Pulang Tinggalkan Timnas, Begini Asal-usul Nama Nathan Tjoe A On dan Cara Membacanya yang Bikin Bingung Netizen
Pemain Timnas Indonesia Nathan Tjoe-A-On saat pertandingan melawan Vietnam pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
13:59
22 April 2024

Pulang Tinggalkan Timnas, Begini Asal-usul Nama Nathan Tjoe A On dan Cara Membacanya yang Bikin Bingung Netizen

Pemain sepak bola Tim Nasional Indonesia U-23 Nathan Tjoe-A-On akhirnya resmi meninggalkan skuad Garuda Muda. Keputusan itu ia ambil setelah Timnas U-23 lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024, pada Minggu (21/4/2024).

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga menyatakan PSSI sebelumnya sudah mengetahui kalau Nathan akan meninggalkan timnas Indonesia.

Berbagai upaya telah dilakukan PSSI untuk mempertahankan Nathan, termasuk melobi SC Heerenveen yang sebelumnya enggan melepas pemain berdarah Indonesia-Belanda itu.

"Kami telah berusaha untuk membujuk klub Nathan, SC Heerenveen, dan hasilnya mereka sangat enggan melepaskan Nathan," ungkap Arya Sinulingga, dalam pernyataan resmi PSSI di Jakarta pada hari Senin (22/4/2024).

Arya melanjutkan, klub tersebut menolak melepas Nathan dengan alasan Piala Asia U-23 bukanlah turnamen yang masuk dalam jadwal FIFA.

Klub itu hanya memberi izin pada Nathan selama seminggu untuk membela skuad Garuda di fase grup, hingga akhirnya mencapai perempat final.

Pemain berusia 22 tahun itu menjadi bagian penting dalam Timnas Indonesia U-23. Ia tampil sebagai pemain gelandang bertahan saat Indonesia melibas Yordania dengan skor 4-1.

Kabar buruk akan perginya Nathan meninggalkan Timnas Indonesia u-23 lantas menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Salah satu yang dibicarakan warganet adalah mengenai namanya yang unik. Meski memiliki darah Indonesia-Belanda, nama Nathan seperti mengandung unsur Tionghoa.

Salah satu akun media sosial yang mengangkat tema mengenai nama Nathan adalah akun X @SiaranBolaLive.

Pada 18 April 2024 lalu, akun tersebut mengunggah foto Nathan di lapangan dengan nomor punggung 23.

“Masih banyak yang penasaran, bagaimana spell nama lengkap Nathan Tjoe A On?” tulis akun itu dalam unggahannya.

Warganet langsung merespons unggahan itu dengan beragam komentar. Ada yang serius, namun ada juga yang menjawab sekenanya, alias bercanda.

“Natan cuan,” celetuk salah satu warganet.

“Cara mudah baca: Cuan,” timpal warganet lainnya.

“Dia kalo lagi ga main jadi Tjoe A Off,” sambar warganet lainnya.

Diantara komentar nyeleneh itu, ada juga warganet yang mencoba memberikan penjelasan ilmiah dari segi tata bahasa, termasuk cara membacanya.

“Tjoe itu nama Indonesia dari marga Tionghoa Zhu. Jadi namanya berbau Tionghoa yg biasanya 3 kata. Zhu A On,” jelas salah satu warganet.

"Tjoe A On ini tipikal nama Tionghoa-Indonesia & Tionghoa-Suriname, mungkin bg Nathan ada keturunan Tionghoa entah dr kakeknya yg dari Semarang or keluarganya yg dr Suriname," timpal warganet lainnya.

Marga Zhu dalam topolek Hakka/Minnan dibaca ‘chu’, krn dulu kita pakai ejaan Belanda, marga ini sering ditulis ‘Tjoe’. Jadi Tjoe A On dibaca Cu A-on. Tp lebih baik nanya ke ybs” sambungnya.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #pulang #tinggalkan #timnas #begini #asal #usul #nama #nathan #tjoe #cara #membacanya #yang #bikin #bingung #netizen

KOMENTAR