Intip 7 Hal yang Sangat Membosankan untuk Dihadapi Orang Introvert Menurut Psikologi, Ada Pesta Besar
Ilustrasi wanita (kiri) tampak bosan dengan topik pembicaraan yang dangkal merupakan tanda jika dia adalah seorang introvert (freepik)
10:06
21 April 2024

Intip 7 Hal yang Sangat Membosankan untuk Dihadapi Orang Introvert Menurut Psikologi, Ada Pesta Besar

Bagi para introvert hidup memang terkadang terasa sangat membosankan terutama dengan banyaknya aktivitas sosial yang perlu Anda lakukan.

Banyak orang mengira Anda pemalu atau antisosial namun faktanya Anda hanya menikmati kebersamaan dengan Anda sendiri dan merasa lelah dengan terlalu banyak waktu bersama.

Apabila Anda termasuk orang introvert sangat penting mengenali hal apa saja yang membuat Anda bosan dan lelah sehingga menguras banyak energi Anda.

Namun ketika Anda bukan termasuk orang introvert maka perlu juga memahami agar tidak salah mengira teman Anda tidak satu frekuensi atau antisosial.

Dilansir dari laman The Vessel, terdapat beberapa hal yang membuat orang introvert sangat membosankan dan melelahkan. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Obrolan ringan

Orang introvert tidak menyukai obrolan ringan karena itu sangat membosankan. Hal ini bukan berarti antisosial atau tidak suka dengan orang lain namun mereka lebih memilih percakapan bermakna daripada obrolan santai.

Bagi seorang introvert,obrolan ringan akan terasa dangkal dan tidak memuaskan. Hal ini dilakukan karena mereka tidak ingin menghabiskan energi mereka yang terbatas untuk hal tersebut.

2. Pesta besar

Salah satu mimpi buruk seorang introvert adalah pesta besar. Ini lagi-lagi bukan tentang anti sosial, namun ini tentang energi yang dibutuhkan untuk menavigasi lautan manusia.

Introvert cenderung merasa lelah jika menghadiri pertemuan sosial dalam jumlah besar dan mungkin lebih memilih pertemuan yang lebih kecil dan intim.

Apabila Anda seorang introvert dan sedang menghadiri pesta besar, Anda perlu memahami bahwa tidak masalah jika Anda datang untuk keluar menenangkan namun lebih baik lagi jika Anda menemukan satu orang yang bisa Anda ajak ngobrol mendalam di tengah kebisingan.

Namun jika terpaksa Anda benar-benar tidak siap juga tidak masalah jika menolak dengan baik untuk tidak datang.

3. Menjadi pusat perhatian

Hal lain yang sangat membosankan bagi seorang introvert adalah menjadi pusat perhatian. Ini bukan tentang tidak sepenuhnya menyukai perhatian namun lebih ke perhatian bersifat berbeda.

Pada intinya seorang introvert tidak ingin orang lain melihatnya namun mereka ingin agar orang lain bisa melihat apa yang dia lakukan.

4. Gangguan pada saat me time

Me time atau waktu sendiri bukanlah hanya sekedar kemewahan bagi para introvert melainkan sebuah kebutuhan. Introvert mengisi ulang baterai mereka dengan menghabiskan waktu sendirian.

Bahkan mereka menggunakan waktu sendiri untuk merenung, bermimpi, dan memulihkan tenaga.

5. Perubahan rencana di menit-menit terakhir

Orang yang introvert tentu selalu mempersiapkan diri secara mental dan emosional untuk hari yang akan datang dan perubahan yang tiba-tiba bisa terasa seperti permadani yang ditarik dari bawah kakinya.

Hal ini bukan berarti orang introvert tidak suka dengan spontanitas namun hanya saja mereka memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dengan situasi baru.

6. Stimulasi yang berlebihan

Sebagai seorang yang introvert sering mengalami kewalahan dalam situasi yang tampaknya disukai oleh orang lain mulai dari music keras, lampu mencolok dan keramaian. Hal ini dalam ilmu psikologi dikenal dengan overstimulasi.

7. Tekanan untuk bersosialisasi

Dalam kehidupan sosial tidak ada benar atau salah dalam bersosialisasi. Ada beberapa orang yang mendapatkan energi dari berada di sekitar orang lain namun ada pula yang mendapatkan energi dari kesendirian.

Pada intinya, orang yang introvert sering kali merasa bosan dan lelah karena bersosialisasi tapi hal ini disebabkan oleh upaya yang mereka lakukan sepertinya tidak sepadan karena manfaat dari bersosialisasi terasa kurang bagi mereka.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #intip #yang #sangat #membosankan #untuk #dihadapi #orang #introvert #menurut #psikologi #pesta #besar

KOMENTAR