Intip 9 Tanda Anda Memiliki Hati yang Lebih Lembut dari Kebanyakan Orang Menurut Psikologi
Ilustrasi wanita yang sedang melakukan kegiatan donasi merupakan salah satu tanda dia memiliki hati yang lebih lembut (freepik)
06:28
24 April 2024

Intip 9 Tanda Anda Memiliki Hati yang Lebih Lembut dari Kebanyakan Orang Menurut Psikologi

– Memiliki hati yang lembut bukan berarti tentang menjadi lemah atau naif namun tentang menjadi empati, pengertian, dan baik hati.

Tak sedikit orang yang mengabaikan sifat ini, faktanya memiliki hati yang lembut merupakan kunci dalam membentuk interaksi dan hubungan kita.

Untuk mengetahui apakah Anda memiliki hati yang lebih lembut atau tidak bisa diidentifikasi dari beberapa tanda yang ada dalam diri Anda.

Dengan memahami tanda-tanda ini bukan berarti merasa diri Anda lebih baik namun tentang memahami jati diri dan mengenal diri sendiri agar bisa menggali hal dan sifat positif yang Anda miliki.

Dilansir dari laman The Vessel, terdapat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda memiliki hati yang lebih lembut dari kebanyakan orang. Simak selengkapnya sebagai berikut.

1. Memiliki empati yang tinggi

Empati adalah kemampuan untuk menempatkan diri kita pada posisi orang lain untuk memahami perasaan dan sudut pandang mereka. Apabila Anda memiliki hati yang lembut tentu jiwa empati Anda sangat tinggi.

Psikolog sering menganggap empati sebagai tanda kecerdasan emosional. Hal ini bukan hanya tentang merasa kasihan pada seseorang namun tentang mencakup memahami emosi mereka dan menawarkan kenyamanan atau bantuan.

Jika Anda secara alami tertarik untuk membantu orang lain dan sering kali merasakan penderitaan mereka sebagai penderitaan Anda sendiri maka kemungkinan Anda memiliki hati yang lembut daripada kebanyakan orang.

2. Anda mudah tergerak

Apabila Anda memiliki hati yang lebih lembut cenderung lebih responsif secara emosional. Pada intinya Anda lebih merasakan sesuatu secara mendalam dan sering kali sangat dipengaruhi oleh emosi dan pengalaman orang lain.

3. Anda sering mendahulukan orang lain sebelum diri Anda sendiri

Salah satu ciri terkuat orang yang berhati lembut adalah sikap tidak mementingkan diri sendiri. Anda akan sering mengutamakan kepentingan orang lain di atas kepentingan Anda sendiri bahkan bisa merugikan Anda sendiri.

Tindakan di atas sejalan dengan konsep psikologis yang dikenal dengan altruisme yaitu tindakan untuk meningkatkan kesejahteraan orang lain dengan mengorbankan diri sendiri.

Dalam sebuah penelitian oleh University of Pennsylvania ditemukan bahwa perilaku altruisme seperti menyumbang untuk amal atau membantu tetangga bisa mengaktifkan daerah penghargaan di otak.

4. Anda seorang yang rajin mendengarkan

Orang yang berhati lembut sering kali menjadi pendengar yang baik. Artinya mereka jauh lebih sabar, penuh perhatian dan benar-benar tertarik dengan apa yang dikatakan orang lain.

Hal ini bukan hanya tentang mendengar kata-kata namun tentang memahami emosi di baliknya dan mengakui sudut pandang pembicara dan merespons dengan cara tegas.

Pada dasarnya mendengarkan secara efektif adalah komponen kunci dari kecerdasan emosional dan Anda lebih unggul dalam menunjukkan tingkat empati dan pengertian yang tinggi.

5. Anda lebih mudah memaafkan

Menyimpan dendam bukanlah sifat orang yang berhati lembut. Anda yang memiliki hati yang lembut sangat memahami bahwa orang bisa berbuat kesalahan dan Anda umumnya cepat memaafkan dan melanjutkan hidup.

Jika Anda adalah seseorang yang tidak memikirkan kesalahan masa lalu dan merasa lebih mudah memaafkan daripada menahan amarah maka hati Anda lebih lembut dibandingkan kebanyakan orang.

Sifat ini tentu tidak hanya membawa kedamaian dalam hidup Anda tetapi juga meninggalkan dampak positif bagi orang-orang di sekitar Anda.

6. Serasa terhubung dengan semua makhluk hidup

Tanda lain yang menunjukkan bahwa Anda memiliki hati yang lembut adalah memiliki koneksi kuat dengan semua makhluk hidup.

Mulai dari terharu saat melihat sekuntum bunga mekar hingga merasakan kesedihan atas hewan yang menderita.

Psikolog menyebut sebagai biofilia merupakan kecenderungan bawaan manusia untuk mencari hubungan dengan alam dan bentuk kehidupan lainnya.

7. Anda sering dicap terlalu sensitif

Sensitivitas sering disalahartikan sebagai kelemahan sebenarnya merupakan kekuatan. Hal ini menunjukkan hati yang lembut yang merasakan segalanya secara mendalam.

Psikologi menyatakan bahwa individu yang sangat sensitif memiliki sistem saraf yang tersetel dengan baik.

Mereka memproses dan merasakan emosi dengan lebih intens yang dapat menghasilkan pengalaman yang kaya dan mendalam.

8. Anda tertarik pada tindakan kebaikan

Orang-orang dengan hati yang lembut menemukan kegembiraan yang luar biasa dalam melakukan tindakan kebaikan baik besar atau kecil.

Jika Anda suka berbuat dan berbagi kebaikan maka kemungkinan Anda memiliki hati yang lembut dari kebanyakan orang lain.

9. Anda selalu melihat sisi terbaik orang

Ciri paling menonjol dari seseorang yang berhati lembut adalah kemampuan untuk melihat sisi terbaik orang lain.

Jika Anda secara alami melihat potensi dan kebaikan orang lain, terlepas dari kekurangannya itu adalah tanda paling pasti bahwa hati yang lembut daripada kebanyakan orang.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #intip #tanda #anda #memiliki #hati #yang #lebih #lembut #dari #kebanyakan #orang #menurut #psikologi

KOMENTAR