Kenali 11 Alasan Pria Suka Berbohong, Cek Apakah Kriteria Berikut Ada pada Pasanganmu?
Ilustrasi tanda-tanda orang yang berbohong. (Freepik/cookie_studio)
19:32
19 April 2024

Kenali 11 Alasan Pria Suka Berbohong, Cek Apakah Kriteria Berikut Ada pada Pasanganmu?

Anda sering menemui pria atau kekasihmu sedang berbohong? Ya, kebohongan sebenarnya bisa terjadi dan dilakukan oleh siapapun.

Berbohong merupakan tanda bahaya dalam suatu hubungan, terutama jika itu datang dari pasangan Anda.

Meskipun Anda tidak dapat mengontrol apakah pria Anda memutuskan untuk berbohong tentang sesuatu, Anda dapat mencoba memahami alasannya melalui beberapa kriteria berikut.

Menurut Wiki How yang dikutip oleh JawaPos.com (19/4), inilah alasan mengapa seorang pria berbohong kepada kekasihnya.

  1.    Ingin menghindari Konflik

Jika seorang pria melakukan sesuatu yang dia tahu akan membuat Anda kesal, dia mungkin berbohong kepada Anda karena dia tidak ingin bertengkar.

Dia mungkin menganggap berbohong sebagai satu-satunya cara untuk melindungi dirinya dan menghindari konfrontasi, terutama jika dia tahu dia salah.

  1. Merasa malu dengan tindakannya

Terkadang, pria berbohong karena merasa tidak aman atau malu pada dirinya sendiri. Kebohongan ini tidak berbahaya, namun dapat merugikan orang yang berbohong dan mungkin mengarah pada siklus kebohongan yang berbahaya.

  1. Dia ingin melindungimu

Seorang pria mungkin berbohong kepada Anda karena menurutnya kebenaran akan merugikan Anda, dan dia ingin melindungi kesejahteraan fisik dan/atau emosional Anda.

  1. Dia Ingin melindungi reputasinya

Beberapa pria berbohong karena ingin menghindari penilaian atas tindakan mereka saat ini atau sebelumnya.

Misalnya, jika pasangan Anda berselingkuh dengan mantan pacarnya, dia mungkin berbohong kepada Anda tentang perilakunya.

Berbohong memungkinkan dia menjaga reputasinya sehingga dia tampak seperti pasangan yang penuh perhatian dan dewasa secara emosional.

  1. Dia menggunakan kebohongan sebagai mekanisme penanggulangannya

Dalam beberapa kasus, pria mengembangkan kebiasaan berbohong kompulsif untuk mengatasi rendahnya harga diri atau trauma masa kecil.

Hal ini mungkin terjadi jika pasangan Anda dihukum karena mengatakan yang sebenarnya atau dia tidak mendapat banyak perhatian saat tumbuh dewasa.

Dia mungkin merasa tidak bisa jujur kepada Anda, jadi dia menggunakan kebohongan untuk menebus kekurangannya atau untuk menghindari bahaya.

  1. Dia berusaha membuat dirinya terlihat lebih baik

Jika seorang pria membual tentang tinggi badan, karier, keuangan, atau performa seksualnya, dia mungkin berlebihan agar terlihat lebih maskulin dan diinginkan. Dia ingin membuat Anda terkesan sehingga Anda akan melihatnya secara positif

  1. Dia ingin tidur dengan Anda

Jika seorang pria ingin berhubungan seks dengan Anda, dia mungkin berbohong tentang minat atau niatnya untuk mendapatkan keinginannya.

  1. Dia ingin merahasiakan beberapa hal

Seorang pria mungkin berbohong kepada Anda jika dia lebih suka merahasiakan informasi pribadinya, terutama jika informasi tersebut tidak melibatkan Anda secara langsung. Mungkin dia tidak ingin Anda mengetahui momen-momen tertentu dari masa lalunya.

  1. Dia ingin menghindari tanggung jawab

Terkadang, pria berbohong untuk menghindari tugas atau situasi tertentu. Misalnya, pasangan Anda mungkin berbohong tentang rasa sakitnya jika dia tidak ingin melakukan sesuatu dengan Anda.

  1. Punya kesenangan dalam hal berbohong

Beberapa pria merasakan kesenangan ketika mereka berbohong atau menipu orang lain, terutama jika mereka terus lolos dan pasangannya tidak menegurnya.

  1. Dia mungkin seorang yang narsis

Jika seorang pria percaya bahwa dia lebih baik daripada orang lain dan pantas mendapatkan perlakuan khusus, dia mungkin berbohong kepada Anda karena dia seorang yang narsis.

Orang dengan gangguan kepribadian narsistik sering kali berbohong tentang bakat dan prestasinya agar terlihat lebih penting di mata orang lain.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kenali #alasan #pria #suka #berbohong #apakah #kriteria #berikut #pada #pasanganmu

KOMENTAR