunyai harta kekayaan bersih sebesar Rp11,79 miliar. Sebenarnya nilai total keseluruhan harta kekayaannya adalah Rp18,46 miliar, tetapi Anies mengaku masih mempunyai utang sebesar Rp6,67 miliar.

Sedangkan Paloh tidak pernah menduduki jabatan publik sehingga tak pernah melaporkan LHKPN. Namun berdasarkan data yang dirilis Globe Asia, paloh pernah menduduki posisi orang paling tajir ke-77 dari daftar 150 orang terkaya di Indonesia.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2024). [Suara.com/Rakha]Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2024). [Suara.com/Rakha]

Tak main-main, harta kekayaan bos Media Group ini digadang-gadang mencapai Rp8,74 triliun. Tentu angka ini berbeda jomplang dengan yang dimiliki Anies, bahkan bisa dibilang mencapai hampir seribu kali lipat lebih besar.

Sumber kekayaan Paloh berasal dari bisnisnya, baik di bidang pertambangan, minyak dan gas, properti, sampai media. Media Group yang memiliki berbagai media seperti cetak, digital, dan televisi, disebut-sebut sebagai sumber kekayaan terbesar Surya Paloh.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #beda #jomplang #kekayaan #anies #surya #paloh #yang #diduga #suruh #capres #angkat #kursi

KOMENTAR