Tanda-tanda Tikus Telah Menguasai Garasi Anda, Simak Cara Membasmi dan Mengatasinya!
hama tikus./wirestock on freepik
17:12
21 April 2024

Tanda-tanda Tikus Telah Menguasai Garasi Anda, Simak Cara Membasmi dan Mengatasinya!

 

 

 

— Gudang, garasi, dapur dan beberapa sudut rumah lainnya memiliki kemungkinan besar untuk dijadikan tempat tinggal tikus.

Namun, keberadaan tikus di garasi sering kali diabaikan, padahal jika dibiarkan hal ini sangat berdampak besar terhadap kerusakan kendaraan Anda.

Lalu, bagaimana memahami tanda-tanda bahwa garasi rumah Anda sudah terjangkau oleh tikus?

Dikutip JawaPos.com dari housedigest.com (21/4), berikut tanda-tanda bahwa garasi kamu sudah terjamah oleh tikus.

Adanya Kotoran Dan Urine Tikus

Jika Anda menemukan bau kotoran dan urine tikus di sekitar garasi, maka dapat dipastikan tikus sudah mulai berada di sekitar garasi anda.

Wujud dari kotoran tikus sendiri tidak lebih besar dari sebutir beras, dan panjangnya sekitar ¼ inci.

Warnanya hitam saat masih segar, tetapi warnanya memudar dan berubah menjadi coklat tua seiring berjalannya waktu.

Jika menemukan hal demikian, segera bersihkan dan semprot menggunakan pembersih serta pewangi agar tikus tidak kembali.

Adanya Lubang Kecil Di Lantai Atau Dinding Garasi

Dalam beberapa kasus, hewan pengerat dapat membuat sarang di bawah lantai atau tanah, di belakang peralatan, atau di dinding rongga.

Celah apa pun sebesar alat tulis sudah cukup untuk dilewati tikus. Maka dari itu, segera tutup lubang jika anda mendapatinya.

Adanya Bekas Telapak Kaki Tikus

Tanda-tanda lain dari adanya tikus adalah adanya bekas gesekan berminyak di sepanjang dinding, bekas cakaran, atau jejak kakinya. Tanda ini bisa terlihat dengan mata telanjang, tetapi Anda harus mencarinya.

Lalu bagaimana cara mencegah agar tikus tidak masuk ke garasi?

Cek Kendaraan Anda Secara Rutin

Biasanya, tikus suka bersarang di mobil yang jarang dikendarai. Dengan rutin memanaskan mesin, tikus akan malas naik ke kap mesin mobil atau kendaraan Anda.

Jika Anda tipe orang yang jarang menggunakan kendaraan, tetapi jangan lupa untuk selalu memanaskan mesinnya setiap hari. Tidak perlu lama-lama, selama 3-5 menit saja sudah cukup.

Tutup Akses Masuk

Jika kendaraan Anda berada di garasi yang tertutup, jangan sampai ada celah yang bisa menjadi jalan akses masuk tikus ke garasi.

Pastikan bahwa pintu garasi tertutup rapat pada malam hari. Jika mobil berada pada ruang terbuka, Anda bisa mencegah tikus masuk dengan menebar kapur barus di dekat ban mobil atau menyemprotkan pestisida di sekitar ban mobil.

Hal tersebut dilakukan karena biasanya tikus masuk ke ruang mesin dengan cara merayap melalui ban mobil.

Jaga Kebersihan Ruang Mesin

Jangan sepelekan kebersihan ruang mesin mobil. Usahakan selalu rutin mengecek kebersihannya. Pastikan bahwa ruang mesin anda selalu bersih dan terhindar dari sisa sisa makanan atau kotoran.

Mengapa? Karena tikus senang dengan kondisi mobil yang kotor. Mobil yang kotor akan memancingnya kembali datang.

Beri Stempet Di Area Yang Rawan Digigit Tikus

Pemberian stempet juga memiliki pengaruh besar terhadap pencegahan gigitan tikus, karena stempet sendiri bersifat licin dan pahit. Oleh karena itu tikus akan menghindarinya.

Caranya oleskan stempet secukupnya ke bagian-bagian yang dirasa akan dilalui oleh tikus dan benda-benda yang kemungkinan akan dimakan oleh tikus.'

Pemberian Penerangan Pada Kolong Kendaraan

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan memberikan penerangan pada kolong kendaraan seperti kolong mobil, sedangkan pada sepeda motor bisa dimaksimalkan pada penerangan lampu yang ada pada garasi.

Akan tetapi perlu diingat, dalam memberikan penerangan di kolong mobil menggunakan lampu yang tidak paten atau yang bisa diambil, selalu diingat untuk mengambilnya sebelum mobil digunakan, agar tidak terinjak.

Gunakan Produk Pengusir Tikus

Cara terakhir adalah dengan menggunakan produk pengusir tikus. Namun juga perlu diperhatikan takaran dosis dan aturan pemakaiannya.

Sudah banyak sekali produk pengusir tikus yang dijual di marketplace, Anda bisa mencarinya dan silahkan mencoba.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tanda #tanda #tikus #telah #menguasai #garasi #anda #simak #cara #membasmi #mengatasinya

KOMENTAR